Hindari Cuci Muka Pakai Air Hangat, Bikin Cepat Keriput

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 25 November 2021 19:24
Hindari Cuci Muka Pakai Air Hangat, Bikin Cepat Keriput
Jangan lakukan terlalu sering.

Dream - Mencuci muka sebelum tidur jadi hal wajib yang tak boleh ditinggalkan jika ingin kulit bebas masalah. Terutama jika Sahabat Dream banyak beraktivitas di luar atau menggunakan riasan yang cukup tebal.

Bahkan hanya di rumah saja, kita tetap wajib memastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum tidur. Membiarkan wajah dalam keadaan kotor dan dan mencucinya, akan dengan mudah memicu jerawat.

Untuk mencuci wajah, ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan membilas atau menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan dengan anggapan agar pori-pori terbuka dan formula pembersih bekerja maksimal membersihkan komedo.

Ternyata mencuci muka dengan air hangat sebaiknya tak dilakukan setiap hari. Cukup sesekali saja saat melakukan deep cleansing. Kebiasaan ini justru dapat membuat kamu mengalami masalah kulit seperti penuaan dini.

 

1 dari 5 halaman

Dikutip dari KlikDokter.com, manfaat cuci muka dengan air hangat dikenal dapat membersihkan kotoran lebih baik ketimbang air suhu biasa. Namun, akan berbeda halnya jika air yang digunakan memiliki suhu yang terlalu panas.

Kulit normal memiliki keseimbangan jumlah lapisan minyak serta air. Dua komponen penting inilah yang menjaga kulit tetap kenyal, awet muda, serta sehat.

Mencuci Muka? Apakah Sudah Cukup?© MEN

Minyak berlebih memang dapat mengundang banyak masalah, tapi kehilangan minyak juga demikian. Kondisi tersebut dapat merusak kesehatan kulit.

 

2 dari 5 halaman

Mencuci muka dengan air hangat dapat menghabiskan lapisan minyak ini dengan cepat. Bila dilakukan berulang-ulang, kulit akan kehilangan kekenyalannya dan terlihat kusam.

Lebih jauh lagi, kondisi kulit wajah yang kehilangan minyak alaminya mengharuskan kitauntuk mengaplikasikan pelembap. Lalu, kondisi ini juga akan membuat kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Bagi pemilik kulit berminyak, mencuci muka dengan air hangat dapat mengikis lapisan minyak alami kulit dan membuat tubuh merespons dengan merangsang produksi minyak berlebih. Akibatnya, kulit menjadi lebih berminyak.

Untuk mencuci muka, disarankan menggunakan air dengan suhu normal. Tidak hangat, tidak dingin. Bila memang ingin mengangkat kotoran lebih maksimal lebih baik lakukan teknik double cleansing.

Caranya bersihkan dulu dengan micellar water baru kemudian, cuci muka dengan sabun wajah. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

3 dari 5 halaman

Gangguan Pencernaan Bisa Jadi Dalang Masalah Kulit

Dream - Masalah kulit tidak hanya bisa diakibatkan oleh kesalahan pemakaian produk kecantikan atau tidak membersihkan wajah secara maksimal. Bisa juga karena kondisi kesehatan.

Pada beberapa kondisi kulit juga bisa menjadi penanda kesehatan pencernaan yang buruk. Hal tersebut  diungkapkan oleh Raj Kumar, professor klinis biokimia di Universitas Houston College of Medicine.

Gangguan pencernaan bisa menyebabkan kulit gatal, berjerawat, dan kemerahan. Bahkan, kondisi tersebut juga bisa memicu kambuhnya dermatitis atopik atau eksim.

 

4 dari 5 halaman

Akibat dari gangguan pencernaan

Kondisi kulit tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan mikrobioma atau mikroorganisme pada saluran pencernaan. Pori-pori kulit dan folikel rambut juga bisa tersumbat akibat hal tersebut.

Psoriasis juga merupakan kondisi kulit yang dikaitkan dengan penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD). Sama halnya jika kamu mengidap rosacea.

Mengalami Rosacea© Shutterstock

Rosacea atau kemerahan serta pembuluh darah yang terlihat sangat jelas pada permukaan kulit, bisa disebabkan oleh perubahan mikrobioma usus.

5 dari 5 halaman

Cara menjaga kesehatan pencernaan dan kulit

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan mikrobioma di dalamnya agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Mulailah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula atau yang diproses berlebihan untuk mencegah peradangan pada pencernaan serta kulit. Kamu pun bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Mengonsumsi Stroberi© Shutterstock

Selain menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi makanan kaya probiotik juga bisa mencegah timbulnya jerawat serta membantu mengatasi dermatitis atopik.

Di samping menjaga kesehatan pencernaan, kamu juga harus tetap menjalani gaya hidup sehat dengan tidur cukup, berolahraga, serta mengelola stres dengan baik untuk menunjang penampilan kulit.

Laporan: Anzila Riskia Putri

Beri Komentar