Geger Minyak Zaitun Palsu

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 5 Januari 2016 12:16
Geger Minyak Zaitun Palsu
Skandal minyak zaitun palsu ini diketahui melibatkan sembilan produsen makanan dan minuman terkenal di Italia.

Dream - Italia tengah digegerkan dengan peredaran minyak zaitun palsu. Sembilan merek top minyak zaitun yang sudah lama populer di kalangan masyarakat Italia, bahkan beredar pula di beberapa negara, diduga palsu.

Skandal minyak zaitun palsu ini diketahui melibatkan sembilan produsen makanan dan minuman terkenal. Mereka sedang diselidiki karena diduga menipu konsumen dengan memproduksi minyak zaitun dengan kualitas kemurnian melewati batas rendah.

Dugaan penipuan ini pertama kali ditemukan oleh sebuah majalah konsumen Italia pada bulan Mei dan kemudian diselidiki oleh otoritas berwenang.

Mereka mengumumkan pekan ini bahwa dari 20 merek yang diuji di laboratorium oleh para ahli, 9 di antaranya ditemukan memiliki kualitas kemurnian sangat rendah.

Sembilan merek tersebut diketahui merupakan produk-produk ternama yang telah banyak dikonsumsi masyarakat. 

Merek-merek itu dituduh telah melewati batas rendah kualitas kemurnian minyak zaitun. Padahal seharusnya menawarkan kualitas terbaik karena dijual dengan harga tinggi.

Minyak zaitun asli biasanya berwarna hijau emas. Dibuat dengan menghancurkan buah zaitun segera setelah dipetik dengan melalui proses yang melibatkan bahan kimia aman, panas atau pemurnian industri.

Sementara minyak zaitun palsu dapat diketahui dari rasanya yang lebih asam dan umumnya dijual dengan harga lebih murah.

Penyelidikan kasus minyak zaitun palsu ini hingga sekarang masih terus dilanjutkan oleh jaksa yang berbasis di Turin.

" Kerusakan yang disebabkan oleh penipuan ini sangat besar, tidak hanya bagi konsumen tetapi juga untuk seluruh negara dan untuk citra produk yang dibuat di Italia," kata Rosario Trefiletti, Presiden Asosiasi Konsumen Federconsumatori seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

" Ini adalah bisnis yang memalukan. Perlu tindakan cepat dari pemerintah," tutupnya.

 

1 dari 3 halaman

7 Fakta Kakek Ayam KFC yang Belum Diketahui

Dream - Siapa yang tidak mengenal Kolonel Harland David Sanders alias Kolonel Sanders. Dia pendiri restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken atau KFC. Bahkan, wajahnya terpampang menjadi logo perusahaan itu.

Kolonel Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Pada usia 6 tahun, ayahnya telah meninggal dunia. Sedangkan ibunya tidak mampu bekerja lagi sehingga, harus menjaga adik lelakinya yang baru berusia 3 tahun.

Fakta yang paling banyak diungkap dari perjalanan hidupnya adalah bagaimana resep ayam gorengnya telah ditolak sampai 1009 kali oleh pemilik restoran pada awalnya. Namun, bukan itu yang ingin diceritakan kali ini.

Tapi 7 fakta menarik tentang pendiri KFC di bawah ini yang mungkin anda belum tahu. Mau tahu? klik di sini

2 dari 3 halaman

5 Bahan Makanan Paling Mahal di Dunia

Dream - Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus selalu dipenuhi. Namun seiring dengan berkembangnya peradaban manusia, makanan bisa menjadi salah satu barang mewah. Memakan makanan tertentu bisa menjadi simbol dari kelas sosial seseorang.

Bahan makanan memang menjadi salah satu penentu apakah sebuah hidangan menjadi enak atau tidak. Namun, jika tidak diimbangi dengan skil memasak yang memadai, maka bahan mahal tentu saja akan sia-sia. Jadi, sebelum anda mencoba memasak bahan-bahan mahal tadi, pastikan anda mumpuni dalam memasak.

Atau, anda lebih tertarik untuk mencobanya di restoran. Wah, konon, untuk masakan dengan bahan dasar dari beberapa bahan di atas, anda harus rela mengantri dan reservasi sebelum bisa menikmatinya. Hmmm, bagaimana kira-kira rasanya? Apa sebanding dengan harga yang kita keluarkan?

Berikut ini adalah rangkuman beberapa bahan makanan paling mahal yang ada di dunia. Biasanya, bahan-bahan makanan ini menjadi mahal karena kandungan gizinya yang sangat kaya. Makanan juga bisa menjadi sangat mahal karena butuh usaha keras untuk mendapatkan jenisnya yang langka.

Mau tahu 5 bahan makanan itu? klik tautan ini

3 dari 3 halaman

Nama-nama Lain Daging Babi dalam Makanan

Dream - Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan oleh adanya salah satu restoran yang diragukan kehalalannya, lantaran diyakini menyajikan hidangan dengan unsur babi.

Kasus semacam ini tentunya membuat masyarakat muslim khawatir, jika secara tak sengaja mengonsumsi makanan yang mengandung unsur babi di dalamnya.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Sahabat Dream kenali beberapa istilah tentang daging babi di dalam komposisi makanan.

Sebagai contoh, banyak yang belum memahami bahwa label yang tertulis " this product contain substance from porcine" , artinya produk tersebut mengandung bahan dari babi.

Begitu juga dengan istilah " the source of gelatin capsule is porcine" , yang artinya kapsul dari gelatin babi.

Nah lebih lengkapnya, berikut ini istilah yang digunakan dalam produk yang mengandung atau menggunakan unsur babi dilansir dari laman Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI): 

klik tautan nama lain babi ini

Beri Komentar