5 Kebiasaan Salah yang Membuat Rambut Sulit Diatur

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 19 Februari 2020 14:12
5 Kebiasaan Salah yang Membuat Rambut Sulit Diatur
Bye bye surai singa...

Dream - Hampir semua wanita tidak suka memiliki rambut yang sulit diatur. Apalagi bagi mereka yang memiliki rambut yang mengembang tak beraturan seperti surainya singa.

Untungnya, kita dapat mencegah rambut yang tidak teratur ini dengan hanya mengubah cara kita mencucinya.

Dilansir dari Femalenetwork.com, berikut kesalahan-kesalahan paling umum yang membuat rambut jadi sulit diatur dan cara mengatasinya.

Keramas Tiap Hari

 Keramas© shutterstock.com

Selama ini, kita mungkin dianjurkan untuk keramas setiap hari untuk menjaga rambut tetap sehat dan mudah diatur. Padahal, cara ini salah karena bisa meluruhkan minyak yang berfungsi melembabkan kulit kepala. Sehingga rambut jadi kering dan rentan terhadap ketombe.

Alih-alih keramas tiap hari, cobalah menggantinya dengan keramas setiap dua hari sekali. Dengan cara ini, rambut akan tampak lebih halus dan berkilau. Selain itu, gunakan sampo kering untuk melawan bau tak sedap pada rambut dan kulit kepala berminyak saat tidak keramas.

1 dari 3 halaman

Membilas dengan Air Panas

Menggunakan air panas saat mandi, terutama di pagi hari yang dingin, terasa menyenangkan. Namun, hal itu dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rambut. Rambut akan menjadi rapuh dan cenderung mudah rontok.

 Keramas© shutterstock.com

Beralih ke air dingin saat membilas rambut sehabis keramas. Jika tidak tahan dengan air dingin, gunakan air hangat saat keramas.

 

2 dari 3 halaman

Tidak Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Rambut kusut dan lembab lebih rentan terhadap kerusakan, seperti bercabang dan kusut. Rambut lembab dan basah karena jarang diurai bisa membuat helai rambut menjadi lemah.

 Menyisir rambut© shutterstock.com

 

Jadi, sebelum mandi dan keramas, sisir rambut terlebih dahulu. Cara akan membuat helai rambut menjadi lebih halus dan lembut saat keramas.

3 dari 3 halaman

Lebih Fokus pada Helai Rambut dari Kulit Kepala

 Rambut© shutterstock.com


Umumnya, orang keramas lebih fokus pada helai rambut daripada kulit kepalanya. Padahal ini adalah cara yang salah. Karena kulit kepala justru menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jadi, lebih penting memijat kulit kepala saat keramas untuk menjaganya tetap bersih.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin