Cegah Virus, Hindari Makeup Tester

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 11 Maret 2020 10:48
Cegah Virus, Hindari Makeup Tester
Tahukah Sahabat Dream bahwa kebiasaan ini bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan? Terutama pada saat ini, ketika virus COVID-19 mewabah di seluruh dunia.

Dream - Saat membeli produk makeup, Sahabat Dream pasti akan mencobanya terlebih dahulu menggunakan makeup tester.

Cara ini biasanya dilakukan untuk memastikan warna dan hasil dari makeup sesuai dengan warna dan jenis kulit.

Mencoba produk makeup juga menjadi trik untuk menghindari membuang uang karena salah memberi barang yang sesuai keinginan.

Tetapi kebiasaan seperti ini sebaiknya sementara waktu tak dilakukan dahulu oleh Sahabat Dream. Bukan bermaksud membuat panik atau parno.

Di saat virus corona, Covid-19 tengah mewabah seperti saat ini, sebaiknya kita tetap waspada dan melindungi diri.

Makeup tester diketahui bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri seperti Staphylococcus aureus (pemicu infeksi kulit) dan Propionibacterium (penyebab jerawat).

 

1 dari 2 halaman

Beberapa Produk yang Patut Diwaspadai

Selain itu, makeup tester juga bisa memerangkap virus yang dapat mengganggu sistem pernapasan dan saluran kemih. Jamur dan virus dapat berpindah dari satu orang ke orang lain saat mereka menggunakan makeup tester ini.

 Makeup© shutterstock.com

Apalagi, salah satu cara COVID-19 menyebar adalah dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi. Virus tersebut kemudian masuk saat mereka menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata.

Beberapa produk yang patut diwaspadai karena sering dijual menggunakan makeup tester adalah foundation cair, krim blush on, lipstik, dan maskara. Sifat lembab dari produk ini membuat mereka lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

2 dari 2 halaman

Pilih yang Sekali Pakai

Kamu sebenarnya bisa memilih produk yang menggunakan aplikator, spons dan stik sekali pakai saat mencobanya. Tetapi tetap saja hal ini tidak akan menjamin bahwa orang sebelum kamu melakukan hal yang sama.

 Makeup© shutterstock.com

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan desinfektan pembunuh kuman seperti alkohol atau hand sanitizer.

(Sumber: Cosmo.ph)

Beri Komentar