Resep Sup Brokoli Keju, Creamy dan Bergizi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 27 Juni 2022 11:47
Resep Sup Brokoli Keju, Creamy dan Bergizi
Mudah banget

Dream - Brokoli adalah jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Dengan olahan yang tepat, brokoli yang diracik dengan apik dan pas akan terasa lezat dan membuat orang lupa rasanya yang mungkin agak memberikan sensasi sedikit pahit.

Rasa brokoli tersebut tak terlepas dari banyaknya kandungan vitamin yang memberikan banyak khasiat bagi yang menyantapnya.

Kandungan serat dan antioksidan tinggi membuat brokoli sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak.

Tak hanya banyak manfaat lain dari brokoli untuk tubuh. Untuk Sahabat Dream yang tidak suka dengan rasa brokoli, jangan sampai tidak mengonsumsi sayuran hijau satu ini.

Resep yang Dream kutip dari Cookie and Kate berikut dapat jadi inspirasi untuk Sahabat Dream mengolah brokoli agar tetap lezat dikonsumsi.

 

1 dari 2 halaman

Bahan-bahan:

  • 3 sendok makan mentega tawar
  • 2 bawang kuning sedang, cincang kasar
  • 6 siung bawang putih, geprek dan kupas
  • 2 sendok teh serpih paprika merah
  • 1 sendok teh garam laut halus, dibagi, secukupnya
  • Lada hitam yang baru digiling, secukupnya
  • 2 paun brokoli dengan batang (3 besar atau 4 sedang)
  • 1 kentang russet besar (sekitar 12 ons), dikupas dan dipotong menjadi potongan 1 hingga 2 inci
  • 6 gelas air
  • 4 hingga 8 ons keju cheddar parut yang tajam, tergantung pada suasana hati Anda
  • Iris tipis daun bawang atau daun bawang, untuk hiasan (opsional)

 

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

  1. Lelehkan mentega dalam oven besar atau panci sup di atas api sedang-rendah.
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, serpih paprika merah, sendok teh garam, dan sekitar 10  lada hitam.
  3. Aduk untuk menggabungkan, lalu tutup panci dan masak, aduk sesekali, sampai bawang melunak dan baru mulai berubah menjadi keemasan, sekitar 8 hingga 10 menit.
  4. Sementara itu, iris dan buang bagian bawah batang brokoli yang kasar. Gunakan pengupas sayuran untuk mengupas kulit luar batang yang keras, lalu buang bagian-bagiannya.
  5. Iris batangnya dan potong-potong berukuran sekitar 1 hingga 2 inci. Sisihkan.
  6. Potong brokoli sedekat mungkin dengan dasar kuntum. iris batang yang tersisa menjadi potongan-potongan agar sesuai dengan yang lainnya.
  7. Tambahkan potongan batang brokoli dan kentang ke dalam panci dan aduk. Tuang dalam 6 gelas air dan sisa 1 sendok teh garam. Naikkan panas ke tinggi dan didihkan campuran, lalu kecilkan api menjadi sedang-rendah dan tutup panci.
  8. Rebus sampai batang brokoli dan kentang empuk seluruhnya dan mudah pecah saat ditusuk dengan garpu, sekitar 20-25 menit. Sementara itu, potong kuntum brokoli menjadi potongan-potongan kecil.
  9. Setelah kentang dan batangnya empuk, tambahkan setengah kuntum brokoli ke dalam panci, aduk, tutup, dan masak sampai berwarna hijau cerah, sekitar 3 hingga 5 menit.
  10. Angkat panci dari api. Tutup panci dan masak brokoli sampai berwarna hijau cerah dan mudah ditusuk dengan garpu, 4 hingga 7 menit lagi.
  11. Tambahkan hampir semua 4 ons keju cheddar parut (sisakan sedikit untuk hiasan) dan aduk hingga rata.
  12. Cicipi dan aduk lebih banyak keju jika Sahabat Dream ingin rasa yang lebih creamy.
Beri Komentar