Sebelum Berangkat Mudik, Awali dengan 2 Rakaat Sholat Safar

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 1 Juni 2019 18:01
Sebelum Berangkat Mudik, Awali dengan 2 Rakaat Sholat Safar
Sholat Safar selalu dijalankan Rasulullah sebelum berangkat bepergian jauh.

Dream - Ketika mudik, kita pasti menempuh jarak yang sangat jauh. Juga memakan waktu yang lama, bisa lebih dari satu jam bahkan sampai beberapa hari.

Saat hendak berangkat, ada kesunahan yang sebaiknya dijalankan. Sunah tersebut yaitu menjalankan dua rakaat sholat Safar, seperti yang selalu diamalkan Rasulullah Muhammad SAW setiap kali akan berangkat pergi jauh.

Dikutip dari Harakah Islamiyah, kesunahan sholat Safar tercantum dalam riwayat Al Hakim bersumber dari Anas bin Malik RA.

" Nabi SAW tidak tinggal di suatu tempat kecuali beliau meninggalkan tempat tersebut dengan sholat dua rakaat."

 

1 dari 2 halaman

Tata Cara Sholat Safar

Sholat sunah Safar dilaksanakan secara munfarid (sendiri-sendiri), bukan jemaah. Sholat ini diawali dengan niat.

 Niat Sholat Safar

Usholli sunnatas safari rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya:

" Saya niat sholat sunah Safar dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Kemudian, rakaat pertama membaca Surat Al Fatihah dan disunahkan membaca Surat Al Kafirun. Di rakaat kedua, surat Al Fatihah dibaca lagi lalu dilanjutkan dengan Surat Al Ikhlas.

 

2 dari 2 halaman

Doa Safar

Setelah sholat, dianjurkan membaca ayat kursi dan Surat Quraisy. Setelah itu membaca doa Safar.

 Doa Safar

Allahumma inna nas-aluka hazal birri wat taqwa wa minal 'amali ma tardha. Allahumma hawwin 'alaina safarona haza wathwi 'anna bu'dahu. Allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a'uzubika min wa'zais safari wa kabatil mandzar wa su-il munqolabi fil mali wal ahli.

Artinya,

“ Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga."

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal