Ceker Ayam Bakal Jadi Menu di KFC China

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 8 Agustus 2022 13:24
Ceker Ayam Bakal Jadi Menu di KFC China
Munculnya menu ceker ayam bukan karena masyarakat China terbiasa menyantapnya, tapi karena alasan ekonomi dan bisnis.

Dream - Potongan daging ayam, mulai dari paha, sayap, dada atas dan bawah selalu jadi menu favorit banyak orang di Kentucky Fried Chicken (KFC). Potongan tesebut dilumuri dengan tepung yang sudah dicampur dengan bumbu rahasia.

Siapa sangka kalau KFC dalam waktu dekat akan menghadirkan menu baru berupa ceker ayam yang sebelumnya tak ada. Menu tersebut hanya akan tersedia di KFC China.

Munculnya menu ceker ayam bukan karena masyarakat China terbiasa menyantapnya, tapi karena alasan ekonomi dan bisnis. Menurut CNN Business, lonjakan harga minyak dan makanan di China dan secara global, telah secara signifikan meningkatkan biaya bisnis.

Joey Wat, CEO Yum China, perusahaan yang memiliki jaringan KFC, Pizza Hut dan Taco Bell di China, mengatakan kenaikan harga komoditas disiasat dengan pemanfaatan penuh pada bahan baku ayam.

1 dari 4 halaman

Wat menambahkan bahwa ini berarti menggunakan " setiap bagian" dari ayam, kecuali bulunya. Bisnis restoran saat ini menurutnya sedang mengalami masa-masa sulit.

kfc© mothership

Hal tersebut merupakan dampak dari pandemi Covid-19 dan efek lock down di China yang sangat memengaruhi bisnis restoran. Wat mengungkap bahwa perusahaan telah mengambil tindakan untuk memotong biaya, termasuk memutar kembali iklan dan pemasaran dan meminta pemilik tanah untuk keringanan sewa.

Dia juga berjanji untuk tidak melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) stafnya tahun ini. Yum China diketahui mempekerjakan sekitar 450.000 orang. Seiring dengan janji tidak menaikkan harga makanan, tak ada PHK, maka penjualan cara memangkas biaya adalah memanfaatkan setiap bagian dari ayam.

Termasuk menjual kaki ayam versi KFC. Kebijakan menjual menu kaki ayam ini hanya diterapkan di KFC China saja.

Sumber: Mothership

2 dari 4 halaman

Penyebab KFC Jepang Terpaksa Tak Jual French Fries

Dream - Saat Sahabat Dream pergi ke restoran cepat saji, makanan apa yang paling sering dipesan? Mungkin jawabannya bukan hanya ayam tepung nan garing, tapi juga kentang goreng renyah kaya bumbu.

Penyebab KFC Jepang Terpaksa Tak Jual French Fries© MEN

Jika berada di Jepang, siap-siap akan sulit menemui kentang goreng atau french fries terutama saat mendatangi KFC (Kentucky Fried Chicken). Dilansir Soranews24, KFC Jepang mengumumkan bahwa mereka kehabisan kentang.

Pada poster yang beredar, mengatakan bahwa restoran KFC benar-benar kehabisan kentang, sehingga harus berhenti menjual kentang goreng sampai bisa mendapatkan pasokan kentang, yang akan memakan waktu berminggu-minggu.

 

3 dari 4 halaman

Penyebabnya tak lain tak bukan adalah karena pandemi Covid-19. Kondisi pandemi berdampak pada industri perkapalan dan logistik, serta terganggunya jalur pasokan kentang KFC Jepang. Hal ini memaksa perusahaan untuk mulai menangguhkan penjualan kentang goreng mulai Jumat pekan lalu.

KFC Jepang ini berharap dapat mulai menjual kentang goreng lagi pada 21 Oktober mendatang, meskipun harapan tersebut masih sangat kecil. Hilangnya kentang goreng KFC tentu saja membuat penggemarnya berkomentar. Hal ini bahkan jadi pembahasan di Twitter.

" Itu benar. Saya pergi ke KFC dan semua kosong," ungkap salah satu warganet di Twitter, membahas french fries KFC Jepang yang 'menghilang'.

“ Ini sangat mengejutkan membuat saya terguncang pada tingkat emosional," ungkap warganet lainnya.


Laporan Syifa Putri Naomi

4 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

Beri Komentar