Jerawat Sering Muncul di Area T-zone? Ini Sebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 19 November 2022 08:34
Jerawat Sering Muncul di Area T-zone? Ini Sebabnya
Ketahui cara mengatasi komedo dan jerawat di area tersebut.

Dream - Jerawat dapat muncul di area kulit manapun. Namun area yang rentan berjerawat adalah area T-zone, yaitu dahi, hidung, di sekitar bibir, dan dagu.

Hal ini tentu membuat sebagian orang penasaran, mengapa jerawat muncul di bagian itu-itu saja? Rupanya, T-zone memiliki unit pilosebaceous atau kelenjar minyak serta folikel rambut terbanyak di seluruh wajah.

Dilansir Skincare.com, jerawat biasa muncul akibat produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati atau kotoran. Sehingga, area T-zone sering berkomedo dan lebih rentan berjerawat daripada area lainnya.

Jika ingin mencegah dan mengatasi jerawat di area tersebut, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1 dari 4 halaman

Gunakan Retinoid

Memakai Serum© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah menggunakan retinoid secara rutin. Gunakan retinoid berkonsentrasi rendah atau sekitar 0,1- 0,5% dalam jumlah seminimal mungkin jika kamu ingin mencobanya untuk pertama kali untuk mencegah iritasi.

2 dari 4 halaman

Jangan Biarkan Kulit Kering

Jaga kulit agar tetap terhidrasi. Gunakan produk yang dapat melembapkan dan mengandung hyaluronic acid serta ceramide. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan bahan aktif yang dapat mengurangi kandungan minyak alami kulit.

Hal tersebut dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan memicu produksi minyak berlebih. Sehingga, wajah pun akan lebih mudah berkomedo, beruntusan, maupun berjerawat.

3 dari 4 halaman

Gunakan Produk Non-Komedogenik

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Biasanya, produk komedogenik mengandung silikon, lanolin, petrolatum, parafin, minyak kelapa, serta natrium klorida yang dapat menyumbat pori-pori. Sebaiknya, gunakan produk non-komedogenik yang berformula ringan untuk mencegahnya.

4 dari 4 halaman

Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang yang ingin memencet jerawat agar lebih cepat mengempis atau menghilang. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan peradangan, menyebarkan bakteri, serta berpotensi menimbulkan bekas jerawat. Gunakan produk yang mengandung salicylic acid atau pimple patch pada jerawat agar lebih cepat hilang.

Eksfoliasi Wajah dengan Produk Berformula Ringan

Lakukan eksfoliasi menggunakan produk berformula ringan untuk membersihkan pori-pori secara ekstra. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau glycolic acid. Jika kulitmu mudah berjerawat, gunakanlah produk yang mengandung benzoyl peroxide atau niacinamide.

Pastikan untuk tidak memakai benzoyl peroxide bersamaan dengan retinol dan memakainya secara bertahap. Karena bahan-bahan ini membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari. Gunakan tabir surya di pagi hingga sore hari.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar