Kunci Belanja Bahan Makanan Agar Tak `Bocor Halus`

Reporter :
Kamis, 27 Desember 2018 19:16
Kunci Belanja Bahan Makanan Agar Tak `Bocor Halus`
Demi memenuhi kebutuhan dapur hingga akhir bulan, belanja harus dilakukan dengan efektif.

Dream - Berbelanja bahan makanan tentunya jadi kegiatan wajib. Ada yang melakukannya bulanan, mingguan, dua mingguan atau setiap hari. Demi memenuhi kebutuhan dapur hingga akhir bulan, belanja harus dilakukan dengan efektif.

Jangan sampai anggaran belanja membengkak, lantaran uang yang harus membeli bahan makanan digunakan untuk membeli produk yang tidak terlalu dibutuhkan. Biasanya anggaran belanja 'bocor halus', ketika kita belanja bulanan.

Untuk mencegahnya, pastikan sebelum berbelanja, buat catatan khusus.

Seperti dilansir The Spruce, salah satu caranya yakni menuliskan bahan, serta produk yang memang dibutuhkan setiap bulannya secara detail hingga jumlahnya. Agar lebih efektif, sambil membuat catatan lihatlah persediaan di rumah.

Jika tidak, nantinya bisa membeli bahan makanan atau kebutuhan yang ternyata jumlahnya masih cukup banyak di rumah. Buatlah daftar belanja sesuai dengan tata letak toko.

 

1 dari 2 halaman

Manfaatkan Program Promosi

Sesampainya di toko, cari selembaran di dekat pintu yang menawarkan pembelian khusus atau promosi penjualan. Tambahkan ke daftar jika sesuai dengan rencana belanja atau jika mudah disimpan.

 Kenali Jenis Sayur Bagi Kesehatan Kulit

Hindari buah dan sayuran yang sudah dipotong jika ingin menghemat uang. Karena produk-produk 'bernilai tambah' ini biasanya cukup mahal dan tidak segar seperti produk utuh.

Saat berbelanja dan menelusuri daftar, pastikan produk yang dibeli cocok dengan lembaran promosi, bandingkan harga secara konstan.

Pilihlah produk yang memiliki kualitas sama dengan nama merek yang lebih mahal. Biasanya dikemas oleh pengemas yang sama namun lebih murah karena tidak ada biaya iklan yang dimasukkan ke dalam harga.

2 dari 2 halaman

Periksa Detail Kemasan

Periksa tanggal pembuatan dan kedaluwarsa pada setiap produk. Pastikan juga segel masih aman, kaleng tidak penyok atau bocor, dan kemasan tidak robek, sobek, atau hilang.

Selalu perhatikan keamanan makanan saat berbelanja. Jangan letakkan makanan mentah yang perlu dimasak, di atas bahan makanan yang bisa langsung dikonsumsi. Agar bahan makanan beku tetap dingin sampai dirumah.

 Makanan Kaleng, Baik atau Buruk?

Saat menunggu di kasir, jangan tergoda untuk membeli barang yang tak diperlukan, seperti permen, baterai, majalah, dan barang lainnya. Cek kembali harga dengan pemindai untuk memastikan harga yang diambil benar.

Setelah selesai berbelanja, langsung pulang dan taruh semua bahan makanan segar ke dalam lemari es dan freezer sesegera mungkin. Ingat, makanan dingin hanya bisa didiamkan pada suhu kamar selama dua jam.

(ism, Laporan: Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie