Peta Kuliner Trans Jawa: Rekomendasi Kuliner Tanah Banten

Reporter :
Senin, 24 Desember 2018 13:03
Peta Kuliner Trans Jawa: Rekomendasi Kuliner Tanah Banten
Tak terlalu jauh dari Jakarta, Sahabat Dream bisa menjelajah kuliner di kota yang terletak di kota yang ada di utara Banten ini.

Dream - Liburan akhir tahun memang paling pas jika diisi dengan wisata kuliner. Salah satu  kawasan 'antimainstream' yang bisa didatangi untuk mencicipi makanan nikmat adalah Serang, Banten.

Tak terlalu jauh dari Jakarta, Sahabat Dream bisa menjelajah kuliner di kota yang terletak di kota yang ada di utara Banten ini.

Dikutip dari Peta Kuliner Trans Jawa yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat, ada tiga tempat makan di Serang yang sangat direkomendasikan.

Apa saja?

Sate Bandeng

 Sate Bandeng

(Foto: PPID Kota Serang)


Sate Bandeng merupakan bagian dari kuliner peninggalan Kesultanan Banten tepatnya pada pada abad ke 16. Mulanya pencetus dari makanan ini adalah juru masak kesultanan dikarenakan Sultan Banten sangat suka dengan Ikan Bandeng.

Dalam olahan sate Bandeng, daging ikan setelah dihancurkan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukan kembali ke dalam ikan. Kulit ikan bandeng yang keras membuat ikan terlihat seperti utuh kembali, setelah itu ikan akan dibakar.

Salah satu sate bandeng yang sangat terkenal di Serang adalah sate bandeng RM Sampurna. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani, Cipare.

1 dari 2 halaman

Nasi Bakar Sumsum

Nasi bakar sumsum juga sangat terkenal di Serang. Rasanya sangat gurih dengan sensasi sedikit pedas. Disajikan dengan irisan tomat segar dan mentimun. Warna nasi yang kemerahan dengan aroma rempah yang kuat, sangat nikmat jika disajikan saat panas.

 Nasi Bakar

Untuk mencicipinya bisa mendatangi Nasi Sumsum Mang Puri. Lokasinya ada di Jl Kapten Swardo No: 15B, Kotabaru, Serang.

2 dari 2 halaman

Rabeg

Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi setelah sate bandeng. Dulunya, rabeg adalah idangan wajib di istana pada masa Kesultanan Banten.

 Rabeg

(Foto: Vemale)

Makanan yang umumnya berbahan dasar daging kambing ini mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas.

Salah satu rumah makan legendaris yakni Rabeg Khas Serang H Naswi Magersari yang berlokasi di Jalan Mayor Syafe’i No 30 Serang, menyajikan menu rabeg yang masih diolah secara tradisional turun-temurun. (Ism)

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone