Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Tubuh `Bau Matahari`

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 7 Oktober 2020 13:45
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Tubuh `Bau Matahari`
Apa yang menyebabkan bau badan setelah beraktivitas di bawah matahari?

Dream - Setelah beraktivitas di luar rumah dan tersengat sinar matahari untuk waktu yang cukup lama, tubuhmu biasanya akan memunculkan aroma yang disebut bau matahari.

Bau matahari bukanlah aroma khusus yang muncul dari matahari. Hal tersebut merupakan aroma yang ada di lingkungan sekitarmu saat terdapat matahari dan keringat.

Dilansir dari Sehatq.com, bau matahari dipengaruhi oleh suhu udara. Saat suhunya hangat, molekul udara akan bergerak bebas dan di suhu dingin molekulnya menjadi lebih lamban.

Saat suhunya menghangat, tubuh akan memproduksi keringat yang bercampur dengan bakteri dan menyebabkan bau badan atau bau matahari. Berikut cara mengatasi bau matahari.

1 dari 2 halaman

Mandi teratur

Mandi© Shutterstock.com

Mandilah secara teratur untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Kamu juga bisa menggunakan sabun anti bakteri untuk mencegah bau badan.

Jangan lupa keramas untuk mencegah bau matahari dan lepek. Sesuaikan juga dengan kondisi kulit kepala maupun rambutmu agar lebih efektif.

Sering mengganti pakaian

Memakai pakaian yang sama akan membuat bau matahari terus bertahan pada tu buh. Jadi, gantilah pakaian dan cuci secara rutin dengan deterjen yang lembut.

2 dari 2 halaman

Pakai deodoran

Bau Ketiak© Shutterstock.com
Kulit ketiak sangat rentan berkeringat dan menimbulkan bau badan. Gunakan deodoran untuk mencegah timbulnya bakteri penyebab bau badan. Pakailah segera setelah mandi agar terserap sempurna dan lebih efektif mencegah bau badan.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar