Nasi Kapau dan Nasi Padang, Serupa Tapi Tak Sama

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 28 Oktober 2020 08:35
Nasi Kapau dan Nasi Padang, Serupa Tapi Tak Sama
Yuk cari tahu perbedaan keduanya.

Dream - Sajian nasi Padang begitu populer karena nikmat dan rasa khasnya. Bukan hanya masyarakat Sumatera Barat saja yang menyukai, tapi juga lintas etnis.

Sajian nasi hangat, dengan kuah rendang, sambal hijau dan merah, kemudian disandingkan dengan sayur nangka muda dengan santan lalu dipadukan dengan lauk pauk seperti ayam, daging, ikan dan lainnya. Sangat sulit untuk ditolak.

Beberapa orang ternyata banyak yang menyebut Nasi Padang sebagai nasi Kapau. Begitu juga sebaliknya, ada juga yang menyebut kalau Nasi Kapau adalah Nasi Padang. Padahal, keduanya adalah sajian yang berbeda meskipun tampilannya sangat mirip.

 

1 dari 2 halaman

Lalu apa perbedaan antara Nasi Padang dengan Nasi Kapau?

Nasi Kapau sejatinya merupakan nasi khas nageri Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Melansir dari berbagai sumber, ternyata Nasi Kapau hanya dijual oleh orang asli Kapau.

nasi padang© Shutterstock

Perbedaan lainnya adalah penyajiannya. Jika kita perhatikan, lauk Nasi Padang selalu dipajang di etalase yang menghadap keluar warung. Sehingga, kita bisa melihat menu masakan padang ketika sebelum kita memasuki warung.

Pada sajian nasi Kapau, lauk disajikan di di atas meja yang letaknya lebih rendah dari si penjual. Lebih seperti prasmanan. Jadi, pelanggan baru bisa memilih lauk ketika sudah masuk dalam restoran.

 

2 dari 2 halaman

Untuk menunya sendiri juga ada perbedaan sedikit. Pada menu Nasi Kapau, terdiri dari kol, rebung, pakis, dan juga kacang-kacangan. Sedangkan untuk bumbu gulai, menu gulai Kapau tak banyak menggunakan santan.

Waduh, Nasi Padang Bisa Jadi Sumber Penularan Covid-19. Begini Faktanya...© MEN

Hal itu membuat sajian gulai pada Nasi Kapau tidak terlalu kental. Gulai Kapau ini biasanya disajikan bersama tiga atau lebih lauk. Untuk lauk yang sangat khas dari nasi Kapau adalah Tambunsu, hidangan berbahan dasar usus sapi yang berisi adonan telur dan tahu.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

Beri Komentar