Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perhatian, 4 Bahan Skincare Ini Bisa Picu Alergi

Perhatian, 4 Bahan Skincare Ini Bisa Picu Alergi Skincare

Dream - Menggunakan skincare dan produk perawatan harian secara rutin, pastinya kita berharap mendapat kulit cerah dan sehat. Sayangnya, pada beberapa orang skincare yang digunakan malah memunculkan masalah baru di kulit, berupa reaksi alergi.

Mereka yang memiliki riwayat alergi memang harus ekstra hati-hati dalam memilih skincare dan produk perawatan sehari-hari. Pasalnya, ada bahan-bahan standar yang bisa memicu reaksi alergi, seperti ruam, perih, kemerahan hingga bentol dan gatal. Apa saja bahan yang harus diwaspadai?

Acid/ asam
Masuk akal bahwa produk apa pun yang dirancang untuk mengelupas sel-sel kulit terkadang lebih berbahaya daripada manfaatnya. Bahan ini termasuk asam salisilat, asam beta-hidroksi yang larut dalam minyak yang digunakan untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak. Seperti retinoid topikal, yang menormalkan pematangan sel kulit dan membantu meningkatkan stimulasi kolagen; dan asam glikolat, asam alfa-hidroksi yang larut dalam air yang merupakan bahan aktif di sebagian besar pengelupasan kimia.

“Semua ini dapat menyebabkan iritasi kulit, kekeringan, kemerahan dan/atau rasa terbakar jika menggunakannya secara berlebihan,” kata Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Mount Sinai Medical, dikutip dari EverdayHealth.

 

Pewangi sintetis

Bahan pewangi sintetis dapat memicu iritasi. Bisa menyebabkan ruam kulit, serta sakit kepala, batuk, mengi, dan iritasi pernapasan lainnya. Wewangian tidak hanya berarti parfum  tapi juga digunakan di hampir setiap produk kecantikan.

Rutin Pakai Skincare

Bahan wewangian bahkan dapat muncul dalam produk berlabel "tanpa pewangi" karena perusahaan menggunakan bahan kimia pewangi khusus yang dikenal sebagai agen masking untuk menciptakan produk non aroma.

 

Logam

Jika kamu alergi terhadap nikel (ditemukan dalam perhiasan imitasi dan pelapisan kancing dan kancing logam) atau logam lainnya, waspadalah terhadap kobalt, yang digunakan dalam berbagai produk perawatan pribadi seperti antiperspiran dan pewarna rambut cokelat muda.

Jangan Salah! Begini Tanda Skincare Tidak Cocok untuk Kulit

"Logam lain yang dapat muncul dalam kosmetik termasuk aluminium, kromium, dan timbal," kata Zeichner.

 

Emolien

Emollients adalah bahan yang dirancang untuk membuat kulit terasa nyaman, tetapi yang dapat menyebabkan jerawat, terutama pada kulit yang rentan jerawat.

Skincare

"Emolien yang harus diwaspadai antara lain lanolin, coconut butter, cocoa butter, isopropyl palmitate, isostearyl isosterate, dan myristyl lactate," ujar Zeichner.

Jika rentan terhadap berjerawat, pastikan untuk memilih pelembab non-comodogenic berbasis air yang akan membantu kulit mempertahankan kadar airnya tanpa menyumbat pori-pori.

Jangan Campur Bahan Aktif Skincare Ini Agar Wajah Tetap Sehat

Dream - Belakangan ini, pemakaian skincare yang mengandung bahan aktif tertentu sedang digandrungi oleh banyak orang.

Bahkan, tidak sedikit pria yang tertarik menggunakannya. Pasalnya, penggunaan bahan aktif sangat efektif untuk menyempurnakan penampilan wajah secara alami.

Hasilnya pun terbilang lebih cepat terlihat dibandingkan pemakaian produk yang memiliki kandungan bahan aktif lebih sedikit.

Meski begitu, penggunaan produk dengan bahan aktif tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Kamu harus memakainya bergantian agar wajah tidak iritasi.

Dilansir Sehatq.com, berikut kandungan dalam produk perawatan kulit yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Retinol dan AHA/BHA

Retinol merupakan salah satu kandungan dalam produk perawatan kulit yang dapat memberikan efek sangat besar. Mulai dari menyamarkan tanda penuaan hingga mengatasi jerawat.

Namun jika digunakan bersama AHA/BHA, kulitmu akan iritasi dan mengalami eksfoliasi berlebihan. Akibatnya, kulitmu juga akan rentan bermasalah.

Kamu bisa memakainya di hari atau waktu yang berbeda untuk meminimalisir dampak buruk produk perawatan kulit.

Retinol dan benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang mampu mengatasi jerawat. Maka dari itu, kamu bisa memakainya jika kulitmu sering berjerawat.

Tapi jangan gunakan benzoyl peroxide bersamaan dengan retinol karena bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan serta mengelupas.

Sehingga, kulitmu akan semakin bermasalah dan sulit diatasi. Gunakanlah di waktu yang berbeda atau hentikan pemakaian salah satu di antaranya agar lebih aman.

Retinol dan asam salisilat

Asam salisilat memiliki manfaat yang sama dengan retinol meski hasilnya tidak terlihat secepat retinol. Maka dari itu, jangan gunakan kedua bahan ini secara bersamaan agar tidak menyebabkan iritasi, pengelupasan, kulit kering serta perih.

Retinol dan vitamin C

Vitamin C mampu membuat wajah lebih cerah dan bebas pigmentasi. Namun ketika digunakan bersama retinol, wajahmu akan bermasalah.

Hal ini dikarenakan keduanya bekerja pada kondisi pH yang berbeda. Bahkan, retinol ideal digunakan malam hari sedangkan vitamin C dipakai pada siang hari.

Maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan keduanya secara bersamaan. Kamu bisa memakai sesuai waktunya atau di hari yang berbeda.

Vitamin C dan niacinamide

Penelitian pada tahun 1960 menyatakan bahwa kedua bahan ini tidak aman dan efektif untuk digunakan bersamaan.

Pakailah di waktu yang berbeda jika ingin mencegah atau mengatasi masalah kulit dan tetap mendapatkan manfaatnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Remaja Hindari Bahan-Bahan Skincare Ini Agar Kulit Sehat

Remaja Hindari Bahan-Bahan Skincare Ini Agar Kulit Sehat

Apabila penggunaan skincare pada remaja tidak memperhatikan kandungannya, akan berdampak pada kulit remaja yang sensitif dan rentan terhadap alergi.

Baca Selengkapnya
Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tidak semua tren skincare harus diikuti. Banyak di antaranya justru membuat kulitmu bermasalah. Hindari 2 kebiasaan yang bisa bikin skincare terbuang sia-sia.

Baca Selengkapnya
Jangan Asal Pilih, Tak Semua Kandungan Pada Skincare Cocok untuk Remaja

Jangan Asal Pilih, Tak Semua Kandungan Pada Skincare Cocok untuk Remaja

Lalu, seperti apa seharusnya perawatan kulit yang baik untuk anak-anak usia remaja awal?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

Masih banyak orang salah memakai skincare. Akhirnya, kondisi kulit pun tidak membaik usai merawat kulit. Cari tahu 3 kesalahan terbesar saat memakai skincare.

Baca Selengkapnya
Cak Imin Tak Paham Soal SGIE, Gibran: Mohon Maaf kalau Pertanyaannya Susah

Cak Imin Tak Paham Soal SGIE, Gibran: Mohon Maaf kalau Pertanyaannya Susah

Gibran mengatakan produk Indonesia yang masuk 10 besar baru makanan halal dan skincare. Gibran juga menyinggung kalau pertanyaannya terlalu sulit.

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Jangan disepelekan, ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat.

Baca Selengkapnya
Kenali 6 Pemicu Kulit Ruam Kemerahan dan Cara Meredakannya

Kenali 6 Pemicu Kulit Ruam Kemerahan dan Cara Meredakannya

Kemerahan pada kulit tidak hanya bisa disebabkan oleh ruam popok atau alergi. Kenali penyebab kemerahan lainnya agar bisa segera mengatasi hal tersebut.

Baca Selengkapnya
4 Jenis Kandungan Skincare yang Wajib Dipakai Setiap Hari

4 Jenis Kandungan Skincare yang Wajib Dipakai Setiap Hari

Pastikan 4 jenis kandungan skincare ada dalam produk yang dipakai sehari-hari untuk mengoptimalkan kesehatan kulit.

Baca Selengkapnya
3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

Ada banyak kandungan skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cari tahu beberapa di antaranya beserta beragam manfaatnya untuk kulit.

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya