Muncul Bintik Putih di Cokelat Batangan, Amankah untuk Dimakan?

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 15 September 2021 06:35
Muncul Bintik Putih di Cokelat Batangan, Amankah untuk Dimakan?
Banyak yang mengira kalau bintik putih pertanda cokelat sudah tak layak konsumsi.

Dream – Cokelat merupakan camilan manis yang menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, ketika terlalu lama menyimpannya, seringkali kamu menemukan cokelat terlihat berdebu dan berbintik putih.

Padahal tanggal kedaluwarsa masih lama. Mungkin muncul kekhawatiran kira-kira masih aman untuk dimakan atau tidak ya? Tenang saja, Sahabat Dream tidak perlu khawatir dengan hal ini.

Dikutip dari Reader's Digest, bubuk atau seperti debu yang muncul pade cokelat batangan ini disebut chocolate bloom atau cokelat mekar. Hal ini terjadi ketika lemak dalam cokelat terpisah dari sisa cokelat.

Jika cokelat dibiarkan di tempat yang hangat dan meleleh, lemak atau yang dikenal dengan cocoa butter akan terpisah dari bahan lainnya saat mendingin. Kemudian, saat lemak naik ke permukaan, akan membentuk lapisan putih yang terlihat seperti debu.

 

1 dari 4 halaman

Dalam proses serupa yang dikenal sebagai sugar chocolate bloom, gula akan mengkristal karena kelembapan yang berlebihan. Ketika hal tersebut terjadi, kamu akan melihat bintik-bintik di atas permen cokelat.

Cokelat© Shutterstock

Bintik-bintik yang juga ditemukan pada telur. Lantas, apakah cokelat tersebut aman untuk dimakan? Jawaban singkatnya tentu saja aman. Cokelat yang muncul bintik putih tetap aman dimakan, tapi mungkin kenikmatan rasa dan tekstkurnya sedikit berkurang.

Untuk mencegah cokelat mekar, simpan cokelat di suhu ruangan dan jauhkan dari tempat yang lembap ya, Sahabat Dream!

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

2 dari 4 halaman

Cokelat Unik dengan Campuran Unagi, Hanya Ada di Jepang

Dream - Cokelat jadi hidangan penutup atau camilan yang memanjakan mulut karena perpaduan rasa manis, pahit dan susu. Di Jepang ada salah satu merek cokelat yang terkenal yaitu Tirol Chocolate.

Tirol rupanya baru saja mengeluarkan varian cokelat yang baru. Cokelat tak lagi dipadukan dnegan vanila, strawberi atau bahan lain yang lazim tapi dipadukan dengan belut! Bisa membayangkan rasanya, Sahabat Dream?

Cokelat khas mereka dipadukan dengan unagi atau belut air tawar. Untuk membuatnya, dikutip dari Soranews24, unagi yang sudah berbentuk bubuk dicampur dengan bahan cokelat khas Tirol.

Cokelat Unagi© Soranews24.com

Unagi memiliki rasa khas yang gurih. Biasanya di Jepang disajikan dengan dipanggang dan dioleh saus gurih. Campuran unagi dengan cokelat boleh dibilang cukup nyeleneh. Perpaduannya memang tak biasa, tapi warga Jepang banyak juga penasaran dan menyambutnya dengan antusias.

Sebelumnya ada juga kreasi unagi dengan hidangan manis yaitu Unagi Pie yang berbentuk seperti wafer. Rasanya manis dan memiliki tekstur garing.

3 dari 4 halaman

Chef Bikin Cokelat Bentuk Moge, Keren Abis!

Dream – Melihatnya sekilas, banyak orang terkecoh kalau yang dipegang oleh Amaury Guichon adalah motor gede atau moge. Tampilannya memang sangat keren, dengan body warna biru dan knalpot silver.

Rupanya, motor tersebut merupakan kreasi Guichon yang adalah seorang Chef Pastry berbakat. Guichon dengan penuh ketelitian menyusun lelehan cokelat dalam rangka motor yang sudah dibuatnya.

Video singkat yang dibagikan di akun Instagramnya @amauryguichon pada Senin, 1 Februari 2021 tersebut diawali dengan pembentukan kerangka dasar sepeda motor yang dibuat dengan membekukan coklat, lalu mengecatnya dengan cat warna biru.

Chef Bikin Cokelat Bentuk Moge, Keren Abis!© MEN

Setelah itu ia mulai membentuk roda dan mesin dengan detail yang luar biasa dan menggabungkan semuanya secara berdampingan. Mulai dari jeruji roda, lampu depan motor, mesin dan lainnya semuanya dibuat dari coklat dan tentunya bisa dimakan.

 

4 dari 4 halaman

Para food lover di media sosial beramai ramai memberikan komentar pujian setelah melihat kreasi coklat bentuk sepeda motor berukuran cukup besar yang dibuat oleh konsultan pastry internasional tersebut.

Duh makan cokelat tersebut sepertinya tak tega ya, Sahabat Dream. Lihat saja videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Amaury Guichon (@amauryguichon)

Laporan Yuni Puspita Dewi

Beri Komentar