Atasi Bekas Jerawat dengan Serum Rumahan

Reporter :
Kamis, 9 September 2021 10:34
Atasi Bekas Jerawat dengan Serum Rumahan
Yuk bikin serum sendiri, Sahabat Dream!

Dream - Hampir semua orang pernahh mengalami jerawat di wajah. Jerawat bisa muncul saat memasuki masa puber atau remaja, namun tidak menutup kemungkinan dialami oleh orang dewasa.

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Biasanya, permasalahan juga disebabkan terjadinya peradangan pada kulit yang pori-porinya tersumbat minyak dan sel kulit mati.

Jika tidak diatasi dengan cara tepat, jerawat bisa terus bertambah dan meninggalkan bekas yang mengganggu. Tak cuma itu saja, bekasnya juga menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami banyak orang.

Biasanya bekas jerawat memiliki warna gelap dan sulit dihilangkan jika kamu sering memegangnya dengan tangan kotor atau sesekali menekannya.

Bekas jerawat juga bisa semakin parah jika kamu sedang mengalami stres dan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik.

Dibutuhkan perawatan untuk menghindari 'bencana' itu. Bisa dilakukan dengan mulai konsumsi makanan bergizi dan rutin meminum air putih untuk menutrisi kulit.

Selain memberi asupan dari dalam, kamu juga jangan lupa untuk memberi nutrisi kulit dari luar lewat rangkaian perawatan kulit wajah, salah satunya serum.

Enggak perlu serum mahal atau bermerek. Dikutip dari Healthshots ternyata kamu bisa membuat serum sendiri untuk mengatasi permasalahan satu ini. Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya lebih aman untuk kulit wajah.

1 dari 6 halaman

Atasi bekas jerawat dengan bahan alami

Ilustrasi© shutterstock

Ada dua bahan alami yang sangat bermanfaat untuk wajah yaitu minyak nimba atau neem oil dan asam kojik atau kojic acid.

Minyak nimba memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak omega. Kedua kandungan ini dapat berfungsi untuk mengurangi bekas jerawat, dan juga mempercepat penyembuhan kulit.

Sedangkan, asam kojik merupakan salah satu bahan alami yang sudah diketahui manfaatnya untuk mengatasi permasalahan hiperpigmentasi pada kulit.

Selain itu, kandungan ini juga bisa mencerahkan wajah, dan membuat warna kulit kamu lebih merata. Kamu mau coba bikin sendiri?

2 dari 6 halaman

Yuk bikin sendiri

Untuk membuat serum sendiri dengan kedua kandungan ini, kamu membutuhkan:

  • 10 tetes minyak nimba
  • 5 tetes minyak essensial sandalwood
  • 5 tetes air perasan lemon
  • 1 sdt kojic acid
  • 2 sdm air mawar
  • 2 sdt lidah buaya
  • Botol sebagai wadah

Cara membuat:

  • Langkah pertama, kamu bisa siapkan wadah, lalu campurkan air mawar dan juga lidah buaya, hingga tercampur.
  • Setelah campuran sudah rata, tambahkan minyak nimba dan minyak essensial sandalwood lalu campurkan kembali.
  • Terakhir, tambahkan air perasan lemon dan juga kojic acid yang sudah kamu siapkan.
  • Setelah semua tercampur dengan sempurna, pindahkan ke botol yang memiliki pipet agar mudah saat akan digunakan.
3 dari 6 halaman

Cara menggunakan:

  • Serum yang sudah kamu buat bisa kamu gunakan saat malam hari setelah membersihkan wajah dan hendak tertidur.
  • Kamu bisa menggunakan 5-6 tetes serum, pada wajah, dan dipijat halus agar dapat meresap dengan sempurna.
  • Jangan gunakan serum ini saat akan beraktivitas di bawah sinar matahari, jadi gunakanlah di malam hari, lalu aplikasikan sunscreen saat hendak beraktivitas.

Selamat mencoba, Sahabat Dream!

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Jerawat Pasir dengan 3 Bahan Alami

Dream Cara mengatasi jerawat harus dilakukan dengan tepat dan pastinya aman. Salah satu upaya mencegak efek samping dari pengobatan yang dilakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis dan kondisi jerawat yang kamu alami.

Salah satu jerawat membandel yang kerap mengganggu penampilan adalah beruntusan atau jerawat pasir.

Kondisi Kulit Area Mata Saat Butuh Eye Cream

Jerawat yang juga disebut Comedonal acne ini terbagi lagi menjadi whitehead, jerawat papula, serta jerawat pustula.

Jenis jerawat ini seringkali muncul di area dahi, pipi, serta dagu dan disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang meradang. Sama seperti jenis jerawat lainnya, kamu bisa mengatasinya menggunakan bahan alami. Dilansir dari Sehatq, berikut bahan alami yang dapat membantu mengatasi beruntusan.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Jerawat dengan Tea tree oil

Tea Tree Oil© Pexels.com

Penelitian membuktikan bahwa tea tree oil mampu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat. Bahkan, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengontrol produksi minyak alami wajah dan menenangkan kulit.

Atasi Sudut Bibir Gelap dengan 5 Bahan Alami

Namun jika ingin memakainya, jangan lupa campurkan dengan minyak pelarut untuk mengurangi risiko teriritasi. Coba aplikasikan campurannya di leher terlebih dulu untuk mengetahui reaksi kulitmu sebelum memakainya di atas jerawat.

Cara Mengobati Jerawat dengan Teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang mampu meredakan kondisi kulit serta menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Antioksidan pada teh hijau diklaim mampu mengontrol produksi minyak alami wajah.

Sehingga, kamu bisa menggunakannya untuk mencegah timbulnya jerawat. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyeduh teh hijau dan membiarkannya hingga suhunya menurun.

Setelahnya, teteskan sedikit teh hijau pada kapas dan aplikasikan pada jerawat. Biarkan selama 10 menit atau semalaman sebelum membersihkan wajah. Lakukan 1-2 kali sehari agar perawatannya lebih efektif.

6 dari 6 halaman

Cara mengobati jerawat dengan Aloe vera gel


Aloe Vera Gel© Pexels.com

Sama dengan bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, aloe vera gel bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. melembapkan, serta menenangkan kulit.

Viral Ingin Jasa Murah Saat Akad Nikah, Pengantin Wanita Tipu MUA

Aloe vera gel mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, cinnamonic acid, fenol, serta sulfur yang dapat membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Jika ingin lebih cepat mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Biasanya, obat tersebut akan mengandung azelaic acid, benzoil peroksida, glycolic acid, asam salisilat, retinoid, serta sulfur.

Namun jika ingin perawatan lebih tepat, kamu bisa mengonsumsi obat jerawat dengan resep dokter seperti minocycline, tetracycline, erythromycin, dan isotretinoin, atau melakukan tindakan medis seperti laser, chemical peeling, serta acne removal.

Tapi, yang terpenting adalah melakukan pencegahan dengan membersihkan wajah secara rutin, tidak terlalu sering mengeksfoliasi wajah, menggunakan tabir surya, serta memakai makeup bersifat non-comedogenic.

Beri Komentar