Cerita Hidangan Kwetiauw Jadi Sajian Halal

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 17 Februari 2020 08:48
Cerita Hidangan Kwetiauw Jadi Sajian Halal
Tumisan bumbu bawang, minyak ikan, minyak wijen dan bahan campuran lainnya, membuat aroma hidangan ini bikin 'melayang'.

Dream - Bagi Sahabat Dream penggemar chinese food, pasti sudah tak asing lagi dengan hidangan kwetiauw. Mi pipih yang terbuat dari tepung beras, rasanya begitu legit dengan tekstur yang kenyal.

Tumisan bumbu bawang, minyak ikan, minyak wijen dan bahan campuran lainnya, membuat aroma hidangan ini bikin 'melayang'. Kamu termasuk penyuka kwetiauw? Tahu cerita asal muasalnya?

Mi kenyal ini masuk ke nusantara bersama dengan masuknya warga Tionghoa. Tepatnya ratusan tahun yang lalu. Konon, sebelum dinikmati masyarakat luas makanan ini dikhususkan untuk para buruh lokal.

Bahannya memang sangat mudah ditemukan di pasar. Tak heran hidangan ini merupakan menu yang kerap disajikan untuk para nelayan dan juga petani. Di negara asalnya, kwetiauw terbagi menjadi dua golongan.

 

1 dari 5 halaman

Dibuat Versi Halal

Ada khas Hokian dan Tio Ciu. Kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Hokkian adalah kwetiau yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Sementara, kwetiau dari etnis Tio Ciu adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya.

 Kwetiauw© Liputan6

Ketika masuk ke Indonesia, kwetiauw mengalami penyesuaian bahan karena budaya dan latar agama yang cukup berbeda. Sehingga, toping kwetiauw yang semula menggunakan daging babi diganti dengan suwiran ayam, atau tetap menggunakan daging sapi ataupun jeroan.

Baca cerita lengkapnya di Diadona.id

2 dari 5 halaman

Nasi Goreng Tak Terlalu Berminyak, Coba 4 Trik Ini

Dream - Nasi goreng boleh dibilang salah satu menu favorit orang Indonesia. Tak hanya orang Indonesia, menu dengan bahan utama nasi ini juga terkenal di kalangan turis bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Sajian ini termasuk menu yang cukup mudah dimasak. Kerap ada di menu hotel bintang lima hingga kaki lima.

 © Dream

Kualitas rasanya juga beragam dan sangat bergantung dari teknik memasaknya. Nasi goreng yang enak adalah yang takaran bumbunya pas, teksturnya tak terlalu lembek dan tentunya tak banyak minyak.

Makan nasi goreng yang banyak minyak tentunya sangat tidak enak. Nah, ada trik memasak nasi goreng nikmat meski tanpa banyak minyak.

3 dari 5 halaman

Wajan Tebal

Wajan dari besi yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi goreng yang dimasak pun tidak akan mudah menggumpal.

  Resep Kreasi Nasi Goreng Tom Yam © MEN

Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan kita membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

4 dari 5 halaman

Tambahkan Bahan yang Teksturnya Kering

Jika akan menggunakan sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak.

 Resep Nasi Goreng Sehat Ala Chef Marinka© MEN

Bila menggunakan telur, kita bisa memasukkan telur setelah bumbu ditumis agar serapan minyaknya bisa lebih sempurna.

5 dari 5 halaman

Gunakan Api Besar

Bila melihat abang-abang penjual nasi goreng keliling, kita sering menjumpai proses memasak nasi goreng dengan api besar.

 Diracik 150 Koki, Nasi Goreng Bakal Manjakan Lidah Raja Salman© MEN

Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat kita menggunakan api yang cenderung besar. Tapi bila kita khawatir nasi akan cepat gosong, kita bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng.

Kita bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa membantu mencegah nasi goreng agar tidak terlalu berminyak.

 Jangan Bingung Lagi, Ini Lho Bedanya Mentega dan Margarin© MEN

Hanya mungkin rasanya memang akan jadi lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin