Kabar Buruk Bagi Pecinta Kopi, 'Si Pahit' Terancam Punah

Reporter :
Rabu, 23 Januari 2019 11:01
Kabar Buruk Bagi Pecinta Kopi, 'Si Pahit' Terancam Punah
Tren minum kopi bisa berdampak jangka panjang.

Dream - Kedai kopi lokal terus bermunculan. Menawarkan ragam rasa dan varian yang menggoda. Tren minum kopi memang tak ada habisnya. Selalu muncul dengan gaya dan penyajian yang baru.

Permintaan biji kopi pun meningkat. Bukan hanya di Indonesia, kebutuhan akan biji kopi juga bertambah di berbagai negara. Rupanya hal ini memiliki efek jangka panjang yang bisa menjadi kabar buruk bagi pecinta kopi.

Sebuah fakta menyedihkan baru terungkap dalam Journal Science Advances.

Seorang peneliti senior di Royal Botanic Gardens, Eimear Nic Lughadha, mengungkap bahwa sekitar 60 persen dari semua spesies kopi akan terancam punah. Ia dan timnya memperingatkan bahwa perubahan iklim, seperti kekeringan dan penyebaran hama, membuat tanaman kopi memiliki risiko tinggi terhadap kepunahan.

Jenis kopi seperti Arabika dan Robusta, adalah dua jenis kopi yang terancam punah. Dua jenis kopi ini juga merupakan biji kopi paling banyak diperdagangkan di dunia.

" Beberapa spesies tanaman kopi juga dinilai belum terlihat di alam liar selama lebih dari 100 tahun, dan mungkin beberapa spesies tanaman kopi sudah punah," ungkap Nic.

Penelitian dilakukan Nic dan timnya dengan mengamati 124 spesies biji kopi. Sekitar 75 spesies kopi termasuk terancam punah dan 43 spesies diantaranya berada di wilayah Madagaskar. Sementara, di wilayah Tanzania ada 12 spesies tanaman kopi yang terancam punah.

(Sah, Laporan Mega Rasmiyati/ Sumber: Delish)

Beri Komentar
DEBAT CAPRES: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, serta Industri Sesi 2