Ketahui Beda Pengaruh UVA dan UVB Pada Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 10 Juli 2020 16:13
Ketahui Beda Pengaruh UVA dan UVB Pada Kulit
Cari tahu juga cara mengatasinya.

Dream - Saat membeli tabir surya, mungkin kamu sering melihat label ‘UVA atau UVB’. Kedua sinar radiasi ultraviolet atau UV dari matahari itu merupakan jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit. 

Sebenarnya, sinar UV terbagi menjadi tiga jenis, yaitu UVA, UVB dan UVC. Sinar Ultra Violet A (UV A) memiliki gelombang panjang, sinar UVB gelombang pendek, dan sinar UVC gelombang yang sangat pendek. 

Namun, UVC telah difilter di stratosfer. Sehingga, kamu hanya membutuhkan tabir surya yang mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB. 

UVA dan UVB memiliki pengaruh yang berbeda pada kulit wajah serta bagian tubuh lainnya.

UVB merupakan sinar UV yang dapat menjangkau hingga epidermis dan menyebabkan kulit terbakar, masalah pada area mata serta meningkatkan risiko kanker kulit. 

Sedangkan UVA bisa mencapai dermis dan menyebabkan hiperpigmentasi, kerutan, pengenduran serta penuaan dini.

1 dari 2 halaman

Cara mengatasi radikal bebas

“ Kedua jenis sinar UV tersebut bisa menyebabkan radikal bebas yang membahayakan sel kulit. Untuk melindunginya, diperlukan konsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan untuk membentuk barrier pelindung kulit agar bisa melawan radikal bebas,” jelas Winda Ekayanti, Nutritionist dalam peluncuran skincare Commonlabs, Kamis 9 Juli 2020.

Kadar antioksidan, vitamin dan mineral pada setiap buah maupun sayur berbeda-beda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mencampur berbagai jenis buah dan sayur.

2 dari 2 halaman

Dianjurkan Konsumsi Buah

 Ilustrasi Hijab Cantik© Ilustrasi Hijab Cantik (Foto: Shutterstock)


Meskipun dianjurkan mengonsumsi berbagai buah dan sayur, tapi kamu perlu menakar jumlah yang dikonsumsi per hari.

“ Maksimal konsumsi 2 buah per hari untuk tetap menjalani gaya hidup sehat dan tidak meningkatkan asupan gula,” lanjutnya.

Selain mengonsumsi buah dan sayur, kamu bisa menggunakan tabir surya setiap 3-4 jam sekali ketika beraktivitas di pagi hingga sore hari.

Beri Komentar