4 Penyebab Kondisi Kulit jadi Sensitif, Cegah Sebelum Parah!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 24 Mei 2022 12:35
4 Penyebab Kondisi Kulit jadi Sensitif, Cegah Sebelum Parah!
Mungkin, ini sebabnya kulitmu lebih mudah bermasalah.

Dream - Berbeda dengan pemilik kulit lainnya, jenis kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra. Para pemilik kulit ini harus lebih berhati-hati memilih produk perawatan tubuh yang akan digunakan untuk menghindari hal tak diinginkan.

Pemilihan yang lebih ketat ini mulai dari kandungan bahan aktif, cara pemakaian, formula, dan faktor lainnya. Kulit sensitif juga lebih rentan bermasalah dibandingkan jenis lainnya sehingga membutuhkan perhatian lebih ekstra terkait kondisi kulitnya. 

Sebelum memilih produk dan melakukan perawatan yang tepat, ketahui terlebih dahulu penyebab kondisi kulit sensitif berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Kulit Kering

Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kulit yang kering dapat membuat kondisinya semakin sensitif dan mudah bermasalah. Berdasarkan unggahan Dokter Kulit, Arthur Simon, kulit yang kering akan terasa gatal dan mudah bersisik, mengelupas, bertekstur kasar, menyebabkan kemerahan, bahkan berdarah.

Hal itu bisa terjadi pada wajah, tangan, kulit kaki, maupun area tubuh lainnya. Atasi kondisi ini dengan menggunakan pelembap yang cocok secara intensif. Kamu pun perlu memperhatikan sabun yang digunakan untuk mencegah kulit semakin kering dan sensitif.

 

2 dari 3 halaman

2. Eksim atau Dermatitis Atopik

Cara Cegah Dermatitis Atopik Kambuh Saat Kualitas Udara Buruk© MEN

“ Punya masalah ini memang mempengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi diri dari faktor-faktor iritan,” ungkap Arthur. Akibatnya, kulit pun sensitif dan mudah teriritasi.

Penderita eksim atau dermatitis atopik perlu memperhatikan sabun maupun produk perawatan yang digunakan secara rutin. Pastikan untuk memilih produk yang mampu memperkuat sawar kulit, melembapkan, sekaligus menutrisi agar bisa mencegah keparahan.

3. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak sedikit berbeda dengan eksim atau dermatitis atopik. Kondisi ini hanya bisa dipicu ketika mengalami alergi.

Jadi, kamu hanya perlu mencegah atau menghindari penyebab alergi untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu pun bisa melakukan tes alergi di laboratorium untuk memastikan penyebab masalah kulitmu.

 

3 dari 3 halaman

4. Rosacea

Mengalami Iritasi Kulit© Shutterstock

Rosacea merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya kemerahan dan teriritasi. Jika mengalami kondisi ini, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar kesehatan kulitmu tetap terjaga.

Beri Komentar