Aneka Makanan Ringan Kentang Goreng dari Berbagai Negara

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 31 Juli 2019 11:46
Aneka Makanan Ringan Kentang Goreng dari Berbagai Negara
Kentang goreng dari berbagai negara ini unik-unik, lho!

Dream - Kentang goreng menjadi salah satu makanan ringan yang paling banyak dijumpai di berbagai belahan dunia. Makanan ringan yang satu ini sering disebut dengan Fries, dan produknya yang paling terkenal ialah French Fries dari Prancis.

Makanan ringan yang berbahan dasar kentang ini sangat digemari berbagai kalangan. Bahkan banyak restoran yang menggunakan menu makanan ringan yang satu ini di dalam daftar menu mereka.

Rasanya yang enak dan gurih memang bikin nagih. Hampir setiap negara memiliki olahan makanan ringan kentang goreng khas negara itu.

Misalnya saja French Fries, yang sangat terkenal. Selain French Fries, ada banyak lagi makanan ringan kentang goreng yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Seperti makanan ringan kentang goreng di bawah ini:

1 dari 6 halaman

Makanan Ringan Viennese Pizza dari Italia

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Pizza biasa disajikan dengan topping yang unik dan menarik, seperti jenis pizza satu ini yang menggunakan topping kentang goreng.

Pizza ini diberi nama Viennese Pizza, berasal dari Italia yang terkenal dengan sajian pizzanya.

Salah satu restoran yang menggagas ide pizza kentang goreng ini ialah 400 Gradi yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai negara. Untuk bisa menikmati makanan ringan unik ini, Sahabat Dream tak perlu jauh-jauh ke Italia, dan cukup datang ke cabang 400 Gradi di negara terdekat.

Penyajian makanan ringan kentang goreng dalam pizza ini tidak terlalu muluk, cukup dengan menambahkan kentang goreng di atas topping pizza dan menambahkan topping lain sesuai selera, kemudian memanggangnya.

2 dari 6 halaman

Makanan Ringan Lomo Saltado dari Peru

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Salah satu makanan ringan yang terkenal di Meksiko, dan Peru, ini juga berbahan dasar kentang goreng. Bedanya, kentang goreng yang sudang digoreng, diberi tambahan saus yang terbuat dari daging cincang, tomat, dan bawang.

Saus ini akan dituangkan ke atas kentang goreng yang hangat. Masakan kentang goreng ini juga bisa ditambahkan dengan saus kedelai, cuka apel, dan oregano sesuai dengan selera masing-masing. Daging cincang yang digunakan bisa diganti dengan jamur atau sayuran tambahan lain.

Makanan ringan ini juga sangat cocok dijadikan menu makanan bagi para vegan karena bahan-bahan yang digunakan sangat ramah vegan.

3 dari 6 halaman

Makanan Ringan The Chip Butty dari Inggris

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Makanan ringan yang terbuat dari kentang goreng selanjutnya berasal dari Inggris. Uniknya Chips Butty ini memadukan dua roti tawar dan kentang goreng yang dibentuk seperti sandwich. Untuk membuat makanan ringan yang satu ini sangat mudah.

Nicholas Hill, Kepala Chef di Old Fitzroy Restaurant, mengatakan untuk membuat makanan ringan ini, hanya diperlukan roti tawar yang teksturnya lembut, margarin, garam dan tentu saja kentang goreng.

Selain itu, untuk menambah cita rasa, kita bisa menambahkan berbagai bahan lain, seperti mayonais, telur goreng, dan daging cincang.

Menu makanan ringan yang satu ini bisa dibuat di rumah dengan mudah dan mengkreasikannya sesuai dengan selera masing-masing.

4 dari 6 halaman

Makanan Ringan Chipsi Mayai dari Tanzania

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Chipsi Mayai memiliki arti Kentang dan Telur, dua bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Menu makanan ringan ini berasal dari Tanzania dan menjadi menu favorit warga Tanzania untuk sarapan dan pengganti omelette.

Cara membuat makanan ringan kentang goreng ini sangat mudah, cukup dengan memotong kentang dan mencucinya bersih. Lalu menggorengnya bersama telur dan dibumbui dengan garam, dan lada. Biasanya Chipsi Mayai diberi tambahan saus tomat, dan bawang bombai untuk menambah cita rasa.

Makan ringan yang satu ini sangat mudah dibuat di rumah, jadi Sahabat Dream tak perlu jauh-jauh ke Tanzania untuk bisa merasakan makanan ringan mereka yang unik ini.

5 dari 6 halaman

Makanan Ringan Corndog dari Korea Selatan

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Kalau makanan ringan kentang goreng ini sudah tak asing lagi. Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjual makanan ringan asal negeri ginseng ini, karena kepopuleran makanan ini dan kerap muncul di drama Korea Selatan.

Kini, makanan ringan satu ini memiliki banyak varian yang unik. Umumnya makanan yang terbuat dari tepung jagung yang diisi dengan sosis dan keju, lalu diluarnya dilapisi kentang koreng yang dipotong kecil-kecil.

Corndog juga bisa diberi tambahan saus, mayonais dan bubuk cabai sesuai selera. Kalau bosan dengan corndog yang biasa, Sahabat Dream bisa mencoba berbagai varian lain yang tak kalah unik dan lezat.

6 dari 6 halaman

Makanan Ringan French-Canadian dari Kanada

 Makanan Ringan Kentang Goreng

Satu lagi makanan ringan kentang goreng yang wajib dicoba, kali ini berasal dari Kanada. French-Canadian Fries, menjadi makanan ringan yang merupakan hasil perpaduan antara kentang goreng dari Prancis atau French Fries dan bumbu khas Kanada.

Yang membuatnya berbeda dari French Fries ialah saus dan toppingnya. Kalau French Fries cukup diberi saus tomat dan mayonais, French-Canadian ini diberi saus khas Kanada yang unik lengkap dengan parutan kejunya yang menggugah selera. Tertarik untuk mencoba?

(ism, Sumber: SBS )

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham