Young On Top: Peduli Thalassemia Lewat Love Donation 2017

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 24 Februari 2017 12:15
Young On Top: Peduli Thalassemia Lewat Love Donation 2017
Dilaksanakan selama dua hari, Love Donation 2017 mengajak masyarakat aware terhadap penyakit genetik ini.

Dream – Untuk ketujuh kalinya, komunitas Young On Top Campus Ambassadors (YOTCA) menggelar kegiatan sosial tahunan yang diberi nama Love Donation pada akhir pekan lalu (18-19 Februari 2017) di Centre Court Mal Ciputra, Jakarta Barat.

Bekerjasama dengan Yayasan Thalassemia Indonesia, YOTCA mengajak masyarakat untuk peduli dengan penyakit Thalassemia yang kini masih belum teredukasi secara luas.

Untuk diketahui, kesadaran masyarakat tentang penyakit Thalassemia masih tergolong rendah. Padahal data Yayasan Thalassaemia Indonesia, mencatat 7,711 anak di Indonesia lahir dengan Thalassemia Mayor.

Untuk itu, Love Donation 2017 menyuguhkan talkshow inspiratif dengan dua tema yang berbeda, pertama yakni Donating Blood Is My Lifestyle dimoderatori Zaskia Ridyanti Putri dan dihadiri dr. Ludi Dhyani Rahmartani (Dokter Hematologi), Valencia Mieke Randa (Founder BloodForLife), Palmira Vidya Mumpuni (Founder Love Donation), Annisa Octiandri Pertiwi (Thalassemia Movement), Yudhinia Venkanteswari (Chairperson BloodForLife), dan Kila Shafia (Ambassador Love Donation 2017) sebagai pembicara.

love donation© dream.co.id

Sumber foto: YOTCA/Love Donation 2017

Mengutip data WHO, Yudhinia Venkanteswari mengatakan, setiap negara memiliki target dua persen dari jumlah penduduk untuk mendonorkan darah setiap tahunnya. Itu berarti, paling tidak Indonesia memiliki target 5,1 juta kantong darah dari kurang lebih 250 juta penduduk.

“ Tetapi, data Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukan hanya ada 4,6 juta kantong darah di Indonesia di 2016. Itu mengartikan banyak masyarakat Indonesia yang belum menjadikan donor darah sebagai gaya hidup,” tambahnya.

Berkaitan dengan acara yang mengangkat tema Thalassemia ini mengajak masyarakat untuk berbagi, salah satunya lewat donor darah.

Partisipasi PMI Cabang Sukabumi dalam acara ini pun tak sia-sia, selama dua hari Love Donation 2017 berhasil mengumpulkan 500 kantong.

Tak hanya itu, Love Donation 2017 juga menggelar aksi sosial donor darah di berbagai universitas di Jabodetabek dalam rangkaian acara Love Donation Campus Roadshow (LDCR).

Total kantong darah yang berhasil dikumpulkan Love Donation 2017 adalah sebanyak 1,195 kantong.

love donation© dream.co.id

Sumber foto: YOTCA/Love Donation 2017

“ Donor darah memiliki banyak manfaat. Secara medis, donor darah bisa mengurangi risiko serangan jantung, kanker, dan dapat menurunkan kolestrol. Secara non medis, kita bisa membantu orang lain melalui donor darah. You don’t have to be a doctor to save life,” ujar dr. Ludi Dhyani Rahmartani.

Talkshow kedua mengangkat tema seputar Gerakan Sosial Anak Muda dan Thalassemia yang dimoderatori drg. Dina Riani dan dihadiri oleh Rinie Amaluddin (Ketua Yayasan Thalassaemia Indonesia), dr. Martaviani B. (Dokter Spesialis Anak), Dhona Rifana (Thalassemia Survivor), Candra Septiani Putri (Koordinator Pusat Edukasi Tim Donor Darah Info), Jonathan Christianto (Mentor YOTCA), dan Chilla Kiana (Ambassador Love Donation 2017) sebagai pembicara.

“ Thalassemia Mayor merupakan penyakit genetik yang diturunkan dari pernikahan antara pasangan pembawa gen Thalassemia. Namun, banyak masyarakat yang belum sadar dirinya memiliki gen Thalassemia karena tidak ada perbedaan antara pembawa gen Thalassemia dan orang biasa. Untuk itu, perlu dilakukan screening darah sebelum menikah, untuk menghindari jumlah kelahiran dengan penyakit Thalassemia Mayor,” jelas dr. Martaviani B.

Billy Boen selaku Founder of Young On Top mengatakan dengan adanya YOTCA yang sudah berdiri dan aktif sejak 2011 dapat memberikan mindset berbeda ke generasi muda Indonesia dan masyarakat umum mengenai pentingnya menjadi pendonor darah dan give back ke masyarakat umum.

“ Khususnya kepada pihak yang membutuhkan kantong darah,” tegas Billy.

Meramaikan acara Love Donation 2017 yang menyuguhkan talkshow dan donor darah akbar pada Minggu lalu, komunitas YOTCA menghadirkan Soulvibe, Kila Shafia, Cakra Khan, Chilla Kiana, BLINK, Bintang Timur, JKTMOVEIN, dan artis papan atas lainnya sebagai hiburan.

Tidak sampai di situ, Love Donation 2017 juga melakukan aksi penggalangan donasi #KitaUntukThalassemia hingga 26 Februari 2017.

Bekerjasama dengan Kitabisa.com, penggalangan donasi dibuka melalui website  https://kitabisa.com/KitaUntukThalassemia dan rekening BCA 878.011.6847 atas nama Billy Boen dengan menyertakan angka 005 di akhir jumlah donasi.

Donasi yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada Yayasan Thalassaemia Indonesia untuk membantu pengobatan dan transfusi darah para penderita Thalassemia.

Beri Komentar