Kentang Tak Menghitam Saat Dikupas, Ini Caranya

Reporter :
Selasa, 15 Januari 2019 16:01
Kentang Tak Menghitam Saat Dikupas, Ini Caranya
Kentang mengandung enzim yang ketika terpapar dengan oksigen, bereaksi menghasilkan perubahan warna

Dream - Mendiamkan kentang yang telah dikupas pada suhu ruangan akan mengubah warna menjadi abu-abu atau kehitaman. Tapi jangan khawatir, karena ini adalah reaksi alami yang tidak berbahaya.

Kentang masih bisa diolah menjadi masakan meskipun sudah berubah jadi gelap. Tak hanya kentang, buah seperti apel, pir, pisang, dan buah persik, mengandung enzim yang ketika terpapar dengan oksigen, bereaksi menghasilkan perubahan warna pada permukaannya.

Untuk mencegah reaksi ini, enzim harus dinonaktifkan dengan suhu dingin, panas, asam, atau bisa juga dengan memberikan penghalang untuk mencegah oksigen keluar.

Dikutip dari TheSpruceEat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kentang berubah menjadi gelap kehitaman.

Rendam dengan air

Agar warna kentang tetap cerah saat dikupas, rendam kentang dengan air dingin hingga siap digunakan. Tiriskan hingga kering. Bisa juga rendam kentang selama semalaman untuk menjaga kentang tetap dingin dan mencegah perubahan warna.

Rendam kentang dengan larutan asam askorbat Campur sedikit asam askorbat dari vitamin C pada kentang yang sudah diparut. Dengan cara menghancurkan sedikit tablet vitamin C hingga menjadi bubuk, dan beri sedikit air. Cara ini akan bekerja sangat baik untuk memutihkan warna kentang yang keabuan.

Selain vitamin C, bisa juga menggunakan cuka atau jus lemon, untuk membantu mengubah warna kentang.

Gabungkan keduanya

Gabungkan kedua metode ini dengan merendam kentang dalam mangkuk berisi air dingin yang dicampur dengan cuka atau jus lemon. Atau mengeluarkan udara pada bungkus kentang yang sudah dikupas atau diparut menggunakan vakum.

Selamat mencoba!

Laporan Ava Haprin

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya