4 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 22 Juli 2022 09:36
4 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat
Atasi jerawat dan hilangkan bekasnya dengan skincare yang mengandung bahan aktif ini.

Dream - Banyaknya skincare yang beredar di pasaran belum bisa menjamin semua orang terbebas dari jerawat. Cepat atau lambat, jerawat akan muncul di wajah dengan penyebab serta kondisi yang berbeda pada masing-masing orang.

Jerawat pun bisa muncul pada anak-anak maupun dewasa. Ada yang bisa diatasi dengan memakai skincare dan ada juga yang memerlukan perawatan dokter kulit untuk mengontrol kondisinya.

Meski memiliki kondisi berbeda, beberapa kandungan skincare mampu meredakan maupun mengatasi jerawat pada semua jenis kulit. Berikut di antaranya.

1 dari 3 halaman

1. Salicylic Acid (BHA) dan AHA

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Salicylic acid merupakan jenis BHA yang mudah ditemukan di berbagai jenis skincare. Terkadang, salicylic acid digabungkan dengan AHA untuk mengoptimalkan fungsinya.

Menurut Dokter Kulit, Danar Wicaksono, keduanya mampu mengatasi penyumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo maupun jerawat. Sehingga, pori-pori jadi lebih bersih dan jerawat pun mereda.

" Salicylic acid dan AHA juga bisa mengangkat sel kulit bagian atas. Jadi saat mengangkat sel kulit dan mengatasi penyumbatan pori-pori, bekas jerawat kehitamannya juga terangkat," ungkapnya dalam acara Garnier Skincacre Masterclass, Kamis 21 Juli 2022.

2 dari 3 halaman

2. Vitamin C

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain bisa mengoptimalkan pemakaian tabir surya sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, vitamin C juga mampu mencerahkan kulitmu serta memudarkan bekas jerawat. " Vitamin C akan memodifikasi hormon penghasil pigmentasi. Jadi, kulit akan terlihat lebih cerah" .

3 dari 3 halaman

3. Niacinamide

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

" Niacinamide ini kandungan yang kecil-kecil cabai rawit. Dia bisa menyelesaikan beberapa masalah jerawat sekaligus," tutur Danar.

Kandungan tersebut mampu mengatasi peradangan pada jerawat, mengontrol produksi minyak alami kulit, serta mengoptimalkan manfaat vitamin C. Jadi, jerawat bisa mereda, lebih cepat teratasi, serta bekasnya pun mudah menghilang.

Ketiga bahan aktif tersebut aman digunakan sekaligus dalam konsentrasi yang terkontrol. Bahkan, skincare dengan campuran bahan aktif tersebut bisa digunakan pada kulit remaja, dewasa, ibu hamil maupun menyusui. Namun, berkonsultasilah pada dokter kulit untuk memastikan pemakaiannya benar-benar aman.

Beri Komentar