7 Alasan Tak Boleh Cuci Wajah Pakai Sabun Mandi

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 20 Desember 2018 15:43
7 Alasan Tak Boleh Cuci Wajah Pakai Sabun Mandi
Ketahui alasannya berikut ini.

Dream - Sabun mandi memang berfungsi untuk membersihkan kulit. Namun, tidak dianjurkan untuk dipakai mencuci atau menghilangkan kotoran di wajah.

Sebab, sabun mandi rata-rata mengandung zat kimia sodium lauryl sulphate yang sangat berbahaya bagi kulit wajah.

 shutterstock

Tak cuma itu, sabun juga mengandung bahan kimia lain, seperti soda api, wewangian buatan, dan pengawet, yang dapat menyebabkan kulit wajah jadi cepat rusak.

Berikut tujuh alasan kamu harus hindari penggunaan sabun mandi untuk mencuci wajah.

1 dari 7 halaman

1. Kerusakan kulit

Sabun mandi dibuat dari bahan kimia yang dapat membahayakan kulit wajah. Penggunaan sabun mandi pada wajah bisa mengurangi minyak alami kulit sehingga membuat wajah terlihat kering dan kusam.

2 dari 7 halaman

2. Menjadikan kulit kering

Menggunakan sabun mandi pada wajah memiliki efek samping seperti kandungan asam kaustik dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit. Hal ini yang membuat kulit terlihat tipis dan akhirnya mulai mengelupas bahkan keriput.

3 dari 7 halaman

3. Memengaruhi kesehatan kulit

 shutterstock

Menggunakan sabun batangan secara terus menerus, akan menghilangkan lipid alami pada kulit. Lipid alami ini berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi.

Bila lipid kulit berkurang, maka akan mengundang bakteri dan infeksi virus pada kulit, yang akan mempengaruhi kekebalan kulit.

4 dari 7 halaman

4. Gangguan keseimbangan pH kulit

Keseimbangan pH kulit sangat penting, karena membantu mencegah bakteri dan segala jenis infeksi. Selain itu, pH membantu mencegah kulit kering dan bersisik.

Kamu bisa menggantinya dengan cairan pembersih. Karena cairan ini lebih bersifat asam, dan tidak mengubah keseimbangan pH kulit.

5 dari 7 halaman

5. Menyumbat pori-pori kulit

Penggunaan sabun mandi secara berkala dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori pada permukaan kulit.

Hal ini dikarenakan, sebagian besar sabun mandi batang mengandung asam lemak yang bisa menyumbat di pori-pori kulit wajah.

Pada akhirnya akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan infeksi.

6 dari 7 halaman

6. Menghilangkan vitamin pada kulit wajah

Vitamin D pada kulit yang dihasilkan dari paparan sinar matahari akan rusak oleh bahan kimia dalam sabun, padahal vitamin ini juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit.

7 dari 7 halaman

7. Menghancurkan mikroba bakteri baik

Jenis bakteri baik adalah yang membantu melawan berbagai infeksi kulit. Tidak adanya bakteri baik juga dapat membawa masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan kemerahan.

Jadi, pastikan kamu memilih sabun yang terbebas dari kandungan berbahaya ya! (Sumber: Boldsky)

Laporan: Mega Rasmiyati

Beri Komentar
Summer Style 2019