Cara Menyimpan Roti Agar Tak Mudah Berjamur

Reporter :
Senin, 7 Januari 2019 11:01
Cara Menyimpan Roti Agar Tak Mudah Berjamur
Biasanya terlihat jelas jamur yang putih bahkan sudah menghitam di bagian permukaan.

Dream - Menikmati roti bisa dilakukan kapan pun. Pagi hari untuk sarapan atau sore hari sebagai kudapan menemani kopi dan teh. Hal yang paling menyebalkan dari sajian roti adalah saat ingin dimakan, sudah ditumbuhi jamur.

Biasanya terlihat jelas jamur yang putih bahkan sudah menghitam di bagian permukaan. Pada bagian-bagian yang tersembunyi tanpa disadari juga terdapat jamur. Biasanya roti yang sudah lama disimpan akan ditumbuhi oleh jamur.

Dikutip dari Rd.com, jamur pada roti akan tumbuh subur pada tempat yang terang, lembap, dan panas. Tempat-tempat seperti itu memungkinkan spora untuk berkembang biak dengan cepat.

Jika roti ingin dimakan dalam jangka waktu 1 atau 2 hari simpan pada tempat yang jauh dari sinar matahari serta tempat yang sejuk dan kering.

 

1 dari 1 halaman

Jamur Tumbuh dalam 5 Hari

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar lima hari bagi jamur untuk tumbuh. Jika ingin roti yang lebih tahan lama lebih baik beli produk roti rumahan dibandingkan buatan pabrik.

Roti rumahan lebih sedikit menggunakan bahan pengawet dibandingkan buatan pabrik. Sementara, roti yang memiliki banyak bahan pengawet akan lebih cepat ditumbuhi oleh jamur.

 Bahaya Sering Makan Roti Untuk Kesehatan

Lebih baik membeli roti yang belum dipotong dibandingkan yang sudah diiris.

Roti yang sudah diiris sebelumnya terkena lebih banyak udara, sehingga lebih mungkin untuk pertumbuhan jamur di bagian irisan bukan hanya bagian luarnya saja.

Demi mencegah tumbuhnya jamur, simpan roti pada tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es atau kotak roti.

Jika ditaruh di plastik pembungkus, tutup rapat agar jamur tidak memiliki ruang untuk bergerak dan berlipat ganda. Apabila menaruhnya di dalam lemari es, keluarkan roti secukupnya saja pada saat ingin dimakan.

(ism, Laporan: Ava Haprin)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya