Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau

Reporter : Gloria
Jumat, 23 September 2022 22:54
Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau
Masih bingung dengan perawatan rambut berhijab yang bisa dilakukan sendiri di rumah? Yuk, intip informasinya lebih jauh di sini.

Menggunakan hijab memang membuat rambut dan kulit kepala tertutup, sehingga meminimalisir paparan sinar matahari, polusi, hingga debu dan kotoran. Tapi, bukan berarti perempuan hijab nggak memiliki permasalahan rambut, lho. Penggunaan hijab dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kulit kepala jadi lembab yang memicu masalah ketombe, bau apek, dan rambut lepek.

Untuk itu, perlu sekali merawat rambut berhijab agar tetap sehat dan terjaga. Merawat rambut hijab pun perlu dilakukan secara khusus, ya. Namun, semua perawatan khusus ini tentunya bisa dilakukan secara mudah dan terjangkau. Masih bingung dengan perawatan rambut berhijab yang bisa dilakukan sendiri di rumah? Yuk, intip informasinya lebih jauh di sini.

 

1 dari 5 halaman

Sisir Rambut

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau© © 2022 https://www.dream.co.id

Cara merawat rambut yang tertutupi hijab yang pertama adalah dengan rutin menyisir rambut. Terkadang banyak sekali yang menyepelekan hal ini karena menganggap rambut mereka sudah terlihat rapi dan tidak perlu menyisirnya lagi secara terus menerus. Padahal, menyisir rambut memiliki banyak manfaat yang luar biasa, lho.

Menyisir rambut dari kulit ke ujung kepala secara teratur, ternyata dapat melancarkan sirkulasi darah. Terlebih, kegiatan ini juga bisa menghindari adanya rambut kusut yang pastinya akan membuat kamu kerepotan nantinya. Apabila jarang menyisir rambut, maka minyak yang ada di kepala akan menumpuk dan malah menyebabkan ketombe. Oleh karena itu, mulailah menyisir rambut dengan rutin agar menghindari masalah-masalah yang akan timbul pada rambut dan kulit kepala.

 

2 dari 5 halaman

Gunakan Shampo Khusus

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau© © 2022 https://www.dream.co.id

Rambut perempuan berhijab tentunya akan lebih berminyak dan lembab dari rambut perempuan pada umumnya. Oleh karena itu, pilih dan gunakan shampo yang memiliki formula khusus untuk rambut berhijab, agar bisa mendapatkan manfaat yang efektif. Selain itu, cek juga kandungan yang ada di dalamnya supaya bisa memahami kegunaan apa yang akan didapatkan pada perawatan rambut yang dimiliki.

Untuk pilihan shamponya sendiri, kamu bisa memilih yang memiliki kandungan zinc, agar bisa menyerap minyak berlebih pada pada kulit kepala, sehingga dapat menghindari risiko timbulnya ketombe. Selain itu, perlu juga untuk memilih shampo hijab yang memiliki aroma yang wangi, supaya bisa membantu kepala terhindar dari bau tak sedap dan tak diinginkan.

 

3 dari 5 halaman

Pakailah Masker Rambut

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau© © 2022 https://www.dream.co.id

Dalam merawat rambut yang sering tertutup hijab, maka rutinlah menggunakan masker rambut setelah membersihkan kepala menggunakan shampo. Dengan rutin menggunakan masker rambut, maka rambut dan kulit kepala akan bisa terawat dengan lebih baik. Penggunaan masker rambut ini bisa dilakukan sebanyak 1 atau 2 bulan sekali. Namun, apabila kondisi rambut telah parah, maka penggunaan sebanyak 1 minggu sekali pun bisa jadi solusi yang baik.

Dengan menggunakan masker rambut, maka kesehatan kepala termasuk kulit kepala dan rambut bisa semakin aman. Salah satu manfaat yang bisa dimiliki ketika melakukan hal ini adalah bisa mengembalikan kondisi rambut yang rusak seperti rambut kasar dan bercabang menjadi seperti sedia kala. Selain itu, masker rambut sendiri juga bisa melembabkan dan menutrisi kulit kepala dan batang rambut. Sehingga, rambut jadi tidak mudah rapuh dan menyebabkan kerontokan.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Memakai Hijab saat Rambut Basah

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau© © 2022 https://www.dream.co.id

Untuk yang memakai hijab, biasanya sering sekali mengabaikan kondisi rambut yang basah setelah berkeramas. Ada kalanya hal tersebut terjadi jika sedang terburu-buru menuju ke suatu tempat dan jadi tidak bisa mengeringkan rambut dengan benar. Parahnya lagi, apabila menggunakan hijab yang kering pada rambut yang sedang basah. Maka hal itu tentu akan berakibat buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain dapat memicu terjadinya masuk angin, memakai hijab saat rambut basah bisa membuat kepala menjadi bau dan akhirnya bisa memicu munculnya ketombe. Terlebih, menggunakan hijab di kala kondisi rambut sedang basah juga bisa membuat kepala jadi lebih lembab dan memungkinkan untuk memicu adanya jamur.

 

5 dari 5 halaman

Cukupi Asupan Nutrisi

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab, Mudah dan Terjangkau© Shutterstock

Jika ingin merawat rambut berhijab jadi lebih sehat, maka perlu juga memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi sehari-harinya. Memenuhi asupan nutrisi untuk kesehatan rambut dan kulit kepala dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan makanan yang bersih dan sehat, serta memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yang cukup.

Memakan buah-buahan dengan kandungan vitamin A, E, C, dan B5 yang tinggi juga akan senantiasa memberikan manfaat yang baik untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Buah-buahan seperti ini tentunya dapat ditemukan dengan mudah seperti pisang, pepaya, kiwi, dan masih banyak lagi dan lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat rambut hijab agar bisa tetap sehat dan kuat. Dengan melakukan hal-hal seperti di atas secara teratur dan benar, maka rambut sehat tak akan mustahil untuk didapatkan. Untuk itu, selalu sempatkan waktu untuk melakukan rutinitas perawatan di atas supaya bisa hasilkan tampilan yang diinginkan, ya.

 

 

Beri Komentar