Coba Bikin Tempe Rasa Baru, Pakai Kacang Edamame

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 17 Januari 2022 08:12
Coba Bikin Tempe Rasa Baru, Pakai Kacang Edamame
Penasaran cara membuatnya?

Dream - Tempe termasuk bahan pangan favorit, karena level proteinnya yang tinggi dan rasanya yang nikmat. Bisa juga dijadikan menu campuran untuk makanan pendamping ASI (MPASI).

Bahan utama untuk membuatnya adalah kacang kedelai, tapi sebenarnya tempe bisa dibuat dengan kacang jenis lain. Salah satu yang mungkin tak pernah terpikirkan adalah kacang edamame.

Dennis Guido, pemilik akun Instagram @naktekpang, yang seorang food scientist melakukan eksperimen membuat tempe dari edamame. Penasaran seperti apa? Siapkan alat-alat dan bahan berikut.

Tempe Edamame© Instagram @naktekpang

Alat:
-Baskom
-Panci
-Kompor

Bahan:
-Air
-Edamame
-Ragi

1 dari 4 halaman

Cara membuat:

- Kupas edamame dari kulit luar
- Rendam edamame selama 8 jam (Perbandingan air 1:3)
- Kupas kulit ari dari edamame
- Rebus edamame selama 40 menit
- Kukus edamame selama 30 menit
- Diamkan edamame hingga suhunya turun
- Tabur ragi sebanyak 2% berat kacang dan ratakan
- Kemas edamame dalam kemasan
- Fermentasi selama 48 jam

Berikut videonya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dennis Guido (@naktekpang)

2 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

3 dari 4 halaman

Keunikan Tempe 'Unicorn' Warna-warni Bikin Penasaran

Dream – Tempe termasuk hidangan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang jadi salah satu sumber protein nabati ini banyak dikreasikan jadi sajian lezat. Seperti sate tempe, steak hingga keripik.

Warna tempe sangat tergantung dari bahan utamanya yaitu kedelai. Pernahkah Sahabat Dream melihat tempe warna-warni? Akun Instagram @tempehgrenada memperlihatkan keindahan tempe dalam warna yang begitu beragam.

Akun tersebut dikelola oleh Putri, orang Indonesia yang tinggal di Grenada, Karibia. Ia menyebut @tempehgrenada sebagai tempe artisan. Beragam tempe dibuatnya dengan mengandalkan bahan-bahan alami yang ada di Grenada.

Salah satu tempe yang mencuri perhatian adalah Tempe Unicorn. Merupakan tempe yang dibuat dari dengan kedelai yang diwarnai dengan bahan alami.

Tempe Unicorn© Instagram @tempehgrenada

Warna hijau diperoleh dari daun pandan yang digunakan untuk mewarnai hijau pada kedelai. Lalu warna ungu, didapatkan dari bunga Butterfly Pea. Untuk warna kuning didapatkannya dari kuning. Warna tersebut di-infused pada kedelai untuk kemudian dibuat tempe.

Hasilnya tampak seperti tempe pelangi yang memiliki empat warna dalam satu papan. Sangat cantik!

Tempe Grenada© Instagram @tempehgrenada

“ Warna tidak hanya indah tetapi juga membuat kita semua bahagia. Dan setiap kali kamu merasa bahagia, kamu menghasilkan endorfin yang membuat dirimu merasa positif. -Grenada Karibia,” tulis @tempehgrenada.

 

4 dari 4 halaman

Ada juga tempe yang terbuat dari campuran kedelai dan labu. Hasilnya sangat tak diduga begitu dipotong, jadi perpaduan warna yang apik. Jika kamu penasaran apakah tempe ini bisa dimakan?

Tempe Labu© Instagram @tempehgrenada

Tentu saja bisa dimakan karena berasal dari bahan alami. Bisa ditumis, digoreng, dijadikan lasagna atau dimasak sesuai selera.

 


Laporan: Angela Irena Mihardja

Beri Komentar