7 Fakta Unik Seputar Es Krim

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 12 Agustus 2015 17:32
7 Fakta Unik Seputar Es Krim
Es krim ternyata memiliki sejarah panjang dari penciptaan dan evolusinya. Tak ayal bila ada banyak cerita menarik seputar penganan yang satu ini.

Dream - Es krim adalah makanan yang digemari orang dari berbagai lapisan usia. Es lembut dengan aneka rasa ini dijamin mampu membuat 'jatuh hati' para penikmatnya.

Namun tahukah Anda? Es krim ternyata memiliki sejarah panjang dari penciptaan dan evolusinya. Tak ayal bila ada banyak cerita menarik seputar penganan yang satu ini.

Dilansir dari situs Policymic, Rabu 12 Agustus 2015, berikut 7 fakta unik seputar es krim yang menarik untuk diketahui.

1. Sejarah penemuan es krim
Sejarah penemuan es krim ternyata memiliki banyak versi. Pertama, es krim kemungkinan ditemukan pada masa Kaisar Romawi Nero yang hidup di abad 54 sebelum Masehi. Kala itu kaisar meminta pengawalnya untuk pergi ke pegunungan dan mengambil salju. Salju tersebut kemudian dicampur dengan nektar, buah dan madu untuk sajian sang kaisar.

Versi lain mengatakan, es krim berasal dari daratan Tiongkok. Tepatnya pada masa dinasti Raja Tang tahun 618 - 907. Saat itu Raja Tang meminta es dibawa ke istana untuk dijadikan hidangan. Es yang dimaksud berupa hasil fermentasi susu yang dipanaskan dan dicampur tepung.

Sementara adapula yang menganggap es krim muncul pertama kali di Amerika pada abad ke-19, seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Sebutan 'ice cream' berasal dari para kolonis Amerika.

2. Setiap warga Amerika bisa habiskan 20 liter es krim per tahun
Warga Amerika sangat gemar makan es krim. Rata-rata mereka bisa mengonsumsi es krim hingga 20 liter per tahun. Setara dengan lima galon susu.

3. Rasa vanila paling difavoritkan di seluruh dunia
Di antara banyak varian rasa es krim, ternyata yang paling difavoritkan di seluruh dunia adalah vanila. Rasa vanila menduduki 20 - 29 persen dari rasa yang ada. Diikuti dengan rasa cokelat.

4. Kontroversi penemu es krim cone
Es krim cone pertama kali diluncurkan pada gelaran World Fair 1904 di St. Louis. Namun kala itu setidaknya ada 7 pihak yang mengklaim diri sebagai penemu waffle kerucut untuk es krim. Salah satunya adalah Ernest Hamwi, vendor asal Suriah. Ia mengaku telah mengubah kue waffle menjadi wadah es krim.

5. Kerucut es krim terbesar di dunia
Tahukah Anda? Kerucut es krim terbesar di dunia ternyata berukuran tinggi 2,81 meter dan dibuat oleh Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti dari Italia. Kerucut terbesar itu dilapisi cokelat putih sebanyak 700 kilogram dan dihiasi 2.000 biskuit waffle bulat.

6. Es krim lebih disukai laki-laki
Menurut survei, laki-laki cenderung lebih memilih dan menyukai es krim sebagai makanan penutup ketimbang para perempuan.

7. Diberi nama es krim 'Sundae' karena semula dijual hanya pada hari Minggu
Nama 'Sundae' ternyata berasal dari 'Sunday' yang berarti Minggu. Dahulu es krim Sundae dijual di Amerika hanya pada hari Minggu. Beberapa pedagang menambahkan sirup di atas es krim dan memberi sebutan 'Ice Cream Sunday'. Lama-kelamaan huruf 'y' berganti dengan 'e' dan berlaku hingga saat ini. (Ism) 

 

Beri Komentar