Pastikan Konsumsi Wasabi dan Gari Saat Makan Sushi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 18 Januari 2019 06:01
Pastikan Konsumsi Wasabi dan Gari Saat Makan Sushi
Bukan sekadar hiasan di piring sushi.

Dream - Penyajian sushi selalu dipasangkan dengan wasabi dan acar jahe merah atau biasa disebut gari. Keduanya memang memiliki fungsi khusus dalam menu sushi.

Wasabi dan gari akan membuat cita rasa sushi semakin kuat. Fungsi lainnya adalah untuk 'membilas' mulut setelah selesai makan.

" Acar jahe bisa memberi sensasi segar pada mulut. Bisa dimakan sebelum atau sesudah makan sushi untuk menetralisir rasa amis," kata Cynthia Utami, Brand Manager Sushi Groove di Jakarta, baru-baru ini.

Menu sushi sebagian besar menggunakan bahan laut mentah. Hal ini akan sangat berbahaya apabila tidak diolah dengan benar. Untuk mencegahnya, Sahabat Dream bisa memakan wasabi.

 Cara Makan Sushi Agar Lebih Nikmat

Wasabi terbuat dari tanaman rimpang atau rizoma. Rasanya memang pedas dan menyengat. Namun wasabi sangat efektif membunuh bakteri pada makanan, terutama pada ikan mentah.

Cara terbaik untuk memakan wasabi adalah dengan mengoleskannya sedikit pada sashimi atau sushi rolls yang memiliki daging mentah. Jika kurang cocok, ada trik khusus untuk menetralisir rasa menyengat dari wasabi.

" Bisa dicampur shoyu (kecap sushi) dan bahan lainnya sesuai selera. Biasanya kalau orang Indonesia juga suka diaduk bersama bubuk cabai," ujarnya.

 

Beri Komentar
Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker