Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perusahaan Tiongkok Bangun Kembali Titanic, Berlayar 4 Tahun Lagi

Perusahaan Tiongkok Bangun Kembali Titanic, Berlayar 4 Tahun Lagi Titanic II Akan Meluncur Tahun 2022. (Foto: Next Shark)

Dream – Siapa tak kenal dengan Titanic? Kapal pesiar yang dimiliki perusahaan Inggris dan sesumbar takkan bisa tenggelam ini karam di laut setelah menabrak gunung es pada 1912.

Bahkan, kisah kecelakaan kapal itu diangkat menjadi film layar lebar.

Kini, perusahaan Tiongkok membuat replika Titanic, yaitu Titanic II. Kapal ini akan berlayar dari Dubai pada 2022.

Dilansir dari Next Shark, Senin 29 Oktober 2018, kapal ini sedang dibuat di Tiongkok. Kapal itu dibuat mirip dengan Titanic. Tentu ditambah dengan teknologi modern seperti radar dan navigasi modern.

Rencana pembuatan kapal Titanic II ini disampaikan oleh taipan pertambangan dan pemilik perusahaan kapal Blue Star Line, Clive Palmer. Pembuatan kapal ini dilakukan antara Palmer dan CITIC Limited—perusahaan Tiongkok. Namun, produksi kapal sempat terhenti karena ada konflik antara Palmer dan CITIC pada 2015.

Produksinya kembali berjalan setelah keduanya “rujuk” pada 25 September 2018.

Sekadar informasi, pembuatan kapal ini makan dana US$500 juta (Rp7,61 triliun). Dana ini digunakan untuk membangun 835 kabin dan mengakomodasi 2.435 penumpang dan 500 kru kapal.

Palmer mengatakan kapal itu akan berlayar dari Dubai ke Southampton sebelum mengarungi Samudera Atlantik untuk menuju ke New York, Amerika Serikat.

“Kapal akan mengikuti perjalanan awal, membawa penumpang dari Southampton ke New York, tapi dia juga akan mengelilingi dunia, menginspirasi, dan mempesona orang-orang sambil menarik perhatian, intrik, dan misteri yang tak tertandingi di setiap pelabuhan yang dikunjungi,” kata Palmer.

Dia mengatakan penumpang bisa membeli tiket untuk kelas pertama, kedua, dan ketiga. Persis dengan aslinya.

Tapi, harga tiket itu belum diumumkan. 

Memorabilia Tragis Titanic yang Laku dengan Harga Selangit

Dream – Baru-baru ini, sebuah surat yang ditemukan di tubuh jenazah Titanic, terjual di pelelangan. Tak tanggung-tanggung, surat ini laku terjual  120 ribu poundsterling atau sekitar Rp2,16 miliar.

Dilansir dari CNN Money, Kamis 26 Oktober 2017, rumah pelelangan di Inggris, Henry Aldridge and Son, memprediksi surat tersebut laku di kisaran harga 60 ribu poundsterling-80 ribu poundsterling (Rp1,07 miliar-Rp1,44 miliar).

Namun, surat ini ditawar dengan harga tertinggi dari peserta lelang dengan harga 120 ribu poundsterling.

surat holverson

Apa isinya?

Surat yang ditemukan di jenazah seorang penumpang Titanic ini ditulis oleh seorang penumpang kelas satu yang merupakan penjual dari Amerika, Alexander Oskar Holverson, kepada ibunya.

Yang membuat unik surat ini adalah ada kalimat yang membuat bulu kuduk berdiri, “Kalau semuanya berjalan dengan baik, kami akan sampai di New York, pada Rabu pagi.”

Alasan yang membuat kolektor berminat menawarnya adalah surat itu tertanggal 13 April 1912. Ini merupakan sehari sebelum kapal karam dalam perjalanan dari Southampton, Inggris, ke New York, Amerika Serikat.

Di surat itu, Holverson menggambarkan penilaiannya terhadap Titanic. Menurut dia, kapal itu merupakan yang terbesar di dunia.

“Kapalnya berukuran raksasa dan desainnya seperti istana,” tulis Holverson.

Di surat itu juga, dia bercerita telah bertemu dengan orang terkaya di dunia kala itu, John Jacob Astor.

Sekadar informasi, Holverson dan Astor tewas ketika kapal tenggelam akibat menabrak karang. Mereka bersama 1.500 orang penumpang dan kru. Sekitar 700 orang selamat, termasuk istri Holverson, Mary.

Jasad Holverson bersama surat itu dan penumpang lainnya berhasil dievakuasi di Samudera Atlantik berhari-hari kemudian.

Selain surat Holverson, ada juga barang-barang “peninggalan” korban Titanic yang laku keras di lapangan. Nilainya pun fantastis. Dilansir dari wowmenariknya.com, yang pertama adalah gelang berlian. Gelang ini dijual dengan harga Rp2,3 triliun. Gelang ini merupakan milik salah satu penumpang Titanic, Amy.

Gelang berlian

Barang yang kedua yang terjual dengan harga selangit adalah rancangan kapal. Kertas berisi rancangan kapal ini laku terjual Rp4,2 miliar. Kapal Titanic ini sangat besar, panjangnya 262 meter dan lebarnya 28 meter. Untuk rancangan kapalnya saja, kertasnya berukuran 9 meter. Rancangan kapal ini dibuat oleh Arsitek Naval di White Star Line.

Rancangan kapal Titanic

Barang yang ketiga adalah jam saku. Pelayan kelas pertama, Edmund Stone ini juga memiliki jam saku. Jam milik pelayan Stone ini laku keras di pelelangan dengan harga Rp1,7 miliar.

Jam saku

Kisah Mengerikan di Balik Sekoci Terakhir Kapal Titanic

Dream - Kecelakaan maut yang menimpa kapal Titanic pada 104 tahun lalu meninggalkan sejumlah kisah mengharukan, namun juga mengerikan.

Salah satunya adalah kisah sekoci terakhir kapal Titanic yang diduga tidak pernah diluncurkan dari kapal nahas itu.

Satu bulan setelah kapal Titanic menabrak gunung es dan tenggelam di Samudra Atlantik, kapal Inggris RMS Oceanic menemukan tiga mayat laki-laki di sebuah perahu kecil sekitar 200 mil dari lokasi kecelakaan.

Perahu kecil itu kemudian diidentifikasi sebagai Collapsible Boat A itu ternyata sekoci terakhir dari kapal Titanic sebelum tenggelam. Sekoci terakhir itu tidak pernah diluncurkan dan baru terlepas setelah kapal Titanic mulai tenggelam pada 12 April 1912 malam.

Sebanyak 30 penumpang yang sedang berenang di laut berupaya menggapai sekoci terakhir itu. Namun sebagian besar menyerah dan meninggal karena tidak tahan dengan air laut yang sangat dingin. Sedangkan 12 orang lainnya diselamatkan oleh sekoci lain.

Pada tanggal 13 Mei 1912 atau satu bulan setelah Titanic tenggelam, kapal Oceanic melintas dan melihat sebuah perahu kecil terombang-ambing di tengah laut. Kapten Oceanic memerintahkan awak kapal untuk mendekatinya.

Dengan menggunakan teropong, mereka melihat ada tiga mayat dalam perahu kecil itu yang ternyata sekoci terakhir kapal Titanic. Ketiga mayat tersebut sudah sangat sulit dikenali.

Namun tiga mayat tersebut diyakini adalah dua petugas pemadam kebakaran dari ruang mesin dan penumpang kelas satu bernama Thomson Beattie, 37, yang masih mengenakan jasnya.

Dalam sebuah surat, seorang penumpang kapal Oceanic yang tidak diketahui identitasnya menulis, "Saya melintas Samudra Atlantik satu bulan setelah bencana menimpa Titanic."

"Kami mengangkat sebuah sekoci yang di dalamnya ada tiga mayat penumpang Titanic yang sudah tidak dikenali, seorang memakai jas dan dua lainnya pemadam kebakaran."

"Semua bantuan datang dari awak kapal Oceanic. Mayat-mayat itu dibacakan doa dan kemudian dimakamkan. Sementara sekoci itu dinaikkan ke dek."

Bersama surat itu ditemukan...

Dalam Surat Itu Terdapat...

Bersama surat itu, terdapat tiga foto hitam-putih yang menggambarkan proses penyelamatan dan pengangkatan sekoci terakhir Titanic.

Di sekoci terakhir Titanic, ditemukan cincin kawin milik Gerda Lindel yang bertuliskan 'Edward untuk Gerda'.

Wanita itu meninggal dunia ketika mencoba untuk mencapai suaminya Edward di sekoci. Edward pun meninggal tak lama setelah istrinya, sambil tetap memegang cincin kawin itu.

Tubuhnya kemudian dibuang di laut untuk meringankan beban sekoci yang diperkirakan kelebihan muatan.

Surat, foto, dan cincin kawin yang menjadi saksi bisu kecelakaan Titanic dan penyelamatan sekoci terakhir kapal nahas itu akan dijual di rumah lelang Henry Aldridge and Son, Devizes, Wiltshire, Inggris pada Sabtu, 23 April mendatang.

Koleksi memorabilia Titanic tersebut diperkirakan akan laku sekitar 3,000 poundsterling (sekitar Rp 56,7 juta).

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengintip Kemewahan Kapal Titanic II yang Bakal Berlayar 2027, Berani Coba?

Mengintip Kemewahan Kapal Titanic II yang Bakal Berlayar 2027, Berani Coba?

Kapal ini akan memiliki tangga kayu yang megah dan terlihat seperti di lokasi syuting film Titanic.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Kapal Tongkang Tabrak Jembatan hingga Terbelah, Kendaran Terjun ke Sungai

Detik-Detik Kapal Tongkang Tabrak Jembatan hingga Terbelah, Kendaran Terjun ke Sungai

Dugaan sementara, kru kapal telah melakukan kesalahan operasional hingga menyebabkan tabrakan.

Baca Selengkapnya
Bangkai Kapal Titanic of the Alps Muncul Setelah Tenggelam 90 Tahun

Bangkai Kapal Titanic of the Alps Muncul Setelah Tenggelam 90 Tahun

Kapal ini tenggelam di perbatasan Swiss-Jerman pada tahun 1933

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dulu Bikin AS Gemetar, Pesawat Tempur Aneh Milik Rusia Ini Sekarang Terbengkalai

Dulu Bikin AS Gemetar, Pesawat Tempur Aneh Milik Rusia Ini Sekarang Terbengkalai

Pesawat aneh berukuran raksasa buatan Rusia dijuluki Monster Laut Kaspia oleh CIA. Dulu ditakuti AS tapi nasibnya kini mengenaskan.

Baca Selengkapnya
Kelakar Cak Imin Soal Negara Maju: Jangan Kayak Orang Bekasi, Malnya Megah tapi Dompetnya Tipis

Kelakar Cak Imin Soal Negara Maju: Jangan Kayak Orang Bekasi, Malnya Megah tapi Dompetnya Tipis

Cak Imin menegaskan bahwa tugas pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya dan memastikan harga kebutuhan pokok murah

Baca Selengkapnya
Makanan Tamu Kapal Pesiar Nggak Boleh Dimakan Jika Lewat 4 Jam, Ternyata Begini Nasib Akhirnya

Makanan Tamu Kapal Pesiar Nggak Boleh Dimakan Jika Lewat 4 Jam, Ternyata Begini Nasib Akhirnya

Para pengelola kapal tak boleh menyantap makanan di kapal pesiar yang sudah terhidang lebih dari empat jam karena dinilai sudah tak layak.

Baca Selengkapnya