Empat Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 16 Maret 2020 10:13
Empat Perawatan Kecantikan Terlarang Bagi Muslimah
Apa saja?

Dream - Memiliki wajah yang cantik adalah impian bagi setiap wanita. Tidak heran, jika mereka memberikan perhatian lebih terhadap penampilan, kesehatan dan kecantikannya. Upaya mempercantik diri dilakukan dengan perawatan dari ujung kaki sampai ke ujung rambut.

Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wanita akan menyerahkan urusan tersebut dengan datang ke salon kecantikan. Di sana mereka bisa memilih apa saja perawatan yang bisa membuat penampilan semakin menarik.

Namun diantara beberapa jenis perawatan yang ditawarkan, kaum wanita khususnya muslim harus tahu, bahwa beberapa jenis perawatan terlarang dilakukan.

Beberapa diantara perawatan yang terlarang tersebut, kini justru menjadi trend yang biasa dilakukan. Padahal, tindakan ini termasuk tidak mensyukuri nikmat Allah yang berujung pada ancaman hukuman yang amat pedih.

Apa saja? Berikut rangkuman perawatan kecantikan terlarang bagi muslimah. 

1 dari 4 halaman

Modifikasi

Ada dua jenis tujuan melakukan modifikasi penampilan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kecantikan seseorang.

Jenis modifikasi pertama dapat dilakukan karena sakit, cacat atau kecelakaan. Dalam situasi ini, tidak salah bagi seseorang untuk menjalani modifikasi.

Jika alasan untuk modifikasi permanen adalah untuk meningkatkan kecantikan seseorang, termasuk operasi kosmetik (seperti pembesaran dan pengurangan bagian tubuh yang ada) dan tato, maka itu tidak diperbolehkan karena mengubah penciptaan Allah swt.

2 dari 4 halaman

Tindakan yang Menyebabkan Kerusakan Tubuh

Nabi SAW mengatakan, “ Seharusnya tidak ada yang menyebabkan kerusakan atau kerusakan balasan.”

Jika produk, metode, atau praktik yang digunakan atau prosedur yang harus dijalani menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda, maka itu tidak diizinkan. Kosmetik yang memiliki bahan-bahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan segera atau di masa depan pun harus dihindari, karena itu membahayakan diri sendiri.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Produk Mengandung Zat Haram

Produk-produk yang mengandung zat-zat tidak murni atau haram seperti alkohol, lemak dari daging mati yang belum disembelih sesuai dengan syariah atau najiis lainnya tidak diizinkan untuk digunakan.

4 dari 4 halaman

Saat Cukur Rambut Area Pribadi

Dalam Islam dianjurkan untuk menghilangkan rambut dari ketiak, area pribadi dan rambut wajah tertentu untuk menjaga kebersihan dan menjaga kebersihan. Namun, yang tidak diizinkan adalah jika tindakan tersebut dilakukan oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Selengkapnya klik di sini

Beri Komentar