5 Kesalahan Memakai Eyeliner yang Kerap Dilakukan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 29 Januari 2020 16:12
5 Kesalahan Memakai Eyeliner yang Kerap Dilakukan
Apa saja?

Dream - Selain lipstik, eyeliner merupakan produk andalan wanita. Meski sering digunakan, ternyata pengaplikasian eyeliner tidak selalu tepat.

Sebagian wanita melakukannya dengan cara yang salah. Dilansir oleh Boldsky.com, berikut kesalahan memakai eyeliner dan cara mengatasinya.

Menarik Kelopak Mata Ketika Memakai Eyeliner

Ini merupakan hal yang paling sering dilakukan ketika memakai eyeliner. Hal ini dilakukan agar pengaplikasiannya terlihat rapi.

Tapi, sebenarnya hal ini dapat menimbulkan kerutan. Oleh karena itu, buatlah garis tipis-tipis agar tidak perlu menarik kelopak matamu.

Tidak Memakainya Sesuai Bentuk Mata

Seringkali, kita memakai eyeliner hingga terlihat bagus dan sesuai keinginan, bukan bentuk mata. Misalnya, mengaplikasikan eyeliner tebal pada hooded eyes akan membuat matamu terlihat lebih kecil.

Memakai eyeliner pada garis bulu mata bawah dan tidak di waterline juga akan membuat penampilanmu kurang menarik jika memiliki bentuk mata besar. Jadi, pilih gaya eyeliner yang tepat untuk matamu.

1 dari 6 halaman

Hanya Memakai Eyeliner Hitam

Ada banyak warna eyeliner yang bisa kamu gunakan. Mulailah dengan warna cokelat yang akan membuat penampilan matamu terlihat lebih besar, natural dan tepat untuk hooded eyes.

Membuat Smudged Eyeliner Ketika Memiliki Lingkaran Hitam

Smudged eyeliner sangat menarik untuk penampilan mata. Banyak selebriti menerapkannya saat ke acara penghargaan maupun pemotretan.

Tapi, gaya makeup ini tidak cocok dipakai ketika memiliki lingkaran hitam. Jika memiliki lingkaran hitam, gunakan concealer terlebih dahulu atau jangan merias mata dengan smudged eyeliner.

Tidak Melakukan Tightlining

Pemakaian eyeliner seringkali hanya dilakukan di waterline bawah. Namun, sebaiknya lakukan tightlining pada waterline atas agar matamu terlihat elegan dan tegas.

2 dari 6 halaman

Tiru Aplikasi Eyeliner dari Berbagai Makeup Artist

Dream - Makeup Artist (MUA) dan beauty  vlogger terlihat mengetahui sangat banyak trik dalam mengaplikasikan sebuah riasan. Mereka terlihat sangat andal dalam melakukannya.

Tapi bagi pemula, trik tersebut bukankah perkara mudah untuk dilakukan. Apalagi ketika mengaplikasikan eyeliner. Aplikasi yang berantakan bisa membuat tampilan mata malah jadi kotor dan lingkaran mata menghitam.

Agar lebih mudah dalam mengaplikasikannya, berikut tips yang berhasil dilansir Dream dari Makeup.com.

3 dari 6 halaman

Tips 1: Buat Garis yang Sangat Dekat dengan Garis Bulu Mata

Ini adalah hal yang paling sulit dalam mengaplikasikan eyeliner. Jika tidak diaplikasikan dekat dengan garis bulu mata, kamu akan kehilangan intensitas yang ingin ditunjukkan menggunakan eyeliner.

" Pastikan kamu mengaplikasikannya di dekat garis bulu mata tanpa menyisakan celah," ujar Professional MUA, Colleen Runne.

Agar lebih mudah, gunakan kuas yang pipih dan lebar.

  shutterstock© shutterstock.com

4 dari 6 halaman

Tips 2: Aplikasikan dengan Rapi

Untuk membuat garis yang rapi, Lancome National Makeup Artist, Ricardo Costales menyarankan agar kamu menggambar garis tipis dengan eyeshadow,

" Ini juga membantu eyeliner lebih tahan lama tanpa membuat pengaplikasiannya terlihat kasar," ungkapnya.

  shutterstock© shutterstock.com

5 dari 6 halaman

Tips 3: Jangan Langsung Membuat Garis Penuh

Membuat eyeliner dari inner corner sampai outer corner dalam sekali pemakaian cukup sulit dilakukan.

" Banyak wanita berpikir bahwa mereka harus membuat satu garis dengan eyeliner. Padahal mereka bisa membuat garis-garis pendek dan menyambungkannya agar lebih mudah," tutur Runne.

  shutterstock© shutterstock.com

6 dari 6 halaman

Tips 4: Menyampur dengan Eyeshadow

Kamu bisa mengganti gaya makeup dari yang cocok untuk siang ke malam hari dengan sedikit sentuhan.

" Untuk mengganti gaya eyeliner tanpa harus membuat ulang, ambil eyeshadow yang lebih bold atau terang di atas eyeliner hitam atau cokelat. Mencampur keduanya aman membuat penampilanmu lebih edgy dan dramatis," tambah Runne. (mut)

  shutterstock© shutterstock.com

Beri Komentar