Penyebab Jerawat yang Sering Diabaikan

Reporter :
Rabu, 29 September 2021 11:12
Penyebab Jerawat yang Sering Diabaikan
Tanpa sadar aktivitas yang biasa kita lakukan, dapat memancing jerawat muncul, apa saja penyebabnya?

Dream - Jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal. Folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati ataupun minyak, bisa memunculkan jerawat.

Selain itu, perubahan hormon saat menstruasi, stress, juga kerap menjadi penyebab utama munculnya jerawat di wajah. Belum lagi bakteri yang berada di kulit kita.

Namun, ada beberapa hal yang jarang kita ketahui juga bisa memicu munculnya jerawat. Penyebab-penyebab itu bahkan kerap diabaikan.

Untuk kamu yang ingin tahu, beberapa penyebab jerawat yang sering diabaikan ini dia:

1 dari 2 halaman

Kira-Kira Apa?

Bintang Peliharaan

Binatang peliharaan, misalnya kucing, dengan bulu yang panjang pasti membuat kamu gemas, dan tidak ingin jauh-jauh. Bahkan ada sebagian yang membiarkan hewan peliharaan, menciumi wajah, dan naik ke atas kasur. 

Kabar buruknya, ternyata binatang peliharaan yang sangat menggemaskan itu, ternyata bisa saja mengandung jutaan bakteri pada salivanya. Selain itu, kuman juga dapat bersembunyi didalam bulu-bulu hewan yang membuatnya dapat berpindah ke kulitmu, serta sangat mungkin muncul permasalahan wajah baru. 

Handuk

Sarung bantal, sprei, dan kuas makeup perlu dibersihkan secara teratur jika kamu tidak menginginkan perpindahan bakterinya ke wajah. Namun, ada satu produk yang biasa kita lupakan, yaitu handuk. 

Handuk yang biasa kita gunakan, tidak jarang dibiarkan cukup lama di toilet, yang membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Hal tersebut, bisa secara diam-diam membuat wajah atau tubuh mengalami jerawat, karena kulit bersentuhan langsung dengan handuk yang penuh bakteri. 

2 dari 2 halaman

Ada Lagi?

Tidur dengan Rambut Basah

Bakteri lebih betah saat berada di tempat yang gelap, dan lembap. Tanpa sadar, tidur dengan posisi rambut basah, artinya sama saja dengan membuat kandang untuk bakteri. Pastikan untuk selalu mengeringkan rambut, sebelum kamu tertidur, dan coba untuk jauhkan rambut dari wajah. 

Smartphone 

Saat ini kebanyakan orang terbiasa dengan smartphone saat menjalankan aktivitas, bahkan jika tidak membawa smartphone terasa kurang. Selalu dibawa kemanapun pergi, membuat kemungkinan bakteri yang terkumpul pada smartphone sangat banyak. 

Ditambah, jika kamu tanpa sadar mengangkat telfon, dan menempelkan layar smartphone ke wajah. Bayangkan ada berapa juta bakteri yang menempel ke wajah, dan ini bisa menyebabkan jerawat muncul. Penting sekali untuk selalu membersihkan smartphone, jika tidak ingin hal tersebut terjadi. 

Sumber: Skincare.com

Beri Komentar