5 Jenis Makanan yang Bisa Mempercepat Proses Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 16 Juli 2021 19:35
5 Jenis Makanan yang Bisa Mempercepat Proses Penuaan
Kurangi konsumsi makanan ini agar tetap awet muda.

Dream - Penuaan dini merupakan masalah kulit yang tidak dapat diatasi ketika sudah dialami. Kamu hanya bisa mencegah penuaan agar tidak terjadi lebih cepat dari seharusnya.

Produk anti penuaan sejatinya tidak hanya digunakan ketika kondisi kulit mulai menua. Produk tersebut juga bisa digunakan sebelum penuaan terjadi agar kulit tetap awet muda ketika memasuki usia paruh senja.

Terlepas dari pemakaian produk anti penuaan, kamu juga harus menjalani pola hidup sehat untuk bisa mendapatkan wajah awet muda. Salah satunya adalah dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Bright Side, berikut jenis makanan yang bisa mempercepat proses penuaan dan harus dihindari agar wajah awet muda.

1 dari 2 halaman

Makanan manis

Makanan Manis© Pexels.com

Makanan manis merupakan salah satu pemicu utama berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga penuaan dini. Kulitmu akan lebih mudah mengendur, timbul kerutan, dan lain-lain.

Kandungan gula dalam makanan bisa menghancurkan kolagen yang membuat wajah lebih kenyal dan awet muda. Sehingga jika ingin wajah lebih sehat, kamu harus mengurangi konsumsi makanan manis.

Lemak jenuh

Lemak jenuh bisa menghambat peredaran darah yang menuju pada kulit. Sehingga, kulitmu akan terlihat lebih kusam dan mudah bermasalah.

Hindarilah makanan cepat saji, gorengan, margarin, dan lain-lain agar kulit terlihat awet muda serta bebas dari kerutan maupun tanda penuaan lainnya.

2 dari 2 halaman

Makanan tinggi garam

Tidak hanya yang manis, makanan dengan kadar garam tinggi juga bisa mempercepat munculnya tanda penuaan seperti kerutan.

Ini disebabkan oleh sifat garam yang menyerap air. Sehingga, kulit maupun tubuhmu akan mengalami pembengkakan dan dehidrasi.

Jadi, kurangi konsumsi keju, pizza, keripik kentang, biskuit, sereal, dan makanan tinggi garam lainnya agar kulitmu tetap sehat serta terbebas dari penuaan dini.

Olahan daging

Hot Dog© Pexels.com

Umumnya, olahan daging seperti sosis mengandung garam yang tinggi. Sehingga, kamu bisa mengalami dehidrasi dan peradangan.

Bahkan, olahan daging juga bisa mengurangi kadar vitamin C pada tubuh dan mengganggu produksi kolagen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit.

Gantilah makanan olahan daging dengan telur, ayam, atau ikan segar agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Minuman atau makanan tinggi kafein

Kafein bersifat diuretik dan menyerap kelembapan tubuh. Jadi, kulit pun akan lebih mudah mengering dan sensitif.

Kurangilah konsumsi makanan tinggi kafein seperti kopi dan teh. Kamu juga bisa mencegah dampak buruknya dengan minum air lebih banyak.

Beri Komentar