Kaya Rempah dan Bersantan, 3 Menu Ini Punya Kekhasan Tersendiri

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 9 Agustus 2022 11:00
Kaya Rempah dan Bersantan, 3 Menu Ini Punya Kekhasan Tersendiri
Dengan bumbu kaya rempah, dengan campuran santan, hidangan ini kerap hadir di hari-hari besar keagamaan sebagai jamuan spesial.

Dream - Hidangan bersantan identik dengan citarasa gurih dengan tekstur creamy. Di Indonesia banyak sekali menu-menu yang menggunakan santan untuk memunculkan rasa yang kaya.

Beberapa di antaranya memiliki penyajian yang mirip. Bisa dibilang serupa tapi tak sama. Dengan bumbu kaya rempah, dengan campuran santan, hidangan ini kerap hadir di hari-hari besar keagamaan sebagai jamuan spesial.

Hidangan tersebut yaitu kari, gulai dan opor. Ketiganya merupakan menu dengan kuah santan dan campuran bumbu rempah. Lalu apa kekhasannya?

Kari

Kari© Shutterstock

Merupakan masakan yang diadaptasi dari hidangan kari khas India dan bisa ditemukan dengan mudah di daerah Sumatera. Kari, dalam bahasa Dravida berarti sayuran dalam saus. Bila dalam bahasa Tamil, kari disebut dengan karughi yang berarti 'menggoreng dengan banyak minyak'. Kari biasaya dibuat dengan bumbu utama daging sapi, kambing atau ayam dan didominasi rasa pedas yang gurih.

Bumbu kari terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, lengkuas, kemiri. Ditambahkan juga kapulaga, cengkeh, bunga lawang, kayu manis, hingga jinten. Kekhasannya terletak dari penambahan daun kari atau daun salam koja. Daun ini punya aroma dan rasa tajam yang khas.

 

1 dari 4 halaman

Gulai

Gulai dibuat dari bumbu yang sama dengan kari namun tanpa rempah jintan. Gulai memiliki tampilan warna yang lebih merah karena penambahan cabai, atau cenderung lebih kuning karena lebih banyak takaran kunyitnya. Gulai adalah salah satu salah satu menu yang populer di rumah makan Padang.

Gulai© Shutterstock

Gulai biasanya dimasak dari bahan utama berupa ikan kakap, tenggiri atau kambing. Bahan lainnya juga bisa dibuat gulai seperti ayam, daging bebek, jeroan atau daun singkong.

 

2 dari 4 halaman

Opor

Opor ayam© Shutterstock


Masakan opor berasal dari Jawa, tepatnya di daerah Jawa Tengah. Opor bisa dibuat dengan bahan utama apa saja, mulai dari daging ayam, telur, tahu, tempe hinga nangka muda. Bila kari cenderung berwarna kuning karena penggunaan kunyit, opor cenderung berwarna putih karena menggunakan kemiri.

Dari tiga menu santan di atas, mana yang paling Sahabat Dream suka?

Sumber: Diadona.id

 

 

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

3 dari 4 halaman

Sedapnya Sajian Garang Asem Tanpa Santan

Dream - Garang asem merupakan menu istimewa yang berasal dari Jawa Tengah. Ayam kampung dikukus dengan banyak bumbu rempah serta belimbing wuluh, membuat citarasanya begitu khas.

Perpaduan antara gurih dan asam yang kuat. Biasanya menu dibuat dengan tambahan kuah santan untuk memunculkan tekstur kuah yang pekat. 

Sedapnya Sajian Garang Asem Tanpa Santan© MEN

Bila tak suka santan, Garang Asem juga bisa dibuat dengan versi yang lebih segar. Sahabat Dream bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, dipotong menjadi 8 hingga 10 bagian
- 4 siung bawang putih
- 7 buah cabai merah
- 5 buah cabai kecil-kecil
- 3 buah cabai hijau
- 5 buah tomat hijau
- 5 cm lengkuas
- 3 lembar daun salam
- Rendaman asam jawa
- Belimbing wuluh
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Bumbu penyedap
- Air

 

4 dari 4 halaman

Cara membuat:

Garang asem© Shutterstock

- Bersihkan dan iris iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau
- Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, dan lengkuas hingga tercium aroma wangi
- Tambahkan irisan cabai merah, cabai hijau, dan cabai kecil yang tidak diiris, serta rendaman asam jawa. Aduk-aduk
- Setelah ayam dibersihkan, masukkan ayam, kemudian tomat hijau, gula, garam, dan bumbu penyedap secukupnya
- Aduk aduk, dan tunggu hingga ayam agak matang
- Tambahkan air dan belimbing wuluh. Aduk-aduk hingga merata
- Tunggu hingga air agak surut dan daging ayam matang
- Sajikan dan garang asem ayam tanpa santan siap disantap

Sumber: Diadona.id

Beri Komentar