Kunci Membuat Olahan Pasta Bertekstur 'Al Dente'

Reporter :
Selasa, 8 Januari 2019 08:00
Kunci Membuat Olahan Pasta Bertekstur 'Al Dente'
Tidak terlalu keras atau terlalu lembek.

Dream - Pasta jadi andalan banyak orang yang ingin membuat makanan nikmat dengan cara cepat. Tinggal merebusnya lalu disiram dengan saus instan atau buatan sendiri. Bisa juga ditambah parutan keju dan taburan oregano agar rasanya makin gurih.

Sangat mengenyangkan dan memanjakan lidah. Satu hal yang sangat menentukan kenikmatan pasta adalah tekstusnya yang pas. Tidak terlalu keras atau terlalu lembek atau dalam istilah Italia adalah al dente.

Seperti dikutip dari RD.com, untuk membuat tekstur pasta al dente pastikan Sahabat Dream menunggu hingga air benar-benar mendidih baru memasukan pasta ke dalam rebusan air. Seringkali kita tak sabar menunggu hingga air mendidih, sudah memasukkan pasta. Efeknya adalah tektur luar dan dalam pasta tidak seimbang atau terlalu lembek.

Sangat penting menggunakan air yang cukup saat memasak pasta. Karena saat kita memasukkan segenggam pasta ke dalam panci kecil akan menyebabkan suhu air yang sudah mendidih akan turun dengan cepat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat air mendidih lagi.

Saat pasta sudah masuk ke dalam air yang hangat maka pasta akan mulai melembek dan menggumpal. Tentu pasta yang menggumpal akan sangat merusak tekstur dan tampilannya.

Dianjurkan untuk menggunakan panci besar saat merebus pasta. Didihkan sekitar 5-6 liter air, lalu tambahkan 2 sendok makan garam setelah mulai mendidih. Setelah itu masukkan pasta dan aduk sesekali sampai matang.

Cek teksturnya dengan mencicipi, jika dirasa sudah pas segera matikan api dan tiriskan airnya. Segera campur dengan saus dan sajikan selagi hangat.

Laporan Ava Haprin

Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral