Bahaya Minum Air Dingin Saat Kepedasan

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 18 November 2015 20:03
Bahaya Minum Air Dingin Saat Kepedasan
Air dingin memang terasa dapat menghilangkan rasa pedas lebih cepat. Namun ternyata cara ini salah dan berisiko buruk bagi kesehatan.

Dream - Makanan pedas banyak difavoritkan orang, terutama masyarakat Indonesia. Kalau sudah kepedasan, umumnya orang akan memilih untuk mengonsumsi air putih dingin agar rasa pedas segera lenyap dari mulut.

Air dingin memang terasa dapat menghilangkan rasa pedas lebih cepat. Namun ternyata cara ini salah dan berisiko buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari steptohealth.com, ketika makanan pedas masuk ke rongga mulut, hal ini akan menstimulasi daerah di rongga hidung dan faring. Sehingga jutsru akan membuat permukaan lidah merasakan efek semakin panas.

Namun, karena tingkat reseptor tiap orang berbeda, maka tingkat pedas yang dirasakan setiap orang pun berbeda.

Ketika mengonsumsi minuman dingin saat kepedasan, sensasi pedas memang akan cepat berkurang. Namun jangan salah, setelah itu rasa pedas akan bertambah berkali-kali lipat.

Oleh karena itu, saat merasa kepedasan Anda justru dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat.

Hal ini disebabkan makanan pedas mengandung senyawa bernama capsaicin yang akan larut jika bertemu air hangat. Sehingga rasa pedas akan cepat hilang. (Ism) 

1 dari 7 halaman

Hindari Terlalu Sering Makan Mie Pakai Nasi

Dream -  Sebagian dari kita ada yang menanggap bahwa belum makan kalau  belum menyantap nasi. Dan kadang ada juga yang menyantap nasi yang dicampur dengan mie instan. Rasanya memang enak. 

Nah, masalahnya tahukah kita bahwa di balik menyatunya dua makanan sumber karbohidrat dan kalori cukup tinggi ini dan ternyata kurang bagus bagi kesehatan, bila terlalu sering dan terus menerus.

Dalam beberapa kemasan mie, ada yang mengandung 310 kalori atau setara dengan satu porsi nasi ukuran sedang lengkap dengan lauk pendukung.  Tapi ada juga beberapa mie yang kadar kalorinya di bawah jumlah itu.  Jadi jika satu porsi mie yang kalorinya tinggi ditambah dengan seporsi nasi, maka asupan kalori dalam tubuh dapat mencapai 600-700 kalori, meski kebutuhan kalori harian manusia 2000, jika terlalu sering bisa bikin tubuh melar.

Rasanya yang enak dan tekstur kenyalnya memang membuat banyak orang jatuh hati pada mie. Mungkin ada baiknya mulai saat ini jangan terlalu sering, memeriksa apakah mie itu sesuai dengan standar SNI atau tidak,  atau mengganti 'pendamping' mie instan dengan sumber protein, serat dan vitamin lain seperti sayuran, telur hingga daging. 

Kandungan garam dan MSG yang sangat tinggi membawa pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jika memang ingin mengkonsumsi mie baiknya dibatasi satu atau dua minggu sekali saja atau dikombinasi dengan sayur-saruan. 

Sejumlah peneliti di Amerika Serikat juga pernah melakukan penelitian soal efek kurang baik bagi kesehatan jika mie dikonsumsi terlalu sering, sekitar 3 hingga 4 kali sepekan.

Pemimpin penelitian ini, Dr Shin, kepada Daily Mail Kamis 14 Agustus 2014, menyebutkan bahwa konsumsi yang sering itu dapat menaikkan resiko sindrom kardiometabolik. Karena selain pengawet, katanya, " Mie itu memiliki unsur kimia yang disebut sebagai bisphenol A."

Unsur itulah yang menganggu cara kerja hormon. Karena itu dia mengimbau agar tidak terlalu sering mengkonsumi mie.

Baca hasil penelitian ahli-ahli dari Harvard University di sini http://bit.ly/1ohKHLE

(Dari berbagai sumber)

2 dari 7 halaman

Rahasia Pembuatan Coca-Cola Terkuak

Dream - Kini, Anda bisa membuat sendiri minuman ringan legendaris ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Sebelumnya, rahasia formula membuat Coca-Cola sangat dijaga ketat. Namun bahan-bahan rahasia pembuatnya telah diketahui publik sejak 1993.

Rahasia itu terkuak setelah Mark Pendergrast untuk pertama kalinya mempublikasikan sejarah perusahaan dalam bukunya For God, Country & Coca-Cola.

Buku ini memiliki bab lampiran mengejutkan karena Pendergrast, entah bagaimana, secara tak sengaja melihat daftar bahan khusus yang dirahasiakan perusahaan.

Saat mencari arsip sejarah Coca-Cola di Atlanta, Pendergrast menemukan sisa-sisa buku formula milik Dokter JS Pemberton yang ternyata penemu minuman Coca-Cola.

Buku itu sangat berharga bagi perusahaan dan Pendergrast tak bisa percaya dia melihat dan memegangnya.

Menurut kisah, saat sakit dan akhirnya bangkrut, Pemberton menjual perusahaan dan formula Coca-Cola kepada orang yang sekarang dikenal sebagai pendirinya, Asa Candler. Pemberton meninggal pada 1,888 dalam keadaan miskin dan kecanduan morfin.

Buku tersebut pernah dipegang oleh John Turner, ahli farmasi yang sebelumnya bekerja magang di perusahaan Pemberton. Saat Turner meninggal di kota Columbus, tempat dia bekerja, buku itu ikut terbawa.

Pada 1940, anak Turner menunjukkan halaman dari buku yang mengandung formula Coke itu kepada dewan direksi perusahaan. Seorang anggota dewan bernama Harisson Jones kemudian membujuk anak Turner untuk menyerahkan buku tersebut kepadanya. Dan sejak itu, buku formula tersebut seolah lenyap ditelan Bumi.

Hingga saat Pendergrast menduplikatnya dan menuliskan formula Coke tersebut dalam bukunya. Inilah bahan-bahan Coca-Cola yang dilihatnya:

- Kafein Sitrat 1 oz
- Ekstrak Vanilla 1 oz
- Perisa 2.5 oz
- F.E. Coco 4 oz
- Asam Sitrat 3 oz
- Lime Juice 1 quart
- Gula 30lbs
- Air 2.5 Gallons
- Caramel secukupnya

Perisa:
- Minyak Orange 80
- Minyak Lemon 120
- Minyak Nutmeg 40
- Minyak Cinnamon 40
- Minyak Coriander 20
- Minyak Neroli 40
- Alkohol 1 quart (biarkan selama 24 jam)

Semua ukuran perisa menggunakan standar US Imperial dan banyaknya diukur dengan minimal yang berarti 1 mins sama dengan 1 tetes.

Minuman asli Coca-Cola yang dibuat pada abad 19 mengandung kokain tingkat rendah yang dihasilkan oleh daun coca dalam bentuk F.E. Coco. Hanya saja, daun coca sangat sulit didapat karena harus ada izin dari pemerintah Amerika Serikat.

Untuk itu Coca-Cola mempekerjakan Stepan Company di Illinois sebagai satu-satunya perusahaan AS yang secara hukum diperbolehkan untuk mengimpor daun koka yang masih mengandung kokain ke Amerika.

Stepan Company kemudian mengeluarkan kokain dari daun coca dan menjual daunnya ke perusahaan Coca-Cola.

Meski demikian, minuman ini masih bisa dibuat meski tanpa bahan penting yang membuatnya disebut Coca-Cola.

(Sumber: Mirror.co.uk)

3 dari 7 halaman

Begini Kondisi Kehidupan 35 Hari Ayam KFC Sebelum Digoreng

Dream - Untuk pertama kalinya konsumen KFC bisa menyaksikan kondisi ayam yang digunakan restoran cepat saji itu sebagai bahan makanan dalam sebuah film dokumenter produksi BBC.

Sekitar 1000 peternakan ayam di Inggris memasok 23 juta ayam ke KFC setiap tahunnya. Ayam-ayam itu tinggal di bangunan besar menyerupai gudang dengan sedikit jendela selama 35 hari, sebelum leher mereka dipotong.

Salah satu peternak bernama Andrew mengatakan ayam-ayam di peternakannya, yang berjumlah sekitar 34.000 ekor, hidup sehat dan diperlakukan dengan baik.

Andrew mengklaim ayam peliharaannya memiliki kehidupan yang baik dan sehat meski memang umurnya pendek.

" Seperti yang kalian lihat, mereka punya kaki yang bersih dan itu pertanda baik. Ayam-ayam ini sehat dan tumbuh dengan baik," kata Andrew dikutip Dream.co.id dari laman Daily Mail, Jumat 20 Maret 2015.

Ketika ayam-ayam ini mencapai besar yang ditentukan KFC, mereka dipotong menjadi 9 bagian dan ditaruh nampan besar. Selanjutnya nampan-nampan berisi ayam itu didistribusikan ke cabang-cabang KFC di Inggris.

Pihak KFC mengatakan semua pemasok mereka telah memenuhi bahkan melampaui syarat kesejahteraan binatang di Inggris dan Eropa.

" Kesejahteraan binatang sangat penting agar didapat ayam berkualitas tinggi dan itu penting untuk pelanggan kami. Semua pemasok KFC memenuhi bahkan melampaui persyaratan kesejahteraan di Inggris dan Uni Eropa," demikian pernyataan resmi KFC.

Begitu juga untuk KFC di beberapa negara-negara lainnya. Semuanya harus memenuhi standar utama, persyaratan ketat serta ketentuan yang berlaku di sana.

Begini Kondisi Kehidupan 35 Hari Ayam KFC Sebelum Digoreng© BBC

Sebagai salah satu penyedia makanan cepat saji yang paling populer di Inggris, KFC menjual hampir 400 potong ayam setiap menit.

Namun aktivis hak-hak binatang sempat menyebut kondisi ayam yang hidup di tengah kotoran mereka dan tumpukan serbuk gergaji sebagai penindasan.

" Ayam-ayam ini tidak memiliki kehidupan yang berarti. Mereka bertahan hidup di gudang tanpa jendela bercampur dengan bau amonia secara menyedihkan. Banyak yang mati karena kelaparan atau dehidrasi," kata Andrew Tyler, direktur organisasi perlindungan binatang Animal Aid.

Tyler menambahkan, sekitar 900 juta ayam dipelihara di dalam negeri setiap tahun dan sekitar 30 juta lebih mati di gudang.

Terkait hal itu, seorang juru bicara KFC mengatakan, KFC adalah restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikasi Red Tractor. " Kita miliki tempat yang kuat dengan standar kita sendiri, yang diaudit secara independen oleh pihak ketiga,"  

Episode pertama dari The Billion Dollar Chicken Shop tayang di BBC1 pada Rabu kemarin, waktu Inggris.

Seorang juru bicara BBC mengatakan, dokumenter itu menawarkan tampilan berimbang di KFC, salah satu bisnis paling dikenal di Inggris. Pertama kalinya kamera telah diizinkan akses ke KFC. (Ism) 

4 dari 7 halaman

5 Trik Halus Restoran `Rampok` Uang Pengunjung

Dream - Anda mungkin pernah makan di sebuah restoran dan terkejut karena harus membayar mahal. Padahal Anda merasa hanya memesan menu makanan yang harganya relatif murah.

Sebenarnya Anda bukanlah satu-satunya pelanggan yang pernah merasa dikuras uangnya saat menyantap makanan di restoran.  

Mengutip laman Foxnews, Jumat, 2 Oktober 2015, pemilik restoran ternyata mempunyai sebuah trik halus untuk mempermainkan pikiran pelanggannya. Dengan trik yang tak banyak disadari itu, banyak pelanggan terperdaya sehingga mereka tanpa sadar mengeluarkan lebih banyak uang:

Berikut adalah lima trik halus pemilik restoran menguras kantong pelangganya:

1. Menghilangkan tanda mata uang

Jika Anda pergi ke restoran-restoran asing di Indonesia atau pergi ke restoran di luar negeri, Anda akan menemui daftar harga makanan yang memakai mata uang dolar Amerika. Karena pemakaian mata uang terlihat memberatkan bagi pelanggan (makanan nampak jadi mahal), beberapa restoran secara sengaja menghilangkan tanda mata uang tersebut.

2. Tidak memasang daftar harga

Trik lainnya adalah tidak memasang daftar harga makanan, baik di buku menu atau papan yang biasa ditempel di dinding. Pelanggan harus benar-benar waspada dengan trik ini. Masalahnya, kita tidak tahu tagihan yang harus dibayar setelah selesai makan sehingga kita tidak punya estimasi tentang berapa uang yang akan kita keluarkan.

3. Menulis deskripsi menu sangat lengkap

Pemilik restoran yakin dengan menulis deskripsi yang sedikit lebih lengkap tentang menu makanan, selera pelanggan biasanya akan langsung tergugah. Meski sudah tahu harganya mahal, penjelasan rinci tentang menu tersebut membuat pelanggan akan tetap memesannya. Dorongan rasa penasaran ingin mencicipi rasanya biasanya menjadi pemicu utama. Jadi semakin banyak penjelasan tentang menu tersebut, apalagi jika dibumbui dengan kata-kata unik atau spesial, semakin Anda akan tertarik untuk memesannya.

4. Membuat Anda lebih dekat pada papan daftar harga

Semakin Anda dekat dengan daftar harga makanan yang tertempel di dinding atau neon box(jika di restoran cepat saji), semakin Anda tertarik untuk memesan lebih banyak. Restoran memang ahli psikologi. Semakin banyak daftar makanan yang ditulis -dengan harga yang tidak terpaut jauh antara satu menu dengan yang lainnya- semakin membuat Anda bingung memilihnya. Pada akhirnya, Anda akan memutuskan untuk memesan beberapa menu yang sebelumnya tidak ada dalam rencana pembelian.

5. Menciptakan menu untuk pelanggan spesifik

Dengan dukungan teknologi, restoran menciptakan menu untuk pelanggan spesifik. Salah satunya adalah menu yang hanya dijual melalui drive-thru atau aplikasi mobile. Penggunaan ponsel pintar semakin mendorong restoran untuk memanfaatkan teknologi untuk menarik banyak pelanggan.

5 dari 7 halaman

Hati-hati Beli Milo di Malaysia

Dream - Nestle Malaysia mendesak konsumen untuk hanya membeli produk Milo dari pengecer terkemuka di negara itu menyusul penyitaan Milo palsu baru-baru ini.

Dalam sebuah e-mail resmi ke laman The Star yang dikutip Dream.co.id, Kamis 19 Maret 2015, Nestle mengatakan sedang memobilisasi tim penjualan untuk mengidentifikasi produk palsu dan perusahaan akan terus bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang serta memberikan bantuan sedapat mungkin.

" Nestle menganggap masalah ini sangat serius karena pemalsuan produk merupakan kegiatan ilegal yang sengaja menyesatkan publik."

" Nestle tidak memiliki informasi tentang bagaimana Milo palsu diproduksi. Oleh karena itu kami tidak dapat berkomentar mengenai hal ini."

" Kami memahami bahwa sedang ada penyelidikan resmi berlangsung dan kami percaya pemerintah akan mengeluarkan informasi lebih lanjut setelah ini selesai," demikian pernyataan Nestle.

Pada Jumat 13 Maret lalu, petugas dari Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumerisme menggerebek sebuah tempat di Mantin, Negri Sembilan, dan menyita ribuan kotak Milo palsu senilai 250,000 ringgit.

Kepala Polisi Saifulbahri Abdul Kadir mengatakan tindakan hukum akan diambil terhadap sindikat pemalsu Milo tersebut.

Dia menambahkan bahwa para pejabat dari Nestle telah tiba di Seremban untuk memeriksa barang-barang yang disita.

" Mereka tiba pada hari Senin dan sedang melakukan analisis dan tes lebih lanjut pada sampel produk yang disita oleh kami," katanya saat dihubungi oleh The Star.

Dalam penggerebekan itu, polisi menangkap enam pekerja asal Myanmar.

Saifulbahri mengatakan 1.000 kotak kosong, 50.000 bungkus plastik kosong, mesin berat, printer dan printer penomoran juga disita.

Untuk mengetahui perbedaan antara Milo asli dan palsu, Nestle mengatakan ada perbedaan yang mencolok dalam rasa.

" Milo asli memiliki rasa krim cokelat yang manis dan juga berwarna lebih gelap bila dicampur dengan air. Sementara yang palsu memiliki rasa kakao yang kuat dan sedikit pahit."

" Kemasan palsu nampak sangat mirip dengan kemasan asli. Satu perbedaannya adalah bahwa kemasan Milo asli adalah dikemas dan dipotong dengan mesin. Dengan demikian, bagian tepi atas kotak asli tidak akan memiliki perforasi yang sempurna," kata Nestle.

Ketika ditanya apa saja bahan dalam Milo palsu dan apakah itu (palsu Milo) berbahaya untuk dikonsumsi, Nestle mengatakan perusahaan tidak memiliki informasi tentang bagaimana palsu Milo diproduksi, dan karena itu tidak dapat berspekulasi mengenai itu.

6 dari 7 halaman

10 Bahan Makanan Paling Mematikan

Dream - Ada beberapa bahan makanan aneh di seluruh dunia yang sangat berbahaya. Jika memakannya bisa jadi membuat Anda sakit atau bahkan meninggal dunia.

Beberapa pembawa penyakit mematikan dan bakteri, sementara yang lain mengandung bisa dan racun.

Beberapa bahan makanan mungkin dilarang untuk dikonsumsi di negara-negara tertentu. Namun sebagian besar bahan makanan berbahaya akan aman jika diolah dan dimasak dengan benar.

Berikut ini 10 bahan makanan yang jika tidak diolah dengan benar akan membahayakan nyawa yang mengonsumsinya versi therichest.com. Cek halaman berikutnya!

7 dari 7 halaman

Heboh Toko Roti di Thailand Jual 'Potongan Tubuh Manusia'

Dream - Umumnya roti dijajakan dalam bentuk potongan-potongan cantik yang dikemas rapi dalam plastik. Namun di toko unik ini, roti jadi memiliki tampilan yang tak lazim.

Sebuah toko roti asal Thailand, milik pria bernama Kittiwat Unarrom, membuat heboh publik di sana lantaran menjual roti dengan berbagai macam bentuk potongan tubuh manusia. Mulai dari potongan kepala, tangan, kaki, hingga organ dalam tubuh manusia.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Senin 27 Juli 2015, untuk mencari inspirasi agar roti-roti buatannya memiliki tampilan yang otentik, Kittiwat Unarrom mengaku harus mempelajari terlebih dahulu bentuk anatomi tubuh.

Sebelum membuat inovasi roti 'anatomi tubuh' itu ia bahkan sempat mengunjungi museum forensik untuk mendapatkan gambaran detail mengenai organ-organ tubuh manusia.

" Untuk menambah dekorasi tampilan agar detailnya terlihat sesuai dengan aslinya, terkadang saya menggunakan kacang mete atau kismis," terang Kittiwat.

Meski terlihat mengerikan, roti-roti berbentuk potongan tubuh manusia buatan Kittiwat ini justru laris karena dianggap sangat unik. Kelezatannya pun diakui oleh para pelanggan yang datang. " Tenang, meskipun mengerikan roti ini bisa dimakan dan memiliki rasa yang lezat," kata pria yang sudah 10 tahun menggeluti usaha roti itu.

Kini, toko roti Kittiwat yang terletak di kawasan Ratchaburi Thailand itu menjadi populer. Tak hanya masyarakat setempat, turis-turis dari berbagai negara yang datang ke Thailand pun banyak yang penasaran ingin mencicipi roti 'mengerikan' buatan Kittiwat.

Beri Komentar