Kulit Wajah Tetap Berminyak Meski Sudah Dibersihkan, Coba Pakai Bahan Alami Ini

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 26 November 2022 10:19
Kulit Wajah Tetap Berminyak Meski Sudah Dibersihkan, Coba Pakai Bahan Alami Ini
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadikan bahan alami sebagai pembersih wajah untuk kulit berminyak

Dream - Kunci kesehatan kulit adalah terjaga kebersihannya. Apalagi buat kamu yang memiliki kulit berminyak. Rutin melakukan perawatan adalah hal yang wajib sekaligus harus menjadi rutinitas sehari-hari.

Pemilik kulit berminyak umumnya lebih mudah mengalami masalah seperti jerawat. Si kecil merah menjengkelkan ini biasanya muncul ketika kotoran yang menempel di wajah menyumbat pori-pori. 

Langkah minimal yang bisa dilakukan para pemilik oily skin dalam menjaga kebersihan kulit adalah membersihkannya di waktu pagi dan malam hari. Upaya lain yang bisa dijalani adalah membersihkan kulit untuk menghapus minyak berlebihan di kulit. 

1 dari 5 halaman

Meski harus menjaga kebersihannya, Sahabat Dream jangan lantas membersihkan wajah hampir setiap saat. Terlalu sering membersihkan wajah malah akan membuat kandungan minyak alami bisa berkurang. Bukannya mendapatkan kondisi ideal, kulit wajah malah akan menjadi lebih kering dan produksi minyak bertambah. 

Mungkin kebanyakan Sahabat Dream selama ini menggunakan produk pembersih wajah yang bisa diperoleh dengan bebas. Jika kamu merasa hasilnya belum memuaskan, mungkin kini saatnya mencoba menggunakan bahan alami sebagai pembersih wajah. 

Nah berikut ini adaah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan pemilik kulit berminyak saat membersihkan kulit:  

2 dari 5 halaman

Lemon dan Madu

Lemon memiliki kandungan Citric acid yang bagus untuk membersihkan wajah. Sementara madu akan membantu menjaga keseimbangan dan menjaga kelembapan kulit. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Kamu bisa membersihkan wajah dengan madu dan lemon yang dicampurkan, dan aplikasikan campuran ini pada wajah. Pastikan kamu membiarkan campuran ini di wajah selama 5 menit sebelum dibilas. 

3 dari 5 halaman

Timun dan Tomat 

Kedua bahan ini sangat bagus untuk merawat kulit, dimana ini tomat bekerja untuk membersihkan kulit, sementara itu timun bekerja untuk menenangkan kulit.

Tomat juga bekerja untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit berminyak, sekaligus memberikan efek mencerahkan pada kulit. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Hancurkan tomat dan timun, lalu apliaksikan ke wajah sebagai masker, untuk membiarkannya diserap oleh wajah selama 10 menit. 

4 dari 5 halaman

Air Mawar 

Air mawar memiliki kandungan yang dapat membuat kulit lebih tenang, sekaligus menutrisi kulit. Kamu bisa mencelupkan kapas ke dalam air mawar, untuk digosokan ke wajah, baru setelah itu dibilas. 

Tak hanya membersihkan kulit, air mawar juga bekerja memberikan kelembapan pada kulit, sekaligus menjaga keseimbangan ph di kulit. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

5 dari 5 halaman

Cuka Apel 

Membersihkan wajah dengan cuka apel, dapat membuat wajah lebih bersih, sekaligus mengontrol produksi minyak di wajah. Selain itu, cuka apel juga punya kemampuan melakukan eksfoliasi pada kulit untuk mengikis sel kulit mati. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Membersihkan wajah dengan cuka apel, dapat dilakukan dengan cara mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingannya 1:3, lalu masukan kapas ke campuran tersebut. Setelah itu, kamu tinggal menggosokkan kapas ke wajah, untuk membersihkannnya, sekaligus melakukan eksfoliasi secara gentle. 

(Sah, Sumber: Femina.in)

Beri Komentar