Satukan Tujuan Brand dan Kreator Lokal

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 21 September 2021 13:49
Satukan Tujuan Brand dan Kreator Lokal
Rayakan setahun di Indonesia POPS Worldwide jembatani strategi komunikasi brand dengan kreator lokal.

Dream - Kekuatan digital kian hari makin jadi makanan sehari-hari dalam beraktivitas, ditambah kemajuan teknologi yang makin pesan banyak melahirkan kreator-kreator yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya.

Ragam video, foto unik, dilahirkan para kreator untuk menghibur atau dijadikan referensi untuk memasarkan suatu produk juga jadi hal yang dicari para netizen.

Apalagi buat kamu yang ingin menyasar pasar sesuai target, penentuan sebuah promo yang digunakan para kreator konten ini bisa banget kamu jadikan referensi. Menjembatani hal tersebut, POPS Worldwide yang merupakan perusahaan penyedia hiburan berbasis digital hadir buat Sahabat Dream yang ingin memasarkan produknya sesuai karakter.

Beroperasi di Indonesia sejak September 2020, kini POPS Worldwide Indonesia genap setahun menemani kehidupan masyarakat Tanah Air tanpa disadari.

1 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan kreator lokal

Selain sudah bekerjasama dengan lebih dari 80 konten kreator lokal, selama setahun ini POPS Worldwide Indonesia juga mencatatkan lebih 500 juta views di kanal YouTube sebagai bentuk kontribusi dalam industri hiburan digital.

Tidak hanya itu, POPS Worldwide Indonesia juga telah aktif menjalin kerjasama dengan 50 brand ternama di Indonesia dalam menggelar 80 kampanye yang menjembatani komunikasi pesan suatu brand melalui kolaborasi bersama para konten kreator lokal.

Ilustrasi© shutterstock

“ Selamat kepada POPS Indonesia. Hanya dalam waktu satu tahun operasi kami telah mencapai sangat banyak prestasi. Kami bangga dapat membangun posisi sebagai salah satu pelaku industri penting dalam periode yang relatif singkat," tutur Esther Nguyen sebagai Founder & CEO POPS Worldwide.

" Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami dan kami harap dapat melanjutkan sukses berkelanjutan bersama para mitra,” tambah Esther.

 

2 dari 4 halaman

Melibatkan platform pihak ketiga

Pengalaman POPS Worldwide di industri hiburan digital Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Singapura membuat mereka menyadari profil akan masyarakat digital ready.

Oleh karena itu, POPS Worldwide menerapkan pendekatan berskala dan multi-kanal yang melibatkan platform pihak ketiga seperti YouTube, Facebook Spotify, Instagram, dan TikTok.

Hal ini menjadi faktor pendorong keterhubungan antara brand dan konten kreator lokal semakin kuat dan saling menyokong satu sama lain.

Melihat dari sisi konten kreator, mereka dapat menyampaikan manfaat dari strategi komunikasi seperti kampanye yang diadakan brand kepada audiens mereka.

Di sisi lain, brand dapat menyampaikan pesan komunikasi mereka secara lokalisasi yang dibuat menyesuaikan format, sarana, dan konsep paling tepat.

POPS saat ini telah berkolaborasi dengan lebih dari ribuan konten kreator lokal yang dapat mencakup seluruh target audience yang dibutuhkan oleh brand, mulai dari segmen makro, mikro, hingga nano influencer.

3 dari 4 halaman

Deretan kreator konten Indonesia

“ Pencapaian yang sangat menggembirakan bagi POPS Worldwide. Dalam kurun waktu satu tahun di Indonesia kami dapat bekerjasama dengan banyak top creator & brand," ungkap Country Manager POPS Worldwide Indonesia, Zico Kemala Batin.

" Ke depannya POPS berambisi untuk menjadi 'number 1 digital entertainment company' di Indonesia, selain fokus pada market millennial & gen Z, POPS juga sangat mengedepankan hyperlocal content sebagai strategi pertumbuhan di Indonesia," jelas Zico.

POPS Worldwide© POPS Worldwide

Saat ini POPS Worldwide sudah membangun aset sumber daya digital dengan berkolaborasi lebih dari 1.200 konten kreator yang termasuk beberapa nama besar di dunia hiburan Indonesia seperti Titi & Tian, Nikita Willy, DJ Desa, Alter Ego & Rizky Riplay.

4 dari 4 halaman

Ragam brand

Luasnya jaringan konten kreator yang dimiliki POPS Worldwide memberi mereka kompetensi dan kemampuan pemilihan konten kreator paling tepat bagi setiap brand baik di industri manapun, mulai dari telekomunikasi XL, perbankan BCA, Mandiri, elektronik konsumen OPPO, dan masih banyak lagi.

“ Satu tahun ini bukan merupakan perjalanan mudah dimana semua pihak terdampak dan hal ini membawa tantangan bagi siapapun. Kami memulai perjalanan kami di Indonesia dengan tim kecil yang sekarang telah berkembang lebih besar," kata Bani Tan, Regional Director POPS Worldwide.

" Kami telah bermitra dengan berbagai konten kreator, menjalankan berbagai kampanye dengan brand terkemuka, serta memberdayakan influencer lokal sekaligus bertumbuh bersama. Kita harus melanjutkan arah tren positif sebab ini hanya awal dari perjalanan dan kami akan menjadi lebih baik,” tutup Bani.

Beri Komentar