Jangan Dibuang! Begini Cara Manfaatkan Skincare yang Tak Cocok di Wajah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 9 November 2021 13:12
Jangan Dibuang! Begini Cara Manfaatkan Skincare yang Tak Cocok di Wajah
Sejumlah produk ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit di area tubuh lainnya.

Dream - Tidak semua produk perawatan wajah cocok untuk kulitmu. Terkadang, kamu terlanjur membelinya dan kulit pun berjerawat atau menimbulkan reaksi alergi lainnya, seperti kemerahan, gatal, atau perih.

Ketika mengalami hal ini, jangan buru-buru buang produk tersebut. Beberapa jenis produk justru bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ketika ingin menggunakannya pada area kulit lain.

Produk perawatan wajah hanya bisa digunakan pada area tubuh lainnya jika tidak menimbulkan reaksi alergi yang terlalu parah. Pasalnya, hal tersebut bisa terjadi juga pada area tubuh lainnya.

" Jika sebelumnya muncul reaksi alergi di wajah, hindari menggunakannya di bagian tubuh lain. Karena ujung-ujungnya bisa berpotensi menimbulkan alergi,” kata dr. Adeline Jaclyn dilansir dari Klik Dokter.

Jenis skincare yang hanya menyebabkan kemerahan pada kulit sensitif, biasanya produk tersebut kemungkinan bisa digunakan di area tubuh lainnya. “ Kalau diaplikasikan di kulit wajah malah sensitif, tetapi di kulit bagian lain lebih tidak sensitif dan justru berfungsi" .

1 dari 3 halaman

Produk yang dapat digunakan

Meski tidak semua produk perawatan wajah bisa digunakan untuk merawat area tubuh lainnya, namun berikut jenis skincare yang dapat dipakai pada tubuh.

Face oil

Memakai Face Oil© Shutterstock

Face oil menjadi produk perawatan kulit yang banyak diminati akhir-akhir ini. Sayangnya, memilih facial oil tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi, jika kulitmu kombinasi normal dan berminyak atau sensitif.

Jika terlanjur membeli face oil yang kurang cocok pada kulitmu, gunakanlah sebagai minyak kutikula. Oleskan pada kuku untuk membuat kukumu lebih kuat, lembut, lembap, dan tidak mudah patah.

2 dari 3 halaman

Serum niacinamide

Serum niacinamide yang bisa meratakan kulit wajah bisa digunakan pada area tubuh lainnya. Ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki bekas jerawat atau luka di punggung maupun area kulit lain.

Kamu hanya perlu mencampur body lotion dengan beberapa tetes serum niacinamide. Lalu, aplikasikan secara merata di area tubuh dengan warna kulit kurang merata.

Pelembap

Memakai Pelembap© Shutterstock

Pelembap wajah bisa dialihfungsikan menjadi lotion untuk menghaluskan kulit di area tubuh lainnya. Terutama, jika kamu sering terpapar polusi, sinar matahari, atau AC yang membuat kulit kering.

3 dari 3 halaman

Asam glikolat

Gunakanlah produk yang mengandung asam glikolat untuk mencerahkan kulit ketiak. Aplikasikanlah perlahan-lahan dengan jumlah sedikit untuk mencegah iritasi pada kulit ketiak yang tipis dan sangat sensitif.

AHA/BHA

AHA/BHA mampu membuat kulit lebih halus. Jika tidak cocok digunakan pada wajah, kamu bisa memakainya untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah. Tapi, semua perawatan tersebut hanya efektif jika kamu melakukannya secara rutin.

Beri Komentar