`Belum 5 Menit` Makanan Jatuh, Mitos atau Fakta?

Reporter : Sandy Mahaputra
Minggu, 12 April 2015 07:04
`Belum 5 Menit` Makanan Jatuh, Mitos atau Fakta?
Bukan cuma di Indonesia, aturan tersebut ternyata juga dipercaya oleh sebagian penduduk dunia lainnya.

Dream - Jika Anda mengira aturan 'belum lima detik' saat makanan terjatuh hanya ada di Indonesia, Anda salah. Sebab, aturan tersebut ternyata juga dipercaya oleh sebagian penduduk dunia lainnya.

Menurut aturan tersebut, makanan yang jatuh sebelum lima detik masih aman untuk dimakan, jika lebih dari itu lebih baik dibuang. Namun berdasarkan ahli gizi, aturan tersebut ternyata hanya mitos.

" Tidak ada aturan soal 'belum lima detik' itu. Itu hanya mitos belaka dan kami tidak merekomendasikan untuk melakukannya (mengambil makanan yang jatuh)," kata ahli gizi Australia Rachel Williams kepada Daily Mail dikutip Dream, Sabtu 11 April 2016.

Namun aturan itu mungkin tergantung pada jenis makanan yang jatuh, seperti masih dengan kulitnya atau pembungkusnya.

Semuanya tergantung dari bakteri yang sangat suka berkembang di tempat yang lembab.

" Jika makanan basah yang jatuh, maka akan berbahaya karena mudah sekali bagi bakteri untuk berkembang di dalamnya," tambahnya.

Sebaliknya, jika makanan kering yang jatuh sulit bagi bakteri untuk bisa berkembang. Di antara jenis makanan yang dianggap kering adalah biskuit, keripik, kacang dan beras. Sementara jenis makanan basah seperti daging, produk berbahan susu dan nasi. (Ism) 

Beri Komentar
Anak Millenial Wajib Tahu, Ini Tips Umroh Tenang Tanpa Utang