4 Kesalahan Saat Bumbui Masakan

Reporter :
Kamis, 27 Desember 2018 11:13
4 Kesalahan Saat Bumbui Masakan
Feeling saat memasak sangat dibutuhkan.

Dream - Bumbu memegang peranan penting dalam rasa masakan. Takarannya harus pas, tidak boleh lebih atau kurang. Komposisi bumbu yang salah bisa merusak rasa masakan secara keseluruhan.

Untuk itu, feeling saat memasak sangat dibutuhkan. Jangan sampai garam, lada, rempah-rempah, dan bumbu lainnya tidak diberikan secara tepat.

Hindari empat kesalahan berikut saat membumbui masakan: 

1. Penggunaan garam

Garam kosher dan garam meja adalah jenis garam yang berbeda. Rasa asin yang dihasilkan oleh garam meja dua kali lebih asin daripada garam kosher.

Jadi ketika menggunakan takaran garam harus disesuaikan dengan rasa asinnya. Jika pada resep meminta 1sdm garam kosher maka bisa diganti dengan 1/2 sdm garam meja.

2. Lupa mencicipi

Ini adalah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan dan dapat menyebabkan 'bencana' pada rasa masakan. Biasanya pada saat memasak kita sering lupa untuk mencicipi masakan yang sedang dibuat.

Kita juga sering menambahkan sedikit demi sedikit bumbu yang akhirnya bisa merusak rasa makanan. Untuk menghindarinya, tuang setengah dari bumbu yang disarankan oleh resep lalu tuangkan setengahnya lagi secara sedikit demi sedikit sambil mencicipinya sehingga didapatkan rasa yang diinginkan. (ism) 

1 dari 1 halaman

Pastikan Bumbu Dasar dalam Kondisi Segar

3. Terlambat menambahkan rempah kering
Basil, peterseli, thyme, dan oregano merupakan bahan yang sering digunakan pada saat memasak. Rempah yang segar tentu saja lebih beraroma dan berwarna. Pastikan saja kita memasukkannya pada waktu yang tepat. Rempah kering dapat dimasukan saat awal memasak karena butuh waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan aroma rasanya.

 Hobi Memasak Membuat Orang Lebih Sehat

4. Bumbu dasar tidak segar
Bahan-bahan dasar untuk memasak tentu saja harus segar agar rasa yang dihasilkan lebih lezat. Terkadang kita kurang memperhatikan bumbu dasar yang ada di rumah, masih segar atau sudah lama.

Untuk yang tidak mau repot mungkin akan lebih suka membeli bumbu yang sudah digiling. Tentu saja kesegaran dari bumbu-bumbu tersebut tidak terjamin. Pastikan menggunakan bumbu dasar, seperti cabai, bawang, tomat yang masih segar sebelum dihaluskan.

Laporan Ava Haprin/ The Spruce

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi