Mengintip 7 Kuliner Malang yang Unik dan Wajib Dicoba

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 24 September 2019 16:48
Mengintip 7 Kuliner Malang yang Unik dan Wajib Dicoba
7 makanan khas Malang ini wajib banget dicoba saat liburan ke Malang. Sudah coba?

Dream - Malang jadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Ada banyak objek wisata di Malang, mulai museum, taman bermain, hingga wisata alam. Semuanya lengkap. Tapi, tak lengkap rasanya kalau liburan ke Malang tanpa mencicipi kuliner khasnya yang melegenda.

Wisata kuliner memang punya nilai sendiri di kalangan wisatawan, seperti terasa ada yang kurang kalau berkunjung ke suatu daerah tanpa mencoba makanan khasnya. Begitu pula saat bertandang ke Kota Malang, ada beragam kuliner yang tak ada duanya dan wajib dicoba.

Ragam kuliner Malang ini menambah warna pariwisatanya, membuat Malang jadi lebih populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Dari pecel khas Malang, ketan susu hingga orem-orem, yang hanya bisa dijumpai di Malang.

Berikut tujuh kuliner Malang yang wajib dicoba.

1 dari 7 halaman

Kuliner Malang Bakso Malang

Bakso sudah sangat familiar dan bisa ditemui di mana saja. Tapi ada yang berbeda dengan bakso khas Malang dengan daerah lain.

Bedanya adalah isian dan penyajian bakso. Kalau bakso pada umumnya hanya berisi bulatan bakso daging, sayuran dan mie, bakso Malang punya tambahan khas, yaitu pangsit dan tahu putih.

Kuliner Malang© Shutterstock

Bahkan, pembeli bisa memilih sendiri jenis isian apa saja yang akan mereka nikmati, dari bakso urat, bakso goreng, telur, siomay, udang goreng, dan masih banyak lainnya. Salah satu warung bakso yang terkenal di Malang adalah Bakso Presiden.

Warung Bakso Presiden yang sudah ada sejak tahun 1977 ini berada di Jalan Batanghari No. 5, Kota Malang. Warung bakso ini selalu ramai pembeli dan hampir tak pernah sepi, jadi bersiaplah untuk mengantri.

2 dari 7 halaman

Kuliner Malang Pecel Kawi

Makanan khas satu ini sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Pulau Jawa. Ada banyak jenis pecel yang tersebar di berbagai wilayah, di antaranya Malang. Di kota ini terdapat salah satu warung pecel legenda yang sudah ada sejak 1979.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/pecelkawi/

Tak jauh beda dengan cara penyajian pecel lainnya, pecel Kawi ini berisi sayuran hijau berupa daun bayam, kacang panjang, kecambah, dan diberi saus kacang.

Yang membuatnya berbeda dari jenis pecel dari daerah lain adalah lauk pauknya. Pembeli pecel Kawi bisa memilih sendiri lauk pauknya, dari telur goreng, dadar jagung hingga lele goreng.

Pecel Kawi yang paling legenda di Malang bisa dijumpai di Jalan Kawi Atas Nomoer 43B. Tapi Sahabat Dream harus sabar ya, karena antriannya selalu panjang.

3 dari 7 halaman

Kuliner Malang Angsle dan Ronde

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, Malang diselimuti cuaca dingin nan sejuk, terlebih saat malam hari. Dan, makanan yang paling pas untuk menemani dinginnya Malang yaitu Angsle dan Ronde.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/p/Bvy2vashwXO/

Minuman khas ini mungkin sudah tak asing lagi dan sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Tapi Angsle dan Ronde Malang khas Titoni tak akan ada duanya. Warung Ronde Titoni ini sudah berdiri sejak tahun 1948 dengan menu andalannya Angsle dan Ronde khas Malang.

Uniknya, Angsle dan Ronde di warung ini memiliki cukup banyak pilihan dan variasinya. Salah satu menu yang jadi favorit adalah Ronde Kering dan Kacang Kuah yang unik dan meninggalkan kesan tersendiri. Pokoknya Malang banget.

4 dari 7 halaman

Kuliner Malang Ketan Susu

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas satu ini, Ketan Susu. Malang jadi salah satu daerah yang dikenal dengan Ketan Susunya yang khas. Hampir di setiap sudut kota, ada kedai yang menyediakan Ketan Susu. Dan, kedai Ketan Susu yang paling legendaris adalah Pos Ketan Legenda.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/p/Bdkc6E6HHW2/

Pos Ketan Legenda yang berlokasi di kawasan Malang Raya sudah ada sejak tahun 1967. Ada banyak menu Ketan Susu dengan varian toping beragam dan menggugah selera. Mulai dari keju, cokelat, susu, hingga rasa buah-buahan.

Wisatawan yang tertarik untuk mencoba makanan khas Malang yang melegenda ini bisa datang ke Pos Ketan Legenda atau ke kedai Ketan Susu lain mulai pukul 3 sore hingga 3 dini hari. Jangan heran ya, kalau tak bisa menjumpai penjual Ketan Susu di pagi atau siang hari, karena makanan satu ini memang hanya tersedia saat malam saja.

5 dari 7 halaman

Kuliner Malang Sate Gebug

Indonesia punya banyak jenis satu yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya di Malang. Sate landak, sate kelinci, hingga sate gebug jadi kuliner khas Malang yang wajib untuk dicoba saat liburan ke Malang.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/p/B2slXGYlB37/

Sate Gebung misalnya, warung sate ini sudah ada lebih dari satu abad yang lalu, lho. Berbeda dengan jenis sate lainnya, Sate Gebug memiliki tekstur yang jauh lebih lembut karena terbuat dari daging sapi pilihan dan diolah dengan baik hingga bumbunya meresap.

Untuk mencicipi kuliner Malang satu ini, wisatawan bisa betandang langsung ke Jalan Basuki Rachmat Nomor 113A Kota Malang. Harga satu porsi sate ini cukup ramah di kantong, mulai dari 25 ribu hingga 30 ribu Rupiah.

6 dari 7 halaman

Kuliner Malang Sego Resek

Dari namanya, sego resek memiliki arti nasi sampah, karena tampilannya yang berantakan dan tidak beraturan. Walau begitu, cita rasa kuliner Malang ini tak ada duanya. Sego resek terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu khusus seperti nasi goreng. Setelah  itu diberi tambahan lauk pauk.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/p/BpUzPfZHSxt/

Pembeli bisa memilih lauk yang disukai dari usus goreng, ati ampela, telur rebus, suwiran daging ayam dan masih banyak lagi. Harga untuk seporsi sego resek sangat terjangkau, mulai dari Rp8 ribu saja untuk nasinya.

Kedai sego resek yang paling legendaris di Malang ada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 4, Kauman, Klojen, Kota Malang. Wisatawan bisa datang ke sana mulai pukul enam sore dan bersiaplah untuk mengantri, karena kedai Sego Resek ini tak pernah sepi pembeli.

7 dari 7 halaman

Kuliner Malang Orem-orem

Satu lagi kuliner Malang yang wajib untuk dicoba, yaitu orem-orem. Makan ini berbahan dasar dari irisan tempe dan potongan daging ayam yang ditumis dengan kuah santan kental. Rasa gurih dari santan sangat khas, ditambah dengan irisan ketupat dan tauge.

Kuliner Malang© https://www.instagram.com/p/ByqlxSMjTcV/

Salah satu warung orem-orem yang terkenal di Malang adalah warung orem-orem Pak Tik di Jalan Irian Jaya, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Yang membuat makanan khas ini ialah cara memasaknya masih menggunakan tungku arang dan bahan dasar tempe khas Malang.

Bagaimana Sahabat Dream, sudah bersiap ke Malang dan menikmati sajian kuliner nikmatnya yang menggugah selera?

Dirangkum dari berbagai sumber

Beri Komentar