Punya Kulit Sensitif? Perhatikan 6 Hal Ini Saat Beli Kosmetik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 13 Oktober 2018 07:00
Punya Kulit Sensitif? Perhatikan 6 Hal Ini Saat Beli Kosmetik
Daripada membuang uang sia-sia, sebaiknya perhatikan 6 hal di bawah ini sebelum membeli kosmetik.

Dream - Memilih produk kecantikan merupakan hal yang gampang-gampang susah. Terutama bagi pemilik kulit sensitif, yang tidak boleh sembarangan memakai produk make up dan skin care.

Mereka sebaiknya menghindari kosmetik yang mengandung wewangian atau alkohol terlalu banyak. Bahan-bahan tersebut, hanya akan menyebabkan efek samping berbahaya untuk kulit wajah.

Agar tidak salah memilih produk, berhati-hatilah saat membelinya. Dilansir Boldsky, berikut 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk kecantikan untuk kulit sensitif.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

1. Produk yang wangi tidak selamanya bagus

Ketika memilih produk, terkadang kita hanya memerhatikan penampilan dan baunya saja. Padahal, produk kecantikan yang berbau harum tidak selamanya bagus.

Sebagian produk kecantikan yang wangi, justru tidak dianjurkan untuk kulit sensitif. Produk yang wangi cenderung mengandung alkohol, asam alfa-hidroksi atau bahkan beberapa agen anti-bakteri yang mungkin terlalu keras untuk kulit sensitif.

2. Hindari makeup waterproof

Butuh usaha ekstra untuk menghilangkan make up  waterproof dari wajah. Akhirnya, kita harus menggunakan make up remover berbahan keras.

Terlalu sering menggunakan produk kecantikan berbahan 'keras' berbahaya untuk kulit sensitif. Sebab itu, mereka sebaiknya memakai make up seminimal mungkin untuk mencegah wajah bermasalah.

3. Gunakan produk berbahan alami

Jika memiliki kulit sensitif, selalu gunakan produk perawatan kulit berbahan alami. Sebenarnya kamu bisa membuat produk perawatan wajah menggunakan bahan alami seperti multani mitti, madu, lidah buaya, dan masih banyak lainnya.

Kamu juga bisa membuat toner, masker wajah dan pelembap di rumah. Produk perawatan kulit yang dibuat sendiri, lebih hemat biaya dan tidak memiliki efek samping.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

4. Selalu periksa kadaluwarsa

Selalu periksa tanggal kadaluwarsa untuk produk kosmetik yang kamu beli. Baik produk yang dipakai pada kulit atau untuk dikonsumsi.

Memeriksa tanggal kadaluwarsa merupakan hal penting saat membeli sebuah produk, apalagi untuk kesehatan kulit. Produk yang telah kedaluwarsa memiliki efek buruk, bahkan bisa merusak kulit.

5. Mencoba sebelum membeli

Usahakan selalu mencoba produk sebelum membeli. Coba produk di lengan bawah, dan tunggu setidaknya 1-2 hari untuk melihat reaksinya pada kulit.

Jika tidak menimbulkan ruam, kemerahan atau jerawat, berarti produk tersebut aman digunakan. Tetapi jika menimbulkan reaksi tersebut, jangan pernah menggunakannya kembali.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

6. Gunakan eyeliner pensil dan hindari yang cair

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih eyeliner yang berbentuk pensil. Pengaplikasian eye liner pensil lebih rapi daripada yang cair.

Selain itu, eye liner pensil dibuat menggunakan lilin yang aman untuk kulit. Sedangkan, eye liner cair dibuat dari bahan lateks yang dapat menyebabkan iritasi.

Sumber: Boldsky

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian