Trik Agar Sunblock Lebih Efektif Melindungi Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 21 November 2019 15:24
Trik Agar Sunblock Lebih Efektif Melindungi Kulit
Aplikasikan dengan cara yang tepat.

Dream - Sunblock merupakan produk perawatan kulit yang seringkali disepelekan pemakaiannya. Padahal, manfaatnya sangat krusial bagi kulit.

Beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai sunblock bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti penuaan dini atau kanker kulit.

Namun, banyaknya varian sunblock yang tersedia di pasaran kerap membuat orang bingung memilihnya. Dan akhirnya memilih untuk tidak memakai sunblock.

Untuk mempermudah dalam memilih produk, berikut manfaat berbagai jenis sunblock menurut penuturan Spesialis Kulit dan Kelamin, Ronny Handoko di Aroma Sedap, Jakarta Pusat, Rabu 20 November 2019.

“ Ada tabir surya dengan SPF 30, 50 dan 100. Daya proteksinya sama, tapi lama proteksinya itu yang berbeda. SPF 30, memproteksi selama 6 jam. SPF 50, ya 8 jam,” jelasnya.

1 dari 6 halaman

Sangat Penting Bagi Penderita Vitiligo

 Vitiligo, Gangguan Autoimun yang Menyerang Kulit

Pemakaian sunblock semakin krusial bagi penderita vitiligo yang tidak memiliki melanin di area tubuh tertentu atau secara keseluruhan.

Melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Maka dari itu, pengidap vitiligo harus memakai sunblock setiap hari untuk mencegah potensi kanker seperti karsinoma atau melanoma.

Agar lebih efektif, disarankan untuk memakai sunblock sesuai dengan takaran yang disarankan. Jangan memakai sunblock terlalu sedikit karena tidak akan efektif melindungi kulit.

Gunakanlah sunblock yang waterproof dan broad spectrum, sehingga tidak mudah luntur karena keringat atau ketika berenang.

2 dari 6 halaman

Kurangi Penggunaan Produk Mengandung Phenol Demi Cegah Vitiligo

Dream - Untuk bisa tampil sempurna, Sahabat Dream perlu memilih produk dan cara yang tepat. Tak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan produk yang cocok untuk kulitmu.

Terutama jika kulitmu memiliki kondisi tertentu seperti vitiligo. Pemilihan kandungan yang tepat tidak hanya berlaku untuk produk makeup, tapi juga cat rambut.

Bahan yang kerap terkandung dalam cat rambut dapat memicu timbulnya vitiligo, yaitu bercak putih pada kulit akibat matinya melanosit.

  vitiligo

" Cat rambut yang beredar di pasaran bermacam-macam. Tapi yang mengandung bahan phenol dengan kadar cukup tinggi itu yang bahaya. Bisa merusak melanosit di jangka panjang," ujar dr. Dian Pratiwi, seorang spesialis kulit dan kelamin di Aroma Sedap, Jakarta Pusat, Rabu 20 November 2019.

Phenol juga kerap ditemukan pada pembersih kuat maupun bahan kimia lainnya. Penting untung lebih waspada saat menggunakan pembersih kimia.

" Cairan kimia yang kuat biasanya mengandung phenol. Atau yang pekerjaannya di bidang kimia, ada kemungkinan berjumpa dengan phenol," kata Dian

Sahabat Dream perlu memperhatikan kandungan pada produk yang ingin dipakai. Periksa formulanya dan usahakan untuk mengurangi intensitas pemakaian produk dengan bahan kimia terutama phenol yang tinggi.

" Kalau terlanjur memakai produk berbahan phenol, sebaiknya dikurangi waktu pemakaiannya. Atau pakai cat rambut yang sifatnya hanya menutupi atau bisa hilang dengan dibilas," pesan Dian.

3 dari 6 halaman

Tips Memakai Sunscreen Agar Lebih Efektif

Dream - Selain pelembap, tabir surya merupakan produk yang wajib dipakai setiap orang. Namun fungsinya tidak akan optimal jika tidak dipakai dengan benar.

Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin, Inneke Jane, tabir surya harus dipakai sebanyak dua ruas jari untuk yang berformula krim.

" Kalau sunscreennya krim seperti odol, dipakai sebanyak 2 ruas jari. SPF-nya minimal 30," tuturnya di Youth & Beauty Clinic, Jakarta Selatan, Senin 23 September 2019.

  shutterstock

4 dari 6 halaman

Sunscreen Spray, Efektif?

Sedangkan tabir surya berformula cair disarankan untuk dipakai sekitar satu sendok teh, " Kalau sunscreen spray buat saya itu efisien, tapi kurang efektif."

Jangan lupa memakai tabir surya di area mata dan menggunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir.

  shutterstock

" Kalau cuma mengharapkan tabir surya dari BB cream atau produk kosmetik lain, sebenarnya nggak efektif. Harus tetap terpisah SPF-nya," tutupnya. (ism)

5 dari 6 halaman

Setelah Wudhu, Segera Pakai Sun Block Lagi

Dream - Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis, mendapat paparan sinar matahari selama setahun penuh. Artinya, kulit Sahabat Dream bakal selalu terpapar sinar ultraviolet sepanjang hari, saat beraktivitas di luar ruangan dan juga dalam ruangan.

Untuk itu wajib hukumnya menggunakan perlindungan berupa krim tabir surya atau sunblock. Penggunaannya harus setiap hari saat keluar rumah. Sejak anak-anak, sebenarnya kulit harus memiliki perlindungan.

" Kalau dari usia 20 tahun tidak menggunakan sunblock, belum keliatan efeknya sekarang. Mulai kepala 3 baru mulai keliatan garis-garis halus sekitar wajah kamu. Bisa lebih parah muncul melasma," ujar dr. Merissa Devlayzar, seorang dokter kecantikan dalam acara Defining Beauty in Woman and Man, di Serpong, Selasa, 19 November 2019.

Penggunaan sunblock memang tidak boleh disepelekan, karena ketika kulit mulai muncul flek kehitaman akan sangat sulit untuk dihilangkan. Ada baiknya untuk mencegah dampak dari paparan sinar matahari UVA dan UVB dari usia muda.

6 dari 6 halaman

Panduan menggunakan tabir surya

Untuk Sahabat Dream yang melakukan aktivitas hanya di dalam ruangan bisa menggunakan sunblock yang memiliki SPF (sun protection formula) 15. Lapisan pelindung ini akan bertahan kurang lebih sekitar 3 jam.

Jika sahabat dream wudhu atau mencuci muka sebaiknya gunakan kembali sunblock tadi. Lapisan pelindung biasanya akan ikut meluruh terkena air wudhu dan wajah tak punya lapisan pelindung.

  Gunakan sunblock

" SPF sunblock untuk dalam ruangan itu 15, itu bertahan 3 jam tapi kalau ambil wudhu atau mencuci muka harus apply lagi," ungkap dr. Merissa.

Apabila sahabat dream lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari, gunakan sunblock yang memiliki SPF 50. Sunblock dengan SPF 50 memiliki efek selama kurang lebih 8 jam.

Laporan: Shania Suha Marwan

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis