Fungsi Jeruk pada Soto, Tak Sekadar Perkaya Rasa

Reporter :
Selasa, 22 Januari 2019 06:41
Fungsi Jeruk pada Soto, Tak Sekadar Perkaya Rasa
Jika diberi perasan jeruk akan muncul sensasi segar pada kuah

Dream - Dalam penyajian soto, baik yang bening maupun berkuah santan, pasti ada 'pendampingnya'. Mulai dari koya, sambal, kerupuk dan yang tak ketinggalan ada irisan jeruk nipis atau jeruk limau.

Pemakaian jeruk ke dalam soto memang sangat tergantung pada selera yang menikmatinya. Tahukah Sahabat Dream, ternyata jeruk nipis memiliki fungsi tersendiri dalam hidangan soto.

Tentunya jika diberi perasan jeruk akan muncul sensasi segar pada kuah. Rasanya akan semakin kaya. Selain itu, jeruk juga berfungsi menghilangkan bau serta amis daging ayam atau sapi.

Tidak hanya itu, jeruk nipis atau limau juga dapat menetralkan lemak pada hidangan soto. Hal tersebut dipercaya dapat mengimbangi kadar kolesterol dalam tubuh. Fungsi lainnya yaitu menetralkan rasa asin pada kuah soto.

Biasanya, kuah soto cukup sering dihangatkan sehingga lama-kelamaan rasanya jadi lebih asin. Perasan jeruk ini bisa mengurangsi kadar rasa asin di dalamnya. Maka dari itu, soto terasa lebih enak jika diberi perasan jeruk nipis.

Nah, itu dia fungsi jeruk nipis pada setiap hidangan soto yang banyak ditemui. Lantas, bagaimana dengan kamu? Lebih menyukai soto dengan perasan jeruk nipis, jeruk limau atau tanpa jeruk?

(ism, Putu Elmira/ Liputan6.com)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting