Kekhasan Rasa Kentang Goreng Belgia Berlumur Mayonaise

Reporter :
Sabtu, 16 November 2019 07:03
Kekhasan Rasa Kentang Goreng Belgia Berlumur Mayonaise
Kentang goreng yang banyak kita temui disebut french fries karena metode pemotongannya.

Dream - Kentang goreng punya sebutan french fries, padahal menu satu ini bukan berasal dari Prancis. Tahukah Sahabat Dream kalau sajian french fries aslinya berasal dari Belgia?

Kentang goreng yang banyak kita temui disebut french fries karena metode pemotongannya. Cara memotong yang panjang, lurus dan berukuran kecil, merupakan gaya french.

" Bukan french fries tapi belgian fries. Kentang goreng yang berasal dari belgian dinamakan french fries karena french merupakan kata kerja memotongnya panjang-panjang lurus kecil," ujar Sekretaris Jenderal Belgapom, Roman Cools, dalam acara Konferensi Press Belgium's Top Exporters are Bringing The Original Belgian Fries to Indonesia, di Jiexpo Kemayoran, Jumat, 15 November 2019.

 

 

1 dari 6 halaman

Makanan Wajib Ada di Belgia

Sajian kentang goreng di Belgia sudah menjadi budaya untuk merayakan sesuatu. Menu ini makanan wajib ada di berbagai acara, dan makanan yang sangat mudah di dapatkan. 

Kentang goreng Belgia bisa dimakan sebagai menu utama atau menu menu pendamping.

 Kentang Belgian

Biasanya, kentang goreng Belgia dimasak hingga golden yellow jadi tidak sampai berubah warna kecokelatan. Penyajiannya bersama dengan saos mayonaise di atasnya.

Kentang yang panjang dan garing pun dicocol ke mayonaise yang akan memperkaya rasanya.

Belgian fries ini biasa dijual di Frietkot atau sebutan warung kaki lima di Belgia. Penasaran mencicipi kentang asli Belgia?

Cari saja kentang potongan kemasan siap goreng yang diimpor dari Belgia. Sahabat Dream bisa langsung menikmatinya di rumah.


Laporan: Shania Suha Marwan

2 dari 6 halaman

Hemat Waktu, Teknik Merebus Kentang Agar Cepat Matang

Dream - Kentang termasuk bahan makanan yang wajib ada di dapur. Saat malas atau bosan makan nasi, kentang biasanya jadi pilihan utama. Rasanya yang manis dan gurih, membuat kentang bisa diolah dengan beragam cara.

 Hemat Waktu, Teknik Merebus Kentang Agar Cepat Matang

Mulai dari direbus, panggang, hingga digoreng. Bagi yang lebih suka makanan sehat, menu kentang rebus biasanya jadi pilihan utama. Tak menggunakan minyak, sehingga kalorinya lebih sedikit.

Saat merebus kentang, karena kondisinya cukup tebal biasanya akan membutuhkan waktu yang lama. Nah, ada cara mudah untuk menghemat waktu saat merebus kentang. Ikuti saja langkah berikut.

3 dari 6 halaman

Gunakan microwave

 Kentang

Cuci kentang dan simpan dalam wadah yang aman untuk microwave. Tuangkan air di wadah tersebu sampai setengah penuh. Tutup dengan tutup wadah atau bungkus plastik dan masak di microwave selama 2-3 menit, tergantung jumlahnya. Dalam waktu tersebu kentang pun akan matang hingga ke dalam dengan lebih cepat dibanding memasaknya di kompor.

4 dari 6 halaman

Tusuk terlebih dulu

Cara apa pun yang dipilih untuk merebus kentang, pastikan untuk menusuknya sebelum direbus.

 Kentang

Cuci kentang, kupas, kemudian tusuk dengan garpu di beberapa bagian. Hal ini agar panasnya air bisa lebih cepat mematangkan kentang bagian dalam.

 

5 dari 6 halaman

Potong dulu sebelum direbus

 Kentang

Jika ingin membuat mashed potato, kentang balado atau olahan kentang dadu, potonglah lebih dulu. Kentang yang telah dipotong kecil atau sedang akan lebih cepat matang saat direbus.

 

6 dari 6 halaman

Rendam terlebih dulu

 Kentang

Untuk mempercepat bisa juga rendam kentang di dalam panci yang telah diisi air dan dimasak. Rebus air di panci lain. Setelah air mendidih, tuangkan ke panci berisi kentang yang telah direndam.

Sumber: Food NDTV

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik