10 Makanan Sehat untuk Usus dan Organ Pencernaan yang Mengandung Banyak Gizi

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 2 Juni 2020 14:13
10 Makanan Sehat untuk Usus dan Organ Pencernaan yang Mengandung Banyak Gizi
Untuk menjaga kesehatan usus, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang dapat memperbaiki dan memperkuat lapisan usus, salah satunya yang mengandung probiotik.

Dream – Bakteri baik di dalam usus sebenarnya bermanfaat untuk proses pencernaan yang optimal, penyerapan nutrisi, dan eliminasi. Bakteri baik juga akan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Banyak penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan kebutuhan yang diperlukan usus kita. Untuk menjaga kesehatan usus, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang dapat memperbaiki dan memperkuat lapisan usus, salah satunya yang mengandung probiotik.

Probiotik adalah bakteri baik bagi usus yang sehat, sedangkan prebiotik adalah makanan untuk probiotik. Probiotik ini juga membutuhkan makanan untuk melakukan fungsinya di dalam usus.

Kali ini Dream akan mengulas tentang makanan sehat untuk usus dan organ pencernaan yang direkomendasikan oleh ahli gizi makanan. Melansir dari Healthline, berikut 10 makanan sehat untuk usus:

1 dari 5 halaman

Kubis Putih dan Asparagus

 Ilustrasi© Pixabay

Kubis Putih

Makanan sehat untuk usus menurut ahli gizi, yang pertama adalah kubis putih. Kandungan serat yang tinggi di dalam kubis dapat memerangi perut kembung dan gangguan pencernaan dengan menjaga sistem pencernaan tubuh kamu. Kamu perlu mengonsumsi kubis yang segar ya Sahabat Dream.

Asparagus

Makanan sehat untuk usus yang juga direkomendasikan adalah asparagus. Asparagus ini berfungsi sebagai prebiotik, karena mengandung kadar insulin serat yang tidak dapat dicerna, yang memberi makan bakteri baik seperti bifidobacterial dan lactobacilli.

Asparagus juga memiliki kadar vitamin B yang tinggi dan juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah peradangan pada usus. Kamu bisa mengonsumsi asparagus dengan kondisi yang segar dan masih mentah untuk efek prebiotic yang maksimal.

2 dari 5 halaman

Nanas dan Bawang Bombay

 Ilustrasi© Pixabay

Nanas

Nanas juga merupakan makanan yang sehat untuk usus dan organ pencernaan menurut para ahli gizi. Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai bantuan pencernaan, membantu memecah protein dari molekul makanan besar menjadi peptide yang lebih kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat melawan rasa sakit dan peradangan di seluruh tubuh. Enzim ini juga dapat mengurangi sekresi sitokin proinflamasi yang dapat merusak lapisan usus kita. Kamu bisa mengonsumsi nanas secara langsung, atau dibuat smoothies dan jus terlebih dahulu.

Bawang Bombay

Makanan sehat untuk usus yang juga disarankan adalah bawang. Bawang mentah mengandung sumber prebiotic dan mengandung quercetin atau antioksidan yang kuat untuk memerangi radikal bebas yang merusak tubuh.

Bawang juga mengandung kromium yang mampu meningkatkan produk insulin dan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh manusia.

Kamu bisa mengonsumsi bawang Bombay dengan cara diiris tipis dan dimakan bersama salad, saus, dan juga bisa ditambahkan ke dalam burger.

3 dari 5 halaman

Bawang Putih dan Kaldu Tulang

 Ilustrasi© Pexels

Bawang putih

Bawang putih juga menjadi makanan sehat untuk usus dan organ pencernaan. Selain bawang Bombay, bawang putih ini juga merupakan makanan prebiotik yang baik dengan kadar insulin tinggi, yang mana cocok untuk makanan bakteri baik di dalam usus.

Bawang putih mengandung banyak nutrisi, seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, dan banyak senyawa aktif seperti allicin.

Allicin ini merupakan zar penangkal penyakit yang kuat. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah di campurkan ke dalam makanan.

Kaldu tulang

Makanan sehat untuk usus selanjutnya adalah kaldu tulang, yang mana bisa membantu menyembuhkan lapisan usus. Kaldu tulang juga mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan respon peradangan yang sehat.

Kaldu tulang mengandung berbagai mineral dan senyawa penyembuhan, seperti gelatin, kolagen, dan asam amino prolin, glutamin, dan arginin. Senyawa tersbeut dapat membantu menyegel lapisan usus, mengurangi permeabilitas, melawan peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan.

Kamu bisa mengonsumsi kaldu ayam dengan sup sayuran untuk santapan makan siang yang nikmat.

4 dari 5 halaman

Cuka Apel dan Kimchi

 Ilustrasi© Pixabay

Cuka sari apel

Makanan sehat untuk usus selanjutnya adalah cuka sari apel, karena dapat membantu memecah serta mencerna makanan dengan menstimulasi cairan pencernaan, juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Cuka apel juga bersifat antivirus dan antimikroba, serta dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di saluran pencernaan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun yang berlebihan.

Cuka apel berperan penting dalam mendukung mikrobioma dan menjaga sisitem kekebalan tubuh yang sehat. Cara mengonsumsinya, tambahkan cuka sari apel ke saus salad atau sayuran sebelum dipanggang.

Kimchi

Kimchi adalah makanan yang terkenal di Korea Selatan. Proses fermentasi sayuran yang digunakan untuk membuat kimchi tidak hanya meningkatkan rasanya, namun juga menghasilkan kultur probiotik hidup dan aktif yang mampu meningkatkan kerja usus.

Kimchi mengandung serat dan antioksidan kuat, secara alami kimchi bisa mendetoksifikasi tubuh kita. Kimchi bisa kamu makan sebagai lauk nasi atau lauk pendamping lainnya.

5 dari 5 halaman

Jahe dan Dandelion Hijau

 Ilustrasi© Pexels

Jahe

Makanan sehat untuk usus selanjutnya adalah jahe, yang dapat membantu menenangkan perut, meredakan mual, dan meringankan penyakit di usus. Selain sebagai sumber vitamin C yang tinggi, jahe juga kaya akan magnesium, kalium, tembaga, dan mangan. Sehingga jahe bermanfaat untuk mencegah perut kembung.

Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan menambahkannya ke dalam the hangat, atau menggunakannya sebagai aroma ekstra di minuman dan makanan.

Dandelion hijau

Dandelion hijau adalah salah satu makanan yang mampu mendetoksifikasi tubuh. Makanan ini juga kaya akan nutrisi, serat, antioksidan, dan manfaat prebiotic yang dapat membantu tubuh tetap sehat dan kaut untuk menjalankan aktivitas.

Dandelion hijau juga mengandung vitamin A dan vitamin K, kalsium, dan zat besi, menjadi salah satu tambahan favorit untuk jus.

Itulah 10 makanan sehat untuk usus dan organ pencernaan yang bisa kamu aplikasikan dalam makananmu sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya Sahabat Dream.

Beri Komentar