Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Kebiasaan Berkendara Motor yang Aman, Poin Terakhir Sering Dilanggar

5 Kebiasaan Berkendara Motor yang Aman, Poin Terakhir Sering Dilanggar Ada Kebiasaan-kebiasaan Yang Bisa Membuatmu Aman Berkendara Dengan Sepeda Motor. (Foto: Shutterstock

Dream – Kebiasaan berkendara yang urakan dan tak tahu aturan acapkali meresahkan penguna jalan. Kebiasaan ini terbentuk sejak lama.

Selain karena sifat bawaan si pengendara, kebiasaan berkendara ugal-ugalan juga bisa terbentuk karena gaya pengendara lain. Pelan-pelan gaya mengendarai orang bisa berubah karena pengaruh di jalanan.

Perlu diingat bahwa di Indonesia sudah sangat banyak pengendara sepeda motor. Namun, dengan banyaknya sepeda motor, kesadaran keamanan berkendara dan keselamatan berkendara masih sangat rendah, terutama untuk pengendara sepeda motor muda dan masih berumur belia.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan yang baik saat mengendara sepeda motor? Berikut ini rinciannya, dikutip dari Wahana Honda, Selasa 5 November 2019.

Tidak Masuk Tiba-Tiba

Yang pertama, tidak main slonong boy. Kebiasaan selonong akan membuat pengendara dan pengguna jalan lainnya merasa terganggu. Ini akan membuat pengendara merasa kaget, panik, dan bisa tabrakan.

 

Sebaiknya sangat berkendara dengan menggunakan sepeda motor kita jangan terlalu sering berganti jalur alias berada di jalur yang sama. Idealnya sebagai pengendara sepeda motor tentunya di jalur kiri. Dengan berada di satu jalur, pengendara akan menjadi lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Perhatikan Jarak Aman Kendaraan

Kedua, jarak kendaraan yang aman. Salah satu hal penting saat berkendara di jalan raya adalah jarak aman. Jarak aman bisa menentukan blindspot, pengereman yang efektif, dan kewaspadaan yang lebih.

 

 

Dengan menjaga jarak aman, ada tiga hal yang harus dipegang. Yaitu, pengendara dan pengguna jalan lainnya bisa melihat kita, tak masuk ke blindspot, dan pengereman efektif.

Warna Cerah Jadi Pilihan Utama

Sepeda motor di jalan raya memang sangat sulit untuk dilihat. Biasanya pengendara motor bisa berjalan di kondiisi yang sempit.

 

 

Untuk memastikan bisa dilihat oleh pengendara lain, terutama mobil, ada baiknya pengendara motor memakai pakaian berwarna cerah. Warna pakaian gelap memang keren untukmu, tapi pakaian cerah adalah pakaian aman yang bisa menyelamatkan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menyalakan Lampu Motor

Menyalakan lampu motor wajib dilakukan bagi pengendara motor kapan pun dan di mana pun. Terlebih lagi jika hujan deras atau jalanan berkabut. Lampu ini akan membantumu melihat jalan yang terhalang kabut atau derasnya air hujan.

 

 

Lampu ini bisa dinyalakan pada pagi, siang, sore, dan malam. Dengan begini, pengendara dan pengguna jalan lain bisa mengetahui keberadaanmu.

Jangan Pakai Alat Komunikasi Saat Berada di Jalan Raya

Terutama untuk pengendara sepeda motor, jangan sekali–kali untuk menggunakan ponsel atau smartphone sambil berkendara. Hal ini melanggar peraturan lalu lintas dan bisa mendapatkan sanksi.

 

 

Kalau pakai GPS? Jika ingin menggunakan teknologi ini, lebih baik menepi dulu agar tidak mengganggu

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Buruan Daftar Mudik Motor Gratis, Simak Syaratnya

Buruan Daftar Mudik Motor Gratis, Simak Syaratnya

Simak syarat daftar dan rute mudik motor gratis berikut ini

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.