Pakai Haircare Terlalu Banyak Bisa Sebabkan Ketombe, Ini Cara Mengatasinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 29 Juni 2022 19:36
Pakai Haircare Terlalu Banyak Bisa Sebabkan Ketombe, Ini Cara Mengatasinya
Menggunakan sampo saja tidak selalu cukup untuk mengatasi kulit kepala gatal dan berketombe.

Dream - Penumpukan kotoran, polusi, serta minyak berlebih, bisa menyebabkan komedo atau jerawat pada kulit. Hal tersebut juga bisa membuat kulit tubuh tampak lebih kusam. Lantas, bagaimana dampaknya pada rambut atau kulit kepala?

Kotoran, polusi, dan minyak, bisa menumpuk di kulit kepala sehingga menyebabkan rambut terasa gatal, berketombe, serta lepek. Apalagi, jika kamu menggunakan produk tertentu untuk menutupi kondisi rambut yang kurang menarik.

Akibatnya, rambut dan kulit kepala akan terasa kurang nyaman. Bahkan, kondisi tersebut bisa menyebabkan ketombe, dermatitis seboroik, serta rambut rontok. Penyebab penumpukan kotoran, polusi, maupun minyak berbeda-beda pada setiap orang.

Namun penumpukan kotoran di kepala bisa diatasi dengan beberapa cara, sebagaimana dikutip dari Byrdie berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Lebih Sering Keramas

Keramas© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Salah satu penyebab penumpukan tersebut adalah kulit kepala yang tidak sering dibersihkan. Apalagi, jika kulit kepala mulai berketombe. Mungkin, lebih sering keramas bisa mengatasinya dan membuat kulit kepalamu terasa lebih nyaman, segar, serta sehat.

Tapi, rutinitas keramas harus didiskusikan kembali pada dokter kulit untuk memastikan kondisi kulit kepala tetap sehat. Pasalnya, terlalu sering keramas pun bisa menyebabkan kulit kepala kering.

2. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Jika keramas dengan sampo yang mengandung sulfat masih membuat kulit kepala terasa gatal atau berketombe, coba lakukan eksfoliasi. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan scalp brush atau sikat kulit kepala ketika mengaplikasikan sampo.

Memijat kulit kepala saat menggunakan sampo juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Tapi, pastikan kamu menggunakan finger pad untuk melindungi kuku yang bisa merusak sawar kulit kepala atau skin barrier.

2 dari 3 halaman

3. Mengeksfoliasi Secara Kimia

Menggunakan Produk Perawatan Rambut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menggunakan eksfoliator juga bisa jadi kunci untuk melakukan pembersihan kulit kepala secara maksimal. Tapi, jangan menggunakannya terlalu sering.

Cukup gunakan eksfoliator yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid 1-2 kali seminggu. Eksfoliator bisa mencegah munculnya beruntusan atau ketombe pada kulit kepala.

3 dari 3 halaman

4. Menggunakan Clarifying Shampoo

Memakai Sampo© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pemakaian produk perawatan rambut bisa menyebabkan penumpukan di sekitar kulit kepala. Akibatnya, rambut terasa gatal dan lengket atau berminyak. Jika terlalu banyak penumpukan pada kulit kepala, kamu akan lebih sulit membersihkannya.

Terutama, jika menggunakan sampo biasa dan tidak mengandung sulfat. Gunakanlah clarifying shampoo untuk mengatasinya. Biasanya, jenis sampo tersebut diformulasi untuk rambut bertekstur keriting atau rusak.

Namun bagaimanapun formulanya, clarifying shampoo dilengkapi dengan kandungan yang mampu membersihkan kulit kepala secara maksimal. Jangan lupa untuk membilas rambut sebelum memakai sampo untuk memastikan produknya tersebar merata di seluruh kulit kepala. Sehingga, pemakaiannya lebih efektif.

Beri Komentar